Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Pasar Beringharjo Jogja: Sejarah, Daya Tarik, dan Rute Menuju Lokasi

Avatar photo
46
×

Pasar Beringharjo Jogja: Sejarah, Daya Tarik, dan Rute Menuju Lokasi

Share this article
Pasar Beringharjo Jogja: Sejarah, Daya Tarik, dan Rute Menuju Lokasi
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pabringan, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

Sejarah Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo, yang terletak di pusat kota Yogyakarta, adalah pasar tradisional paling terkenal dan bersejarah di kota tersebut. Nama “Beringharjo” memiliki arti yang mendalam dalam bahasa Jawa, di mana “Bering” merujuk pada pohon beringin, dan “Harjo” berarti makmur dan sejahtera. Pasar ini telah menjadi saksi bisu perkembangan kota Yogyakarta sejak berabad-abad lalu.

Pasar Beringharjo telah berdiri sejak awal pendirian Kerajaan Mataram, tetapi dibuka secara resmi sebagai pasar pada tahun 1758 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I. Sejak saat itu, pasar ini telah berkembang menjadi pusat perdagangan utama di Yogyakarta, menawarkan berbagai jenis barang dari kebutuhan sehari-hari hingga barang-barang antik dan unik.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Daya Tarik Pasar Beringharjo

Daya Tarik Pasar Beringharjo Jogja
Foto: Facebook/Pariwisata Jogja

Pasar Beringharjo menarik bagi wisatawan baik lokal maupun internasional, tidak hanya karena sejarah dan peran pentingnya dalam ekonomi lokal, tetapi juga karena variasi barang yang ditawarkan. Pasar ini merupakan tempat yang sempurna untuk mencari baju batik asli Yogyakarta, baik dalam bentuk kain maupun pakaian jadi. Selain itu, pasar ini juga menawarkan berbagai jenis rempah-rempah, buah-buahan segar, kerajinan tangan, peralatan rumah tangga, dan berbagai jenis barang lainnya.

Selain berbelanja, wisatawan juga dapat menikmati pengalaman budaya yang otentik di Pasar Beringharjo. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan penjual lokal, belajar tentang berbagai jenis barang dan produk lokal, serta menikmati makanan khas Yogyakarta yang lezat.

Rute Menuju Pasar Beringharjo

Untuk menuju Pasar Beringharjo, wisatawan dapat menggunakan berbagai jenis transportasi. Jika datang dari Bandara Adisucipto, wisatawan dapat naik bus Trans Jogja rute 1A atau 1B dan turun di halte Malioboro 1. Jika datang dari Stasiun Tugu, wisatawan cukup berjalan kaki sejauh 1 kilometer ke arah selatan menuju Malioboro.

Baca Juga:  Kampung Tajur, Destinasi Wisata Edukasi Budaya Sunda di Purwakarta

Untuk wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi, terdapat beberapa tempat parkir di sekitar pasar. Namun, dikarenakan lokasinya yang ramai dan strategis, disarankan untuk menggunakan transportasi umum untuk menghindari kemacetan.

Ragam Aktivitas di Pasar Beringharjo

Mengunjungi Pasar Beringharjo bukan hanya sekadar berbelanja, tetapi juga melibatkan berbagai aktivitas menarik yang dapat dilakukan oleh wisatawan. Dan inilah berikut beberapa di antaranya:

1. Batik Hunting

Mengingat Pasar Beringharjo dikenal sebagai pusat batik Yogyakarta, berburu batik menjadi aktivitas wajib bagi setiap pengunjung. Terdapat berbagai jenis batik dengan harga yang bervariasi, mulai dari batik tulis hingga batik cap, yang dapat menjadi kenang-kenangan atau oleh-oleh.

2. Wisata Kuliner

Pasar ini juga dikenal dengan ragam kuliner khas Yogyakarta. Wisatawan dapat menikmati aneka makanan seperti gudeg, bakpia, dan lainnya.

3. Pelajaran Sejarah dan Budaya

Pelajaran Sejarah dan Budaya
Foto: Twitter/Spaceman

Pasar Beringharjo juga menawarkan pelajaran sejarah dan budaya. Wisatawan dapat berinteraksi dengan penjual lokal, mempelajari berbagai jenis barang dan bahan makanan lokal, serta mendengar cerita tentang sejarah pasar.

Objek Wisata Terdekat Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo tidak hanya menjadi daya tarik utama bagi wisatawan ada berbagai objek wisata terdekat yang juga bisa dikunjungi, seperti:

1. Jalan Malioboro

Jalan ini adalah jantung kota Yogyakarta, penuh dengan toko suvenir, restoran, dan pedagang kaki lima. Jalan Malioboro juga menjadi tempat berlangsungnya berbagai acara budaya dan seni.

2. Keraton Yogyakarta

Keraton ini adalah istana Sultan Yogyakarta, juga berfungsi sebagai pusat kebudayaan Jawa di sini, wisatawan bisa melihat koleksi artefak bersejarah dan menikmati pertunjukan seni tradisional.

3. Taman Sari

Taman Sari adalah kompleks istana air bekas Kerajaan Yogyakarta. Wisatawan dapat menikmati keindahan arsitektur dan sejarah tempat ini.

Baca Juga:  Keindahan Ekowisata Sungai Mudal, Wisata Alam di Kulon Progo yang Kaya Pesona

4. Museum Sonobudoyo

Museum ini memiliki koleksi yang luas mengenai sejarah dan budaya Jawa, Madura, dan Bali. kawasannya berada tidak jauh dari Pasar Beringharjo.

Pasar Beringharjo bukan hanya pasar biasa, melainkan ikon dan warisan budaya yang menyimpan cerita dan sejarah panjang kota Yogyakarta. Mengunjungi pasar ini, tidak hanya memberikan pengalaman berbelanja yang beragam, tetapi juga pelajaran sejarah dan budaya yang berharga.