Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Bukit Klangon, Puncak Kemegahan Alam Jogja dari Ketinggian

Avatar photo
26
×

Bukit Klangon, Puncak Kemegahan Alam Jogja dari Ketinggian

Share this article
Bukit Klangon, Puncak Kemegahan Alam Jogja dari Ketinggian

Nikmati keindahan alam Jogja dari puncaknya dengan mengunjungi Bukit Klangon Sleman, destinasi yang menawarkan panorama spektakuler dan kemegahan alam yang tiada tara.

Dalam lanskap Yogyakarta yang megah, Bukit Klangon muncul sebagai surga tersembunyi yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Dengan latar belakang pegunungan hijau yang memikat dan cakrawala yang tampak tak berujung, bukit ini menjadi saksi bisu keindahan alam yang menghiasi Jogja, menjanjikan pengalaman yang sulit untuk dilupakan oleh siapa pun yang berkesempatan mengunjunginya.

Sekilas Tentang Bukit Klangon

Bukit Klangon, yang terletak di Desa Glagaharjo, merupakan bukit yang berdekatan dengan Gunung Merapi dengan ketinggian mencapai 1.100 mdpl. Suasana bukit ini sangat sejuk, memberikan kesegaran bagi setiap pengunjungnya.

Dari puncak bukit, mata Anda akan dimanjakan dengan keindahan lanskap sekitar, mulai dari hamparan perkebunan penduduk setempat hingga hutan hijau di lereng Gunung Merapi. Salah satu daya tarik utamanya adalah pandangan langsung ke puncak Gunung Merapi, dimana Anda dapat melihat Puncak Garuda dengan jelas.

Bukit ini mulai dikenal dan dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata pada tahun 2011. Dengan pemandangan Gunung Merapi dan keindahan alam di sekelilingnya, bukit ini telah menjadi destinasi populer bagi fotografi. Jika Anda ingin merasakan keseruan dan keindahan alam di bukit ini, mari jelajahi lebih lanjut.

Daya Tarik Bukit Klangon

Daya Tarik Bukit Klangon
Foto: Google Maps/Mas_Wee Kurniawan

Sleman memang menyimpan beragam destinasi wisata baru, salah satunya Bukit Klangon di Sleman ini. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, Anda bisa menikmati berbagai keindahan dan keseruan yang ditawarkan oleh bukit ini. Apa saja sih yang bisa Anda temui di sini?

1. Pemandangan Gunung Merapi yang Memukau

Dari bukit ini, keindahan Gunung Merapi tampak begitu dekat dan menakjubkan. Anda tak perlu mendaki ke puncak Merapi, karena dari bukit ini pemandangan gunung tersebut sudah terlihat begitu jelas. Ada beberapa gardu pandang yang disediakan, tempat sempurna untuk menikmati pemandangan sekaligus berfoto.

Baca Juga:  Pulau Burung, Menikmati Pesona Bawah Laut di Kepulauan Seribu

2. Bersepeda Menantang di Downhill Cycling

Bagi Anda pencinta tantangan, Bukit Klangon Sleman menawarkan pengalaman bersepeda downhill yang menantang adrenalin. Jalur bersepeda yang penuh dengan tantangan ini bahkan menjadi salah satu yang terbaik di Yogyakarta, seringkali menjadi lokasi penyelenggaraan event bersepeda.

3. Trekking Bukit yang Menyenangkan

Meskipun terletak cukup dekat dengan Gunung Merapi, trekking di sini cocok bagi pemula maupun anak-anak. Selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan Gunung Merapi yang megah. Jika beruntung, Anda mungkin bisa melihat beberapa satwa liar seperti burung dan monyet, karena kawasan ini juga menjadi hutan konservasi.

4. Berkemah di Tengah Alam

Merasa satu hari tak cukup menikmati Bukit Klangon? Jangan Khawatir Anda juga dapat berkemah loh. Terdapat kawasan kemping yang telah disediakan, memberikan Anda kesempatan untuk menikmati atmosfer alam bukit ini lebih dalam bersama teman atau keluarga.

Alamat dan Rute Menuju Bukit Klangon

Bukit Klangon terletak di Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk menuju ke sana dari Titik Nol KM Jogja, Anda bisa mengambil rute Jalan Kaliurang. Teruskan perjalanan Anda dan belok saat menemui Jalan Pamungkas yang mengarah ke utara. Setelah melewati Jalan Pasar Butuh, lanjutkan perjalanan dan Anda akan tiba di bukit cantik ini.

Dari Titik Nol KM Jogja, jarak yang ditempuh sekitar 36 KM dengan waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam 19 menit. Pastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam keadaan baik untuk menghindari kendala selama perjalanan.

Harga Tiket Masuk Bukit Klangon

Untuk dapat menikmati pesona alam Bukit Klangon di SlemanĀ  ini, pengunjung diharuskan membayar tiket masuk. Harganya belum termasuk yang lain, misalnya tarif camping, parkir, atau sewa sepeda gunung. Tapi chill aja, harganya ramah di kantong!

Baca Juga:  15 Tempat Wisata di Sabang Terbaru & Paling Favorit

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena tarif yang ditetapkan sangat terjangkau. Berikut detail tarifnya:

  • Tiket masuk: Rp 5.000
  • Biaya camping: Rp 15.000
  • Tarif parkir motor: Rp 2.000
  • Tarif parkir mobil: Rp 5.000

Aktifitas Menarik di Bukit Klangon

Aktifitas Menarik di Bukit Klangon
Foto: Google Maps/Dwi W.L

Di bukit ini, pengunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi yang mempesona. Ada berbagai kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu saat berada di sana.

1. Trekking Bukit

Pertama-tama, tentu saja Anda bisa mencoba trekking atau pendakian ringan di Bukit Klangon Sleman. Meski jalannya tidak terlalu sulit, perjalanan Anda akan ditemani dengan panorama alam yang indah, serta berbagai satwa seperti burung, monyet, dan musang. Sementara itu, derap langkah Anda akan diselingi oleh kicauan burung dan suara serangga.

2. Menatap Keindahan Merapi

Dari bukit cantik ini, Anda dapat menikmati kebesaran Gunung Merapi dengan jelas. Anda bisa bersantai di area rerumputan atau memanjakan mata dari gardu pandang yang telah tersedia.

3. Bersepeda Mengelilingi Alam

Bagi Anda yang suka tantangan, mencoba jalur downhill dengan sepeda di destinasi hits ini bisa menjadi pilihan. Nikmati sensasi bersepeda di jalur yang menantang, di mana bukit ini dikenal memiliki salah satu lintasan terbaik di Jogja.

4. Bermalam di Tengah Alam

Untuk Anda yang ingin merasakan suasana malam di wisata alam ini, area kemping tersedia untuk mendirikan tenda. Walaupun Anda perlu membawa perlengkapan sendiri, pengalaman menginap di sini pasti tak terlupakan.

5. Berkreasi dengan Kamera

Bukit Klangon di Sleman ini menawarkan latar belakang foto yang indah. Mulai dari Gunung Merapi, lembah hijau, hingga gardu pandang, semuanya bisa menjadi latar belakang foto Anda. Pastikan kamera Anda siap untuk mengabadikan momen-momen berharga.

Baca Juga:  Pantai Sundak, Cerita Alam dan Mitos yang Menakjubkan di Gunung Kidul

Nah, itu dia beberapa hal seru yang bisa kamu coba di sini! Jangan lupa siapin segala sesuatunya dengan baik biar dapet pengalaman terbaik pas lagi di sana ya!

Setelah menghabiskan waktu di wisata alam ini, hati setiap pengunjung pasti akan terpenuhi dengan ketenangan dan rasa syukur atas keajaiban alam yang ada di depan mata.

Dari setiap helai rumput yang bergoyang hingga matahari yang tenggelam di balik pegunungan, Bukit Klangon mengingatkan kita pada keindahan sederhana yang seringkali terabaikan.

Tak ada yang lebih mempesona daripada menyaksikan dunia dari ketinggian wisata ini, sebuah perjalanan yang selalu meninggalkan jejak di hati.