Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Air Terjun Kedung Pedut, Air Terjun Tersembunyi di Kulon Progo yang Memepsona

Avatar photo
50
×

Air Terjun Kedung Pedut, Air Terjun Tersembunyi di Kulon Progo yang Memepsona

Share this article
Air Terjun Kedung Pedut, Air Terjun Tersembunyi di Kulon Progo yang Memepsona

Nikmati keindahan alam yang memukau di Air Terjun Kedung Pedut, wisata tersembunyi di Kulon Progo yang mempesona dengan air jernihnya dan keasrian alam yang masih alami.

Air Terjun Kedung Pedut, tersembunyi di lembah hijau Kulon Progo, Yogyakarta, adalah sebuah permata alam yang menakjubkan.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Dengan airnya yang jernih dan berwarna kebiruan, air terjun ini menawarkan pemandangan yang memukau serta suasana yang menyegarkan, menjadikannya destinasi sempurna bagi mereka yang mencari ketenangan dan keindahan alam.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Kedung Pedut

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Kedung Pedut
Foto: Google Maps/Wisata Jogja21

Air Terjun Kedung Pedut, sebuah keajaiban alam yang tersembunyi di Kulon Progo sejak dibuka pada tahun 2015, telah cepat menarik perhatian berkat keunikan dan keindahannya yang luar biasa.

Air terjun ini bukan hanya sekadar pemandangan alam biasa; dengan airnya yang jernih menampilkan perpaduan warna tosca dan putih, ia seolah menjadi kanvas alam yang memanjakan mata.

Dikenal oleh warga sekitar sebagai “waterpark alami”, Air Terjun Kedung Pedut memiliki kolam renang alami yang terbentuk dari air terjun dan sumber mata air alami di dekatnya. Kolam ini tidak hanya menawarkan kesegaran tapi juga pengalaman berenang yang unik dan alami.

Menariknya, kawasan Kedung Pedut ini terdiri dari hampir lima kedung atau genangan, termasuk Kedung Anyes, Kedung Lanang, Kedung Wedok, Kedung Merak, dan Kedung Merang, masing-masing dengan kedalaman yang beragam.

Pengunjung bisa memilih kedung mana yang ingin mereka jelajahi, menambahkan elemen petualangan dalam kunjungan mereka.

Nama “Kedut Pedut” berasal dari dua kata dalam bahasa setempat, yaitu ‘kedung’ yang berarti genangan dan ‘pedut’ yang berarti dalam. Sesuai namanya, kedung-kedung di sini memiliki kedalaman yang cukup signifikan, mencapai 2 hingga 3 meter.

Baca Juga:  Kebun Teh Nglinggo, Wisata Alam di Kulon Progo yang Mempesona

Ini memberikan kesan yang mendalam bagi para pengunjung, terutama bagi mereka yang terbiasa dengan kolam renang buatan yang umumnya tidak se-dalam ini. Di samping dua kolam utama, terdapat juga beberapa kolam kecil yang membentuk seperti tangga air.

Keindahan alam ini bisa dinikmati dari gardu pandang, tempat sempurna untuk mengagumi warna air biru yang menyilaukan dan keindahan alami Air Terjun Kedung Pedut.

Dengan segala keunikannya, tak heran jika tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang mencari kedamaian dan keindahan alam yang tak terlupakan.

Alamat dan Rute Menuju Air Terjun

Lokasi Kedung Pedut Kulon Progo dan Rute TerdekatMenyusuri keindahan Yogyakarta, kita akan menemukan Kedung Pedut, sebuah destinasi yang menawarkan keasrian dan kesejukan alam.

Terletak jauh dari hiruk-pikuk kota, Kedung Pedut berada di Jalan Kutogiri Gunung Kelir, Kembang Jatimulyo, di Kecamatan Girimulyo, memadukan kesunyian alam dengan kemudahan akses bagi para wisatawan.

Perjalanan ke sana merupakan sebuah petualangan tersendiri. Dari pusat kota, perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit melalui Jalan Nasional III. Rute ini akan membawa Anda melalui Pathukan, Kenteng, Nanggulan, Tegalsari, hingga akhirnya sampai di Kulon Progo.

Bagi yang datang dari Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kedung Pedut hanya berjarak sekitar 28,5 km, dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 1 jam berkendara.

Untuk kemudahan perjalanan, layanan navigasi seperti Google Maps akan sangat membantu, begitu juga dengan opsi rental mobil dari Widyaloka Wisata Yogyakarta, yang menawarkan transportasi nyaman dan aman.

Memilih Widyaloka Wisata menjadi pilihan bijak, mengingat tidak adanya transportasi umum langsung menuju lokasi. Mereka menyediakan opsi rental motor atau mobil yang akan memudahkan perjalanan Anda ke Air Terjun Kedung Pedut.

Baca Juga:  8 Lokasi Wisata Bedugul Pantang Terlewat

Penting untuk dicatat, akses terakhir menuju lokasi air terjun harus dilalui dengan berjalan kaki. Meskipun medannya tidak terlalu berat, pengunjung yang hamil atau membawa anak kecil harus berhati-hati agar tidak terjadi kecelakaan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Biaya kunjungan ke Kedung Pedut juga tergolong terjangkau. Berikut rincian biaya yang perlu Anda persiapkan:

  1. Tiket Wisatawan Hari Biasa: Rp 10.000,00
  2. Tiket Wisatawan Hari Libur: Rp 20.000,00
  3. Sewa Pelampung: Rp 10.000,00
  4. Sewa Loker: Rp 5.000,00
  5. Parkir Mobil: Rp 10.000,00
  6. Parkir Motor: Rp 2.000,00

Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu, tetapi dapat dijadikan patokan untuk perencanaan biaya liburan Anda. Untuk pengalaman liburan yang lebih nyaman dan ekonomis, Anda bisa mempertimbangkan paket wisata domestik dari biro perjalanan.

Paket ini umumnya mencakup semua kebutuhan akomodasi Anda, memungkinkan Anda untuk bersantai dan menikmati perjalanan, serta membeli oleh-oleh khas Yogyakarta yang unik dan kekinian.

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan
Foto: Google Maps/Rangga dy

Kecantikan alam Kedung Pedut yang memukau, dengan latar belakang yang sempurna untuk setiap foto, menjadikan setiap jepretan tidak hanya sebuah gambar, tapi juga sebuah karya seni. Namun, pesona Kedung Pedut tidak berhenti di fotografi saja. Ada banyak kegiatan seru dan menarik yang menanti, seperti:

1. Berenang di Sungai Air Terjun Kedung Pedut

Air berwarna hijau tosca yang alami dan menakjubkan ini mengundang siapa saja untuk merasakan kesegarannya. Sumbernya yang berasal dari Sungai Mudal menawarkan pengalaman berenang yang tidak terlupakan.

2. Area Air Terjun

Di kawasan air terjun, terdapat kolam yang lebih dangkal, sempurna untuk mereka yang ingin menikmati air tanpa harus berenang.

3. Wahana Adrenalin

Uji nyali Anda dengan flying fox atau sepeda terbang, dua aktivitas yang menjanjikan sensasi adrenalin sekaligus kesempatan untuk mendapatkan foto yang menakjubkan.

Baca Juga:  Cadas Gantung, Menikmati Indahnya Panorama Alam Majalengka dari Ketinggian

4. Camping Ground

Untuk pengalaman yang lebih mendalam, mengapa tidak menginap di Air Terjun Kedung Pedut? Area camping tersedia bagi mereka yang ingin menikmati keindahan alam ini lebih lama. Menghabiskan malam di bawah bintang di sini pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Air Terjun Kedung Pedut memang menawarkan beragam pengalaman yang menarik. Namun, penting untuk diingat, waktu terbaik untuk berkunjung adalah selama musim kemarau.

Jalan menuju air terjun dapat menjadi licin dan berbahaya selama musim hujan, dan hujan bisa mengganggu kegiatan Anda. Jadi, rencanakan kunjungan Anda dengan bijak untuk menikmati semua keindahan dan keseruan yang ditawarkan Air Terjun Kedung Pedut.