Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Umbul Sidomukti, Melihat Lebih Dekat Wisata Alam Menakjubkan di Semarang

Avatar photo
21
×

Umbul Sidomukti, Melihat Lebih Dekat Wisata Alam Menakjubkan di Semarang

Share this article
Umbul Sidomukti, Melihat Lebih Dekat Wisata Alam Menakjubkan di Semarang

Temukan keindahan alam Semarang yang menawan di Umbul Sidomukti, di mana kolam renang alami bertaut harmonis dengan panorama pegunungan yang memikat.

Keindahan alam Jawa Tengah yang masih asri dan luar mengembangkan berbagai potensi tujuan wisata seru.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Umbul Sidomukti salah satunya yang menarik banyak pengunjung karena lokasi yang sejuk, pemandangan memesona, dan wahana yang seru. Lokasinya ada di ketinggian 1200 mdpl yang membuatnya cocok untuk tujuan wisata alam.

Daya Tarik yang Ditawarkan Umbul Sidomukti

Daya Tarik yang Ditawarkan Umbul Sidomukti
Foto: Facebook/Umbul Sidomukti

1. Area Pegunungan yang Indah

Namanya juga terletak di lereng gunung Ungaran, maka Anda akan disuguhkan sebuah lokasi dengan pemandangan alami khas pegunungan tinggi.

Namun lokasi ini pun semakin menarik karena memiliki fasilitas trekking atau mendaki dan berjalan yang sudah bersih dan mumpuni. Jalannya dibuat lebih segar dengan deretan pohon hijau di sekelilingnya.

Jika Anda tertarik untuk menelusuri jalan, lokasi ini juga dikenal akan daya tariknya untuk aktivitas menunggang kuda.

Anda dapat naik kuda untuk melihat para petani yang bekerja di kebun, berkunjung dan menikmati indahnya alam hijau dan berfoto ria. Tak hanya itu, ada juga Goa Tirta yang menjadi daya tarik luar biasa untuk para pelancong.

2. Kolam Renang yang Didesain Secara Alami

Lokasi tempat wisata ini juga dilengkapi dengan kolam renang. Menariknya, kolam renang ini didesain menyerupai kolam alami.

Dinding kolam dibuat dengan batu alami. Bentuknya pun menyerupai mangkok, sehingga memberikan penampakan kolam renang yang tidak umum. Kedalaman maksimumnya adalah 1,5 meter.

3. Perkebunan Little Ranch

Salah satu daya tarik yang banyak jadi tujuan mampir adalah perkebunan Little Ranch. Perkebunan ini menyuguhkan aktivitas seru berkuda, area panahan, dan banyak sekali aktivitas jadul di area perkebunan dan sawah. Dari area ini pula, Anda dapat menyaksikan para petani asli tengah beraktivitas.

Baca Juga:  Pesona “Private Beach” di Bali

4. Pondok dengan Pemandangan Alami

Bagi yang ingin bersantai ria, lokasi wisata ini punya daya tarik luar biasa dari lokasi gathering. Arena yang ditawarkan mencakup pondok wisata, pondok panorama, dan pondok kopi, yang siap menemani waktu berkunjung.

Lokasi pondok tersebut memberi kesempatan pengunjung untuk menikmati indahnya alam di area kumpul yang nyaman.

Alamat dan Rute ke Umbul Sidomukti

Tujuan wisata alam yang satu ini ada di pegunungan Jawa Tengah, tepatnya di Semarang di lereng Gunung Ungaran. Lokasi tepatnya ada di Desa Sidomukti di kecamatan Bandungan. Untuk mencapai area ini, ada banyak opsi rute yang bisa dipilih.

Jika Anda meluncur dari arah Semarang, maka pergi menuju Ungaran dan putar arah di SPBU Lemah Abang sampai ke kawasan Candi Gedong Songo.  Dari kawasan candi Gedong Songo yang ditandai dengan gapura selamat datang, pergi menuju Pasar Jimbaran.

Dari pasar tersebut nantinya akan ada sebuah gang yang memiliki petunjuk arah untuk menuju area atau lokasi wisata. Anda juga bisa menggunakan rute atau bantuan dari Map secara online.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas yang Menarik Dilakukan
Foto: Facebook/Umbul Sidomukti

1. Menikmati Segarnya Kolam Renang

Berenang menjadi salah satu aktivitas andalan di destinasi wisata pegunungan tinggi Semarang yang satu ini.

Dipadu dengan kolam renang yang unik bermata air langsung dari gunung Ungaran, aktivitas ini jadi pilihan pengunjung yang siap merasakan dinginnya air pegunungan.

2. Berjalan-jalan dengan Suasana Alam yang Segar

Berada di ketinggian 1200 mdpl menjadi alasan pasti bahwa lokasi ini akan memiliki hawa dingin nan segar. Belum lagi dengan kawasan yang luas penuh dengan taman dan pepohonan rindang, tak ayal banyak sekali pengunjung yang suka berjalan jalan santai menghilangkan penat di area ini.

Baca Juga:  5 Air Terjun di Jepara Yang Wajib Anda Kunjungi

3. Bermain Outbond

Wisata alam tidak lengkap tanpa adanya area outbond yang menantang. Bagi Anda yang suka aktivitas seru pemacu adrenalin, ada beberapa fasilitas seru untuk dicoba. Seperti area panahan dengan mentor profesional.

Anda juga bisa coba Flying fox, ATV, paralayang tandem, berkuda, bahkan seru seruan di arena airsoft gun.

4. Berfoto di Spot Instagramable

Tak cukup rasanya berkunjung tanpa mengemudikan momen. Beruntungnya, Anda dapat berfoto dimanapun diinginkan karena lokasi ini penuh dengan pemandangan alam yang luar biasa.

Tapi ada juga beberapa spot keren dengan latar belakang Rawa pening atau Ambarawa. Ada juga yang berfoto di area kumpul, seperti pondok kopi atau pondok panorama berlatar pemandangan 5 gunung.

5. Bersantai di Area Kumpul

Pondok kopi menjadi salah satu fasilitas dan area favorit untuk menikmati hidangan masakan hangat dan secangkir kopi. Anda yang mampir juga akan disuguhi keindahan alam pegunungan sebagai latar belakang.

Ada juga pondok wisata untuk resort penginapan bersama keluarga atau pondok panorama untuk berjalan santai dan menikmati indahnya alam.

6. Bermalam di Penginapan Umbul Sidomukti

Para pengunjung juga bisa bermalam di area wisata ini. Anda bisa pilih resort dengan harga mulai Rp 700 ribuan atau memilih opsi camping.

Biasanya aktivitas menginap di resort atau camping ini jadi jawaban untuk staycation. Fasilitas dan opsinya juga sudah lengkap, pasalnya semua kebutuhan dasar telah disiapkan.

Fasilitas Wisata yang Tersdia

Untuk sebuah lokasi wisata alam dengan tiket masuk mulai dari Rp 5.000an saja, fasilitas yang diberikan sudah cukup mumpuni.

Kebutuhan dasar seperti kamar mandi, toilet, lokasi makan, restoran, Cafe, hingga permainan dan parkirnya sudah tersedia. Sehingga pengunjung bisa lebih nyaman untuk tinggal dan bermain di area wisata.

Baca Juga:  15 Tempat Wisata di Kaliurang Sleman yang Paling Hits

Lokasi wisata di Jawa Tengah seakan tidak ada habisnya. Terutama untuk wisata alam yang masih asri dan segar. Di tujuan wisata ini contohnya.

Anda dapat merasakan liburan yang tenang dan menghilangkan penat dengan menikmati segarnya alam hijau dan area yang jauh dari hiruk pikuk kota. Masih banyak juga aktivitas seru dan menyegarkan lainnya. Jadi jangan lupa untuk mampir.