Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

8 Spot Melihat Sunset di Jogja Selain Kawasan Pantai

Avatar photo
26
×

8 Spot Melihat Sunset di Jogja Selain Kawasan Pantai

Share this article
8 Spot Melihat Sunset di Jogja Selain Kawasan Pantai

Nikmati keindahan senja yang memukau di Yogyakarta di spot istimewa selain pantai, di mana keajaiban matahari terbenam memeluk keindahan kota budaya ini.

Yogyakarta, sering dijuluki sebagai kota yang tak pernah tidur, menawarkan berbagai tempat menakjubkan untuk menikmati panorama matahari terbenam atau sunset. Ada beragam tempat melihat sunset di Jogja yang menarik untuk dikunjungi.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Meskipun pantai merupakan lokasi favorit untuk menikmati sunset di Yogyakarta, ada juga berbagai alternatif lain yang menawarkan pemandangan sunset yang sama eksotisnya.

Berikut ini adalah daftar tempat terbaik di Jogja yang menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah dan tak terlupakan.

Spot Menikmati Sunset di Jogja

Spot Menikmati Sunset di Jogja
Foto: Twitter/Jogja / Yogyakarta

1. Keraton Ratu Boko

Keraton Ratu Boko, atau Taman Wisata Ratu Boko, dikenal sebagai salah satu tempat wisata terbaik untuk menyaksikan sunset di Yogyakarta.

Terletak di Jalan Raya Piyungan – Prambanan Nomor 2, Gatak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, situs ini bukanlah sebuah candi, melainkan reruntuhan kerajaan kuno.

Sesuai dengan informasi dari situs Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Ratu Boko dianggap sebagai keraton berdasarkan legenda yang menyatakan bahwa ini adalah istana Raja Boko, ayah Loro Jonggrang.

Dibangun sekitar abad ke-8 oleh Wangsa Syailendra, sebagian besar bangunan di sini adalah reruntuhan, dengan gerbang utamanya menjadi tempat paling populer untuk menikmati sunset.

2. Tumpeng Menoreh

Tumpeng Menoreh, yang terletak di Jalan Kebun Teh Nglinggo, Plono Timur, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, menawarkan panorama sunset yang memukau dengan latar belakang perbukitan Menoreh.

Restoran ini memiliki desain bangunan unik berbentuk heksagonal yang mirip tumpeng. Oleh karena bentuknya yang unik, restoran ini dinamakan Tumpeng Menoreh. Dibuka pada Mei 2021, restoran ini adalah hasil karya musisi Erix Soekamti dan komunitas lokal Gelangprojo.

Baca Juga:  Embung Potorono, Wisata Alternatif untuk Liburan Keluarga di Bantul

Dari Tumpeng Menoreh, pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbenam dengan latar belakang Bukit Menoreh, Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro-Sumbing, dan Kota Yogyakarta.

3. Puncak Becici

Puncak Becici, yang membentang seluas 4,4 hektar di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, adalah kawasan hutan pinus yang memukau.

Keindahan Puncak Becici bahkan telah menarik perhatian Presiden AS ke-44 Barack Obama yang berkunjung ke sana pada Juni 2017. Menurut Bantulpedia Pemerintah Kabupaten Bantul, Puncak Becici adalah tempat yang ideal untuk menikmati sunset.

Pengunjung dapat menikmati panorama matahari terbenam dari bangku kayu, ayunan, gardu pandang, dan gazebo. Dari tempat ini, bisa terlihat pemandangan Candi Prambanan dan laut selatan.

4. Candi Ijo

Di ketinggian 395,48 meter di atas permukaan laut, Candi Ijo menawarkan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Candi Ijo adalah situs peninggalan Kerajaan Mataram kuno yang dibangun sekitar abad ke-9 Masehi.

Dari sini, wisatawan dapat menikmati pemandangan Kota Yogyakarta dan Perbukitan Menoreh ketika cuaca cerah. Candi Ijo terletak di Jalan Candi Ijo, Nglengkong, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal adalah Rp 7.000 per orang, sedangkan untuk turis asing, harganya Rp 15.000 per orang.

Untuk mencapai puncak, pengunjung harus mendaki sekitar 300 meter dengan waktu tempuh kira-kira 20 menit.

5. Puncak Kayangan

Puncak Kayangan menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah dari atas bukit. Dari tempat ini, pengunjung dapat melihat gugusan pantai selatan.

Terletak di Padukuhan Ngreco, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, seperti yang dilansir oleh Tribun Jogja, Puncak Kayangan memiliki beberapa spot foto yang Instagramable.

Akses ke lokasi ini memang melalui jalan yang menanjak, namun kelelahan pengunjung akan terbayar dengan pemandangan yang menawan setelah tiba di puncak.

Baca Juga:  Pantai Terbaik Bagi Pecinta Surfing di Bali

6. Watu Goyang

Watu Goyang
Foto: Google Maps/Mahfudhoh Rihanul Milah

Watu Goyang menawarkan pemandangan matahari terbenam dari ketinggian. Menurut situs Visiting Jogja, Watu Goyang mendapatkan namanya dari sebuah batu besar yang dulu berada di puncak dan bisa bergoyang jika disentuh.

Untuk memudahkan pengunjung menikmati sunset, terdapat beberapa gardu pandang yang disediakan pengelola. Dari sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan sunset dengan latar Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, hingga Pegunungan Menoreh.

Watu Goyang berlokasi di Dusun Giriloyo, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

7. Alun-Alun Kidul

Untuk menikmati sunset di tengah kota, Alun-alun Kidul atau Alkid adalah pilihan yang tepat. Di malam hari, Alkid menjadi hidup dengan becak warna-warni yang siap mengantar wisatawan berkeliling.

Selain itu, area ini juga menyuguhkan aneka kuliner yang terjangkau, seperti angkringan, wedang ronde, jagung bakar, dan sosis bakar.

Salah satu atraksi terkenal di Alun-alun Kidul adalah tantangan melewati pohon beringin kembar dengan mata tertutup, dimana kepercayaan lokal mengatakan bahwa mereka yang berhasil melewati dengan lurus, keinginannya akan terkabul.

8. Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang adalah salah satu spot paling populer untuk menikmati sunset di Yogyakarta. Dari ketinggian bukit ini, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam dengan latar belakang kota Yogyakarta dan laut di kejauhan.

Suasana yang tenang dan romantis membuat Bukit Bintang menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai di akhir hari. Tempat ini berada di Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Anda dapat menikmati waktu santai di sore hari di berbagai restoran, kafe, dan warung yang terletak di tepi tebing, yang menawarkan beragam pilihan kuliner hingga larut malam.

Setiap tempat melihat sunset di Jogja ini menawarkan pengalaman yang berbeda dan istimewa untuk menikmati keindahan matahari terbenam di Yogyakarta. Jangan lupa untuk membawa kamera dan menangkap momen indah ini!