5 Air Terjun di Jepara Yang Wajib Anda Kunjungi

5 Air Terjun di Jepara Yang Wajib Anda Kunjungi

Mendengar nama air terjun sudah pasti dipikaran anda adalah air yang mengalir dari ketinggian dan biasanya berada di bawah kaki gunung. Berwisata ke air terjun memang menjai salah satu alternatif bagi anda yang ingin menikmati sensasi puluhan bahkan ribuan kubik air mengalir dari tebing yang menadi kaki gunung. Pepohonan yang rimbun dan juga suasana khas pegunungan juga dapat menjadi alasan mengapa anda harus mengnjungi air terjun jika pikiran anda mulai bosan dengan kegiatan sehari hari.

Jika anda sedang berkunjung ke daerah Jepara Jawa Tengah anda sebaiknya menyediakan waktu luang untuk menikmati kesejukan suasana air terjun yang berada di sana, karena anda akan disuguhkan pemandangan yang eksotis khas pegunungan. Mari simak ulasan berikut.

1. Air Terjun Songgo Langit

Photo by Google Maps (Agus PD)

Air terjun yang berada di Blucu Jepara Jawa Tengah ini memiliki panorama yang indah, pohon palm yang lebat dan pepohonan hijau yang hidup di sisi tebing memberikan kesan asri bagi air terjun ini ditambah lagi bebatuan besar hitam sebagai pelengkap keindahannya. Jika anda berminat mengunjungi tempat ini, cukup sediakan uang sebesar Rp. 2000 untuk tiket masuk dan Rp. 2.500 untuk parkir.

Lokasi: Desa Bucu, Kec. Kembang, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

2. Air Terjun Jurang Manten

Photo by Google Maps (wafa fathurrahman)

Air terjun ini diberi nama jurang manten karena konon katanya pernah ada sepasang suami istri yang baru menikah melintasi tepi air terjun ini terpeleset lalu jatuh kedalamnya. Legenda ini masih diyakini warga setempat hingga diabadikan sebagai nama air terjun ini. Air terjun yang terletak di Desa Donorojo Jepara Jawa Tengah ini memiliki bentuk yang cukup unik karena berundak-undak, tebingnya tidak lurus ke bawah sehingga airnya pun mengalir seperti di sungai.

Lokasi: Desa Tanjung, Kec. Pakis Aji, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

3. Air Terjun Kedung Pancur Telu

Photo by Facebook.com @Faizin

Seperti namanya, air terjun ini memiliki tiga aliran air yang saling bersebelahan, air terjun yang terletak di desa Damarwulan Jepara Jawaa Tengah ini juga difungsikan untuk keperluan perairan warga sekitar.

Meskipun air terjun ini memiliki keindahan yang luar biasa, akses jalan bagi wisatawan yang ingin melikmati keindahannya masih sangat terbatas. Pemerintah setempat belum menyediakan faasilitas jalan yang baik.

Lokasi: Desa Damarwulan, Kec. Keling, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

4. Air Terjun Nongko Pace

Photo by Facebook.com @Andieskiller

Terletak di Batealit Jepara, air terjun ini masih dapat dikategorikan sebagai “private curug” atau air terjun yang masih sepi dan tersembunyi. Hal ini dikarenakan akses jalan menuju air terjun ini masih sangat sulit seperti halnya Air Terjun Pancur Telu. Sehingga suasana di sana masih sangat asri dan tenang ditambah dengan rimbun pepohonan.

Lokasi: Desa Somosari, Kec. Batealit, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

5. Air Terjun Kedung Ombo

Photo by Facebook.com (Rizky Syahril Shobirin)

Sesuai dengan namanya yang berarti tempat air yang luas, hal ini dikarenakan bagian bawah air terjun membentuk sebuah kotak seperti tempat air yang terssun dari timbunan batuan-batuan besar yang terbentuk secara alami.

Air terjun yang terletak di kaki Gunung Muria ini memiliki suhu yang sangat rendah karena letak geografisnya dan suasana sekitar yang tertutup oleh pepohonan lebat. Ketika anda hendak menuju air terjun ini, anda akan dihadapkan pada tracking seperti saat anda akan mendaki gunung. Jadi air tejun ini sangat tepat bagi anda yang memiliki jiwa petualang.

Lokasi: Desa Papasan, Kec. Bangsri, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Bagaimana, anda sudah mulai tertarik untuk mengunjungi salah satu air terjun yang terletak di Jepara Jawa Tengah ini, jika sudah maka siapkan bekal perjalanan karenaa air terjun diatas maasih jarang terjamah oleh manusia dan tidak ada pedangang disekitarnya.