Ingin Mengenal Batik, Kunjungi Museum Batik Terbaik di Indonesia

Ingin Mengenal Batik, Kunjungi Museum Batik Terbaik di Indonesia

Jika anda seorang pecinta batik dan ingin mengetahui lebih jauh lagi tentang dunia perbatikan, maka anda wajib mengunjungi museum-museum di bawah ini untuk mengenal berbagai macam batik di Indonesia, peralatan yang digunakan untuk membuatnya, serta proses pembuatannya. Batik merupakan warisan budaya leluhur yang harus dilestarikan dan menjadikaannya corak kehidupan bangsa kita, Indonesia. Berikut akan dijabarkan mengenai dua museum batik yang ada di Kota Yogyakarta dan Jawa Tengah berikut ini, semoga anda terbantu mencari tempat berlibur akhir pekan dengan rekomendasi di bawah ini.

1. Museum Batik Yogyakarta

Photo by Google Maps (Wong Jowo aseli)

Museum Batik pertama di Indonesia yang didirkan pada 1979 oleh Keluarga Hadi Nugroho ini terletak di Jalan Sutomo Yogyakarta. Museum ini menyediakan paket belajar membatik muali Rp. 40.000 sampai dengan Rp. 80.000 dalam waktu satu jam. Museum ini buka padaa pukul 09.00-20.00 dan anda harus membayar uang sebesar Rp. 20.000 untuk tiket masuknya. Ada beberaapa fasilitas yang disediakan oleh pengunjung museum ini yaitu Tour Guide daan juga Workshop berbayar untuk membuat batik sendiri.

Meskipun status Museum Batik Yogyakarta ini adalah milik individu, namun museum ini sudah diakui sebagai museum dengan jenis batik terlengkap dengan fasilitas pelayanan terbaik pula. Prestasi dan keelokan museum ini dapat dibuktikan karena museum ini mendapatkan gelar Rekor MURI.

Baca Juga:  5 Museum Anti Mainstream di Yogyakarta

Batik yang dipajang di museum ini terdiri dari batik tulis, batik cap, dan batik printing. Total keseluruhan batik yang ada di dalam museum ini adalah sekitar 1200 buah. Macam batik yang ditampilkan tidak hanya berasal dari Yogyakarta namun juga berasal dari Solo, Pekalongan, dan daerah lain seperti Jawa Barat dan lainnya. Batik yang terpajang ditempat ini berbentuk seperti kain panjang atau bentuk sarung yang di rentangkan di kayu penyangga dan kebanyakan diletaakkan di lemari kaca atau papan pengumuman berlapis kaca. Sehingga saat berjalan-jalan anda dapat menikmati warna-warni corak batik dari berbagai daerah di Indonesia, suasana di tempat itu juga sngat tenang dan wangi menambah kepuasan batin anda dalam menimatinya.

Lokasi: Jl. Doktor Sutomo, Bausasran, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

2. Museum Batik Pekalongan

Photo by Google Maps (Suyandi Liyis)

Pekalongan adalah kota yang terkenal akan keunikan dan keindahan batiknya. Kota yang di beri julukan sebagai kota seni di Indonesia ini memnag memiliki masyarkat dengan kreativits tinggi, oleh sebab itu tidak heran bila Museum Batik didirikan di Kota Pekalongan.

Museum Batik Pekalongan memiliki koleksi sekitar 1500-an kain batik dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Museum ini memang memiliki koleksi lebih sedikit bila dibandingkan dengan museum yang ada di Yogyakarta, namun hal ini tentu tidak mengurangi minat pengunjung untuk datang ke museum ini.

Baca Juga:  3 Museum Militer yang Wajib Anda Kunjungi

Berbeda dengan Museum Batik Yogyakarta, untuk memasuki Museum Batik pekalongan ini anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5000 untuk dewasa, harga yang cukup murah bila dibandingkan dengan ilmu dan pelajaran apa yang dapat kita mbil dari museum ini. Jika anda berminat jangan lupa bahwa museum ini memiliki jam kunjung yaitu pukul 08.00-15.00.

Lokasi: Jl. Jatayu, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Fasilitaas lain yang akan anda dapatkan saat mengunjungi museum ini adalah ruang audio visual yang akan memunculkan sinema singkat tentang batik Nusantara. Lalu ruang pameran I berisi batik dari daerah pesisir, kemudian pameran II yang berisi batik hasil sumbangsih pejabat RI, pameran III yang merupakan batik dari berbagai daerah, dan ada juga perpustakaan bagi anda yang gemar membaca.