Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Sejarah & Budaya

Candi Prambanan: Megahnya Karya Seni Spiritual yang Membawa Kita ke Dunia Mistis

Avatar photo
90
×

Candi Prambanan: Megahnya Karya Seni Spiritual yang Membawa Kita ke Dunia Mistis

Share this article
Candi Prambanan: Megahnya Karya Seni Spiritual yang Membawa Kita ke Dunia Mistis
Foto: Twitter/Maulana Irwansyah https://twitter.com/Maulana_irwan31
Harga Tiket: Rp 24.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Solo – Yogyakarta, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Candi Prambanan adalah salah satu keajaiban arsitektur Hindu terbesar di dunia dan menjadi salah satu tujuan wisata yang paling populer di Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejarah Candi Prambanan, daya tariknya, serta rute menuju lokasinya untuk membantu Anda merencanakan kunjungan yang tak terlupakan ke candi yang megah ini.

Mengenal Sejarah Candi Prambanan

Candi Prambanan, juga dikenal sebagai Candi Rara Jonggrang, dibangun pada abad ke-9 oleh Dinasti Sanjaya yang berkuasa di Kerajaan Mataram Kuno pada saat itu. Candi ini dibuat untuk tiga dewa utama dalam agama Hindu, yaitu Siwa, Wisnu, dan Brahma. Candi Prambanan menggambaran kejayaan agama Hindu pada masa lalau dan menjadi salah satu kompleks candi Hindu terbesar di Asia Tenggara.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Sayangnya, Candi Prambanan mengalami kerusakan yang parah akibat gempa bumi dan letusan Gunung Merapi pada abad ke-10. Candi ini kemudian tertutup oleh abu vulkanik selama berabad-abad. Pada tahun 1811, Candi Prambanan ditemukan kembali oleh arkeolog Belanda dan kemudian menjalani proses rekonstruksi dan pemugaran untuk mengembalikannya ke kejayaan awalnya.

Daya Tarik yang Ada di Candi Prambanan

Daya Tarik Candi Prambanan
Foto: Twitter/Nana Aieu

1. Arsitektur yang Megah

Salah satu daya tarik utama Candi Prambanan adalah arsitektur yang megah dan detail yang indah. Candi ini terdiri dari tiga candi utama yang tingginya mencapai 47 meter, dengan candi Siwa sebagai pusat perhatian. Setiap candi dihiasi dengan relief yang menceritakan kisah epik dalam mitologi Hindu dan ukiran yang rumit.

2. Relief dan Cerita Mitologi

Relief-relief yang ada di Candi Prambanan menjadi salah satu kekayaan seni terbesar di Indonesia & relief ini menceritakan berbagai kisah mitologi Hindu, termasuk kisah Ramayana dan Mahabharata. Anda dapat melihat dengan jelas bagaimana kisah-kisah ini terukir dengan indah di dinding candi.

Baca Juga:  Menyusuri Jalan Glodok Pecinan di Jakarta

3. Menyaksikan Festival Ramayana Ballet

Candi Prambanan juga menjadi tempat diadakannya Festival Ramayana Ballet yang terkenal pertunjukan tari Ramayana yang menakjubkan ini memadukan gerakan tari yang indah dengan latar belakang candi yang megah. Pengalaman ini akan membawa Anda kembali ke zaman kuno dan memperkaya pengetahuan tentang budaya dan sejarah Jawa.

Rute Menuju Kawasan Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak sekitar 17 kilometer timur laut dari pusat kota Yogyakarta 7 ada beberapa cara untuk mencapai lokasi candi yang indah ini:

  • Menggunakan Transportasi Umum: Dari pusat kota Yogyakarta, Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti Trans Jogja dengan jurusan 1A atau 3A menuju halte Jombor. Dari halte Jombor, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum seperti bus atau minibus menuju area Candi Prambanan.
  • Naik Ojek atau Taksi: Alternatif lain adalah menggunakan ojek atau taksi untuk mencapai Candi Prambanan. Anda dapat menemukan ojek di berbagai tempat di Yogyakarta atau memesan taksi melalui aplikasi resmi yang tersedia.
  • Menggunakan Wisata Mini Train: Ada juga opsi untuk menggunakan wisata mini train yang tersedia di beberapa titik strategis di Yogyakarta. Wisata mini train ini akan membawa Anda langsung ke Candi Prambanan dengan nyaman dan menyenangkan.

Ragam Aktivitas di Candi Prambanan

Aktivitas Candi Prambanan
Foto: Twitter/Maulana Irwansyah

Candi Prambanan tidak hanya menawarkan keindahan arsitektur dan sejarah, tetapi juga berbagai aktivitas menarik yang dapat Anda nikmati selama kunjungan Anda. Berikut adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di sekitar Candi Prambanan:

1. Menikmati Keindahan Candi

Tentu saja, salah satu aktivitas utama yang dapat Anda lakukan di Candi Prambanan adalah menikmati keindahan dan keagungan candi itu sendiri. Anda dapat mengelilingi kompleks candi, mengagumi detail arsitektur yang megah, dan mengambil foto-foto yang indah di sekitar area candi.

Baca Juga:  Pantai Gesing, Pesona Keindahan Pantai Tersembunyi di Jogja

2. Menonton Pertunjukan Ramayana Ballet

Tidak jauh dari Candi Prambanan, terdapat teater terbuka yang menjadi tempat pertunjukan Ramayana Ballet. Pertunjukan tari tradisional ini menggambarkan kisah epik Ramayana dengan latar belakang Candi Prambanan yang megah. Nikmati pertunjukan yang memukau ini dan merasakan keajaiban seni yang tak terlupakan.

3. Berbelanja Oleh-oleh

Di sekitar Candi Prambanan, terdapat berbagai toko dan pedagang yang menjual berbagai oleh-oleh khas Yogyakarta. Anda dapat membeli kerajinan tangan, pakaian tradisional, aksesori, dan berbagai macam makanan khas untuk dijadikan oleh-oleh bagi teman dan keluarga di rumah.

Objek Wisata Terdekat Candi Prambanan

Selain Candi Prambanan, ada beberapa objek wisata menarik yang dapat Anda kunjungi di sekitar area tersebut. Beberapa objek wisata terdekat yang layak dikunjungi antara lain:

1. Candi Sewu

Candi Sewu adalah kompleks candi Buddha yang terletak tidak jauh dari Candi Prambanan. Anda dapat mengunjungi candi ini dan mengagumi keindahan arsitektur serta nuansa spiritual yang kental.

2. Candi Plaosan

Candi Plaosan adalah kompleks candi Buddha yang juga terletak dekat dengan Candi Prambanan. Anda dapat menjelajahi candi ini dan melihat relief-relief yang menakjubkan serta suasana yang tenang dan damai.

3. Museum Radya Pustaka

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan budaya Yogyakarta, Anda dapat mengunjungi Museum Radya Pustaka yang terletak di dekat Candi Prambanan. Museum ini menampilkan berbagai koleksi artefak sejarah dan benda-benda seni budaya.

Dalam kunjungan Anda ke Candi Prambanan, jangan lupa untuk menghormati aturan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar candi. Nikmati keindahan arsitektur, relief yang menakjubkan, dan keajaiban sejarah yang ditawarkan oleh Candi Prambanan.