Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Pantai Sundak, Cerita Alam dan Mitos yang Menakjubkan di Gunung Kidul

Avatar photo
34
×

Pantai Sundak, Cerita Alam dan Mitos yang Menakjubkan di Gunung Kidul

Share this article
Pantai Sundak, Cerita Alam dan Mitos yang Menakjubkan di Gunung Kidul

Pantai Sundak di Gunung Kidul ini terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan ombak yang menyegarkan, adalah persembahan indah dari keajaiban pesisir selatan Jawa.

Terletak di bawah cakrawala yang luas, pantai ini tidak hanya menawarkan pemandangan spektakuler, tetapi juga memiliki cerita budaya yang kaya yang mengelilinginya.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Langit biru, air laut yang menenangkan, dan suasana tenang Pantai Sundak akan membawa Anda dalam pelukan keindahan alam yang tiada tanding.

Sejarah dan Mitos Pantai Sundak

Pantai Sundak Gunung Kidul kini populer di kalangan wisatawan, memiliki cerita sejarah dan mitos yang kental. Dahulu, pantai ini dikenal dengan nama Pantai Wedimbedah, berasal dari fenomena alam yang terjadi setiap tahun di sana.

Pada musim hujan, air dari daratan mengalir membentuk cekungan layaknya sungai kecil yang bermuara ke laut, membelah pasir pantai. Namun, di musim kemarau, cekungan ini menghilang, tersapu ombak. “Wedi” berarti pasir dalam bahasa Jawa, dan “mbedah” berarti membelah, menjadikannya Pantai Wedimbedah.

Namun, pada tahun 1976, terjadi perubahan nama berkat sebuah insiden tak terduga. Sebuah anjing, dalam kelaparannya, menyantap landak laut yang ditemukannya di sebuah gua dekat pantai. Pemilik anjing melihat binatang peliharaannya dengan separuh badan landak di mulutnya dan tubuh basah, seolah-olah baru saja berenang. Kejadian ini memicu rasa ingin tahu warga sekitar.

Mereka pun memeriksa gua tersebut dan menemukan sumber air tawar di dalamnya. Ini menjadi berkah bagi warga sekitar yang selama ini kesulitan mendapatkan air tawar. Dari peristiwa ini, nama pantai berubah menjadi Pantai Sundak, gabungan dari kata “Asu” (anjing) dan “Landak”.

Hingga kini, mitos dan sejarah tersebut tetap hidup di tengah masyarakat dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai eksotis ini.

Baca Juga:  Wisata Bukit Pule Payung, Menimati Keindahan Alam dari Ketinggian di Kulon Progo

Alamat dan Rute Menuju Pantai Sundak

Alamat dan Rute Menuju Pantai Sundak
Foto: Google Maps/Mughits Ahmad

Pantai Sundak telah menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Berkat perhatian pemerintah dan pengelola pantai, fasilitas dan infrastruktur di kawasan ini telah mengalami peningkatan. Khususnya, jalan menuju wisata bahari yang kini telah beraspal dan lebih lebar, meskipun memiliki beberapa tanjakan, tikungan, dan turunan. Namun, kondisi jalan yang prima membuat perjalanan menuju sana menjadi nyaman.

Lokasi Menuju Wisata:

Pantai ini terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda dapat mencari lokasi ini di Google Maps untuk visualisasi rute dan kondisi jalan.

Rute Menuju Pantai Menawan ini:

  • Mulai dari pusat kota Yogyakarta, ambil arah selatan menuju Jalan Mayor Suryotomo.
  • Ikuti jalan tersebut hingga melewati Jalan Brigadir Katamso.
  • Teruskan perjalanan hingga perempatan, kemudian belok ke timur arah Jalan Kolonel Sugiyono.
  • Ikuti Jalan Kolonel Sugiyono hingga pertigaan, lalu ambil arah selatan menuju Jalan Sisingamangaraja.
  • Jalan lurus melewati Jalan Imogiri Barat, lanjutkan hingga pertigaan.
  • Ambil arah timur, menuju Jalan Bakulan Imogiri, kemudian ikuti jalan ini hingga Jalan Imogiri Siluk.
  • Lanjutkan perjalanan Anda melalui Jalan Raya Panggang Wonosari.
  • Ikuti Jalan Raya Panggang Wonosari, lalu jalan terus melewati kawasan pantai selatan Jawa hingga Anda tiba di pantai menawan ini.

Perjalanan dari pusat kota Yogyakarta ke Pantai Sundak memakan waktu sekitar 1 jam 45 menit dengan jarak sekitar 65,3 km. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus, kemudian melanjutkan perjalanan dengan ojek atau transportasi lokal lainnya menuju wisata pantai dan indah ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Sundak

Pantai Sundak Gunung Kidul dikenal sebagai salah satu destinasi wisata dengan harga tiket masuk yang terjangkau. Berikut rinciannya:

Baca Juga:  Pantai Parangkusumo, Pesona Pasir Hitam dan Mistis Legenda di Bantul Jogja

Tiket Masuk:

  • Weekday: Rp. 5.000/orang
  • Weekend: Rp. 6.000/orang

Tarif Parkir:

  • Sepeda Motor: Rp. 2.000
  • Mobil: Rp. 5.000
  • Bus Pariwisata: Rp. 20.000

Gazebo:

  • Tarif sewa berkisar antara Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000, berdasarkan lama penggunaan.

Jadi, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Pantai Sundak Gunung Kidul, tidak perlu khawatir akan menghabiskan biaya besar. Fasilitas seperti parkir dan gazebo juga tersedia dengan harga yang bersahabat.

Aktivitas Menarik di Pantai Sundak

Aktivitas Menarik di Pantai Sundak
Foto: Google Maps/Yusuf Qu

Pantai Sundak memang dikenal dengan keindahan alamnya. Tidak hanya menawarkan pesona alam, berbagai kegiatan menarik juga bisa Anda lakukan di sana:

1. Relaksasi di Tepi Pantai

Nikmati keindahan pantai dengan duduk santai di gazebo yang ada, berjalan-jalan di tepi pantai, atau sekadar bersantai di bawah pohon sambil menikmati hembusan angin.

2. Eksplorasi Pasir Pantai

Meski berenang mungkin kurang aman karena ombaknya, Anda bisa bersenang-senang dengan bermain pasir atau menjelajahi karang-karang kecil di sekitar pantai.

3. Sesi Fotografi

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen dengan berfoto ria di spot-spot cantik Pantai Sundak di Gunung Kidul ini. Pastikan Anda memiliki banyak kenangan indah!

4. Nikmati Kuliner Pantai

Ada banyak pilihan makanan laut dan jajanan khas di sekitar pantai. Sempatkan waktu Anda untuk mencicipi kuliner sambil menunggu matahari terbenam atau matahari terbit.

5. Kunjungi Goa Air Tawar

Bukit kapur di utara pantai menyimpan rahasia: sebuah gua dengan sumber air tawar. Warga sekitar memanfaatkan sumber ini sebagai sumur untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

6. Pantau Aktivitas Ikan

Perairan Pantai Sundak di Gunung Kidul ini sangat jernih memungkinkan Anda untuk mengamati ikan-ikan kecil berenang di antara karang-karang.

Saat matahari meredup di ufuk barat, Anda mengenang momen-momen indah yang dihabiskan di pantai cantik ini. Suara ombak yang lembut dan sentuhan angin yang sejuk masih terasa dalam ingatan Anda.

Baca Juga:  Pantai Sadranan, Permata Tersembunyi di Tepian Gunung Kidul

Di sini, Anda telah menemukan tempat yang melampaui keindahan visual, sebuah tempat di mana alam dan budaya menyatu dengan harmoni yang sempurna.

Saat Anda beranjak meninggalkan Pantai Sundak, Anda membawa pulang cerita dan kenangan yang tak ternilai, serta keinginan untuk kembali merasakan pesona magis yang hanya bisa ditemukan di pantai ini.