Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Embung Batara Sriten, Surga Tersembunyi di Tengah Perbukitan Gunung Kidul

Avatar photo
63
×

Embung Batara Sriten, Surga Tersembunyi di Tengah Perbukitan Gunung Kidul

Share this article
Embung Batara Sriten, Surga Tersembunyi di Tengah Perbukitan Gunung Kidul

Nikmati keindahan alam yang memukau di Embung Batara Sriten Gunung Kidul, dengan danau buatan yang menakjubkan berada di puncak bukit.

Embung Batara Sriten tidak sekadar menjadi wadah penampungan air di tengah bukit-bukit yang hijau di Gunung Kidul.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Tempat ini telah tumbuh menjadi salah satu destinasi wisata pilihan bagi mereka yang ingin merasakan kedamaian sejati, sambil menikmati keindahan alam Yogyakarta dari ketinggian.

Dengan latar belakang perbukitan kapur dan langit biru yang membentang, Embung Batara Sriten menawarkan pesona yang mampu memikat siapa pun yang melihatnya.

Daya Tarik Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten di Gunung Kidul ini memegang gelar sebagai embung tertinggi di wilayah Yogyakarta. Meskipun Yogyakarta memiliki beragam embung, wisata alam ini tetap menjadi salah satu destinasi yang paling mengesankan.

Terletak pada ketinggian sekitar 859 mdpl di Pegunungan Baturagung Utara, embung ini memperoleh namanya dari singkatan lokasi di mana ia berada. Embung ini mulai dibangun pada tahun 2014, meskipun termasuk destinasi wisata baru, namun antusiasme masyarakat untuk mengunjunginya sangat tinggi. Pada tanggal 17 Maret 2015, embung ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono dengan investasi sekitar 3 milyar rupiah.

Dengan luas area mencapai 4.700 meter persegi dan panjang sekitar 330 meter, embung ini memiliki kapasitas hingga 10 ribu meter kubik. Fasilitas yang tersedia di sekitar embung meliputi pagar besi sebagai pengaman dan jalan setapak di sepanjang tepian. Bagi pengunjung, disarankan untuk berhati-hati karena medan menuju lokasi yang cukup menantang.

Salah satu daya tarik utama dari embung ini adalah pemandangan Pegunungan Baturagung di sisi utara, sebuah pegunungan karst yang kerap mengalami kemarau. Embung Batara Sriten Gunung Kidul dibuat dengan tujuan utama untuk membantu masyarakat saat kekeringan musim kemarau, selain tentu saja sebagai atraksi wisata.

Baca Juga:  8 Lokasi Wisata Bedugul Pantang Terlewat

Pesona embung ini diperkuat dengan keindahan matahari terbit dan matahari tenggelam yang mempesona, membuat setiap pengunjung terkagum-kagum. Ada banyak cerita dan pesona yang bisa ditemukan di wisata ini, menjadikannya destinasi yang tak pernah membosankan.

Alamat dan Rute Menuju Embung Batara Sriten

Alamat dan Rute Menuju Embung Batara Sriten
Foto: Twitter/Gk Photography

Embung Batara Sriten terletak di puncak bukit dengan elevasi mencapai 859 meter di atas permukaan laut. Anda dapat menemukan wisata menawan ini di Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Apabila Anda berangkat dari Alun-Alun Wonosari atau pusat Kota Gunung Kidul, Anda akan menempuh jarak sekitar 21,7 km untuk tiba di lokasi. Jalan akses menuju embung ini sudah dalam kondisi yang baik dan cocok untuk berbagai tipe kendaraan.

Ketika tiba di lokasi, Anda akan diminta berjalan kaki sebentar untuk mencapai titik pandang terbaik. Di sana, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat mempesona.

Disarankan bagi Anda untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke sana. Pastikan kondisi fisik Anda dalam keadaan prima agar perjalanan Anda menyenangkan. Untuk memudahkan perjalanan Anda, Anda bisa menggunakan aplikasi navigasi atau maps untuk mendapatkan petunjuk jalan yang tepat dan akurat menuju Embung Batara Sriten.

Harga Tiket Masuk Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten di Gunung Kidul ini, meskipun merupakan destinasi wisata yang relatif baru, telah mendapatkan perhatian dan sedang dalam tahap pengembangan untuk menambah berbagai atraksi.

Salah satu rencana yang cukup menarik adalah hadirnya perkebunan buah, seperti manggis dan kelengkeng. Embung ini, selain berfungsi sebagai destinasi wisata, juga berperan penting sebagai tempat penampungan air yang kemudian akan digunakan oleh masyarakat setempat untuk merawat perkebunan mereka, terutama saat musim kemarau.

Baca Juga:  Pulau Burung, Menikmati Pesona Bawah Laut di Kepulauan Seribu

Dengan panorama yang mempesona yang ditawarkan, tiket masuk ke wisata indah ini cukup terjangkau. Hanya dengan Rp5.000 per orang, Anda dapat menikmati keindahan alam yang ditawarkan. Namun, penting untuk diingat bahwa pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir sesuai dengan tarif yang berlaku.

Bagi Anda yang berencana mengunjungi, wisata alam ini buka mulai pukul 05.00 hingga 18.00 WIB. Tempat ini juga terkenal sebagai salah satu lokasi terbaik di Jogja untuk menikmati keindahan matahari terbit dan matahari tenggelam.

Aktivitas Seru di Embung Batara Sriten

Aktivitas Seru di Embung Batara Sriten
Foto: Twitter/Jogjakarta

1. Berburu Gambar

Bagi Anda yang memiliki hasrat dalam fotografi, Embung Batara Sriten di Gunung Kidul ini adalah lokasi yang sangat ideal. Dengan latar belakang telaga yang memikat dan Puncak Bukit Mangir, setiap gambar yang Anda ambil pasti akan menakjubkan. Lokasi ini menawarkan pemandangan sunset yang luar biasa, memberikan setiap foto Anda suasana yang ajaib.

2. Menikmati Sunset

Dari Embung Batara Sriten, Anda bisa menyaksikan matahari tenggelam dengan sempurna. Ditambah dengan lanskap pegunungan dan refleksi dari telaga, membuat momen menatap sunset menjadi tak terlupakan.

3. Berkemah

Bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman berkemah di ketinggian tanpa perlu mendaki gunung, area sekitar Embung Batara Sriten Gunung Kidul sangat cocok. Nikmati ketenangan telaga, udara sejuk pegunungan, dan langit berbintang yang jernih saat malam hari.

4. Refleksi Bersama Alam

Jika Anda butuh ketenangan atau waktu sendiri, tempat ini adalah pilihan tepat. Di sini, Anda dapat merenung dan menenangkan pikiran sambil menyatu dengan alam.

5. Bersantai di Hammock

Ada pohon besar di area wisata menarik ini yang menjadi lokasi favorit banyak orang untuk berfoto. Namun, Anda juga bisa membawa hammock Anda dan menggantungkannya di sana, menikmati keteduhan pohon sambil memandang keindahan telaga.

Baca Juga:  Taman Langit, Mengenal Lebih Dekat Destinasi Wisata Favorit Keluarga Di Bandung

Sebagai lambang perpaduan antara keberlanjutan lingkungan dan keindahan alam, wisata eksotis ini menjadi saksi bisu transformasi Gunung Kidul menjadi destinasi wisata berkelas.

Tidak hanya sebagai tempat bersantai, embung ini juga mengajarkan kita pentingnya menjaga keseimbangan alam dan keberlanjutan sumber daya.

Dengan setiap kunjungan ke Embung Batara Sriten, kita diingatkan akan kebesaran alam dan pentingnya menjaga harmoni dengan lingkungan di sekitar kita.