Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
DI Yogyakarta

15 Tempat Wisata di Kota Yogyakarta yang Lagi Hits

Avatar photo
82
×

15 Tempat Wisata di Kota Yogyakarta yang Lagi Hits

Share this article
Tempat Wisata Kota Yogyakarta

Kota Yogyakarta, yang sering disebut sebagai ‘Kota Pelajar’, bukan hanya terkenal dengan institusi pendidikannya yang berkualitas, tetapi juga kekayaan budaya, sejarah, dan tentu saja, destinasi wisatanya yang memikat. Dari kraton yang megah hingga pantai yang eksotis, Yogyakarta selalu memiliki daya tarik yang tak pernah pudar.

Namun, seperti halnya tren yang selalu berubah, ada beberapa tempat wisata di Yogyakarta yang kini sedang naik daun dan menjadi favorit bagi wisatawan, baik lokal maupun internasional. Penasaran dengan destinasi apa saja yang sedang hits? Mari kita jelajahi bersama!

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Yogyakarta

1. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro
Foto: Twitter/Bangkit Widyanarto

Ah, Malioboro! Bayangan Jogja yang tak lengkap tanpa membayangkan kesibukan jalan ikonik ini. Bayangkan berjalan di bawah gemerlap lampu, dengan aroma kuliner khas Yogyakarta menggoda setiap langkahmu.

Dan apabila kamu baru saja turun dari Kereta di Stasiun Tugu, Malioboro hanya sepelemparan batu! Sepatu terbaikmu wajib dikenakan, karena niscaya langkahmu akan berlama-lama di sini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

2. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta
Foto: Google Maps/Canggih Sastrawan

Siapa bilang belajar itu membosankan? Di Taman Pintar, ilmu sains jadi seru dan hidup! Bermain sambil belajar dengan alat peraga IPTEK yang interaktif, menjelajah dunia fisika hingga astronomi, atau bahkan mencoba tanganmu dalam kesenian batik dan gerabah. Tarif? Oh, tentu beragam, namun setiap sen yang dikeluarkan pasti sepadan dengan pengalaman!

Harga Tiket: Rp 22.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

3. Tugu Pal Putih

Tugu Pal Putih
Foto: Instagram/Fibriant Achmad Zulpratama

Jika kamu mencari spot foto ikonik dengan nuansa Jogja, Tugu Pal Putih tak boleh terlewat. Dikenal juga sebagai Tugu Golong Gilig, monumen ini seolah berdiri gagah menyambut siapapun yang datang. Idealnya, habiskan waktu soremu di sini, berbincang atau sekadar menikmati semilir angin kota pelajar.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jend. Sudirman, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

4. Museum Sasmitaloka

Museum Sasmitaloka
Foto: Twitter/Rental Mobil Jogja

Mencari inspirasi dan kisah heroik? Museum Sasmitaloka adalah jawabannya. Berdiri megah di Jalan Bintaran Wetan, museum ini mengajak kita melangkah mundur dalam sejarah, merasakan semangat dan pengabdian Jenderal Sudirman.

Baca Juga:  Ingin Mengenal Batik, Kunjungi Museum Batik Terbaik di Indonesia

Dari patung hingga koleksi senjata, segala yang ada di sini menjadi saksi bisu perjuangan seorang pahlawan bagi bangsa. Sebuah pengalaman mendalam yang wajib ada di agenda kunjunganmu!

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bintaran Wetan , Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

5. Museum Kereta Keraton

Museum Kereta Keraton
Foto: Twitter/Rizki Abdirahman

Tak hanya sekedar roda dan jok, Museum Kereta Keraton menyajikan kisah abadi dari 22 kereta kebesaran keraton sepanjang masa. Menelusuri jejak dari HB 1 sampai HB VIII, setiap kereta punya kisah, entah dari negeri sendiri atau titisan karya tangan para maestro Eropa seperti Belanda hingga Jerman.

Ada yang hadir sebagai hadiah, ada pula yang dengan bangga dipesan khusus untuk kerajaan. Kunjunganmu ke sini layaknya mengintip garasi kerajaan dengan rangkaian kereta yang kian langka dan berharga.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Rotowijayan, Kadipaten, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

6. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Foto: Twitter/Nelaa

Jogja, sebuah tanah yang tak hanya istimewa, namun juga bersejarah. Di tengah-tengahnya, Keraton Yogyakarta berdiri gagah sebagai istana Sultan Hamengkubuwono X. Setiap sudutnya menyimpan ribuan kisah kesultanan yang tak pernah pudar oleh zaman.

Mau berjalan di bawah sinar matahari atau ditemani pemandu, pilihan ada di tanganmu. Tapi, pastikan kamu tidak melewatkan detik-detik berharga di kompleks keraton ini.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Rotowijayan Blok No.1, Panembahan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

7. Taman Sari Jogja

Taman Sari Jogja
Foto: Instagram/Tamansari Jogja Official

Bersembunyi di pelukan Benteng Kraton Yogyakarta, Taman Sari mengungkapkan cerita tentang pemandian pribadi sultan dan keanggunan para permaisuri. Meskipun kini tak lagi diselimuti gemercik air, keanggunan dan misteri Taman Sari tetap tak tergantikan.

Penasaran dengan lorong bawah tanah? Atau mungkin terpesona dengan tangga masjid bawah tanah yang artistik? Ah, setiap inci di Taman Sari adalah potret keindahan yang siap memanjakan mata dan hati, serta tentunya latar sempurna untuk unggahan Instagram-mu.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Patehan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

8. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg
Foto: Twitter/Suzy

Bergelut dalam genggaman sejarah, Museum Benteng Vredeburg mengundangmu melintasi alur waktu Jogja. Lokasinya? Oh, tepat di jantung kota, seolah menjaga Titik Nol Kilometer Jogja. Langkahmu di sini tak hanya mengejar kenangan, tapi juga ilmu yang membebaskan. Bagi pencinta cerita, Vredeburg adalah surga yang wajib dijelajahi.

Baca Juga:  Agrowisata Bhumi Merapi, Pertemuan Harmoni Alam dan Budaya di Kaki Gunung Berapi
Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

9. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo
Foto: Instagram/Mojitopepper

Sejak 1758, Pasar Beringharjo terus menerus menghidupkan nadi kehidupan Jogja. Beranjak pagi hingga malam, ia tawarkan ragam harta karun: dari kain batik yang menawan hingga bakpia yang menggugah selera. Aksesnya? Hanya sekejap dari Malioboro. Jadi, jika ingin membawa pulang sejumput Jogja untuk orang tersayang, Beringharjo adalah jawabannya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Margo Mulyo, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

10. Museum Biologi UGM

Museum Biologi UGM
Foto: Twitter/Katawarta

Dunia biologi bukan hanya tentang teks tebal di buku, tapi juga tentang penjelajahan. Museum Biologi UGM, dengan bangga, menyajikan parade keajaiban alam, dari spesimen flora yang dominan hingga fauna yang memukau.

Tak kurang dari 4.018 keajaiban siap menanti penelusuranmu. Ingat, waktu berharga, pastikan kunjunganmu di saat museum membuka pintunya!

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Agung, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

11. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul
Foto: Instagram/Alun-Alun Kidul Karaton

Kilauan lampu dan keriuhan tawa menghiasi Alun-Alun Kidul setiap hari. Tak sekadar lapangan, namun ruang interaksi, di mana penduduk setempat dan wisatawan melepas penat dengan olahraga ringan atau menikmati keramaian dengan kereta hias.

Saat malam tiba, Alun-Alun memunculkan tantangan seru berjalan melewati dua pohon beringin dengan mata tertutup. Kabarnya, impianmu akan terwujud jika berhasil melakukannya!

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Alun-Alun Kidul, Patehan, Kec. Keraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

12. Situs Warungboto

Situs Warungboto
Foto: Twitter/Bhrekelana

Menjejakkan kaki di Warungboto, kamu seolah diterbangkan ke Santorini, Yunani. Namun, nyatanya, kau berada di Jogja! Dahulu sebatas pesanggrahan dan pemandian, Situs Warungboto kini memukau setiap pengunjung dengan keindahan dan sejarah keluarga Sultan Hamengkubuwono II.

Meski gempa pernah mengoyaknya, Warungboto bangkit, mengundangmu menikmati pesonanya sejak 2017.

Baca Juga:  Menjelajahi Biota Laut dengan Snorkeling di Pantai Yogyakarta
Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Veteran, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

13. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo
Foto: Twitter/Theia

Penasaran dengan kekayaan masa lalu? Museum Sonobudoyo adalah jawabannya. Menjadi rumah bagi koleksi dari era prasejarah hingga peralatan perang kemerdekaan, museum ini juga menghadirkan panggung seni dengan berbagai alat wayang, dari kulit hingga topeng panji. Setiap sudut museum bercerita, mengajakmu menyelami narasi masa silam.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pangurakan, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

14. Kampung Wisata Sosromenduran

Kampung Wisata Sosromenduran
Foto: Instagram/Kampung_Wisatasosromenduran

Mau merasakan gabungan antara tradisi dan kemodernan? Sambangi Kampung Wisata Sosromenduran! Bukan sekadar kampung, tapi sebuah festival kultur yang hidup. Penginapan asri, kuliner lezat, hingga kendaraan sewa siap memanjakanmu.

Ditambah, pertunjukan seni seperti barongsai dan tari klasik mengajakmu bernostalgia. Dan jangan lewatkan, kaos oblong eksklusif sebagai pengingat momenmu di kampung ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sosrowijayan, Sosromenduran, Kec. Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

15. De Mata Trick Eye Museum

De Mata Trick Eye Museum
Foto: Twitter/Tengara

Bosan dengan museum biasa? De Mata Trick Eye Museum menyuguhkan petualangan visual seperti tak lain! Dengan lukisan 3D yang mengagumkan, setiap jepretanmu serasa keluar dari kenyataan.

Dari zona De MATA yang sarat dengan 170 lukisan, hingga D’WALIK yang mengajakmu merasakan rumah terbalik, pengalamanmu di sini pasti tak terlupakan. Tak hanya itu, patung 5D pahlawan hingga selebritis siap menjadi teman selfie-mu. Instagrammu pasti makin hits!

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Veteran, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

Setelah menelusuri berbagai sudut Yogyakarta, tidak dapat dipungkiri bahwa kota ini selalu berhasil menyuguhkan kejutan baru bagi setiap pengunjungnya. Tempat-tempat wisata yang kini sedang hits menambah deretan destinasi wisata di Yogyakarta yang wajib kunjungi.

Dengan kombinasi budaya tradisional dan nuansa kontemporer, Yogyakarta benar-benar merupakan destinasi yang menawarkan pengalaman yang kaya dan beragam. Jadi, saat merencanakan perjalanan Anda ke Yogyakarta, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata terbaru yang sedang populer. Selamat berpetualang di Yogyakarta, kota yang tak pernah kehabisan pesona!