Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Museum Gunung Merapi, Memadukan Seni, Sejarah, dan Sains di Kaki Gunung

Avatar photo
28
×

Museum Gunung Merapi, Memadukan Seni, Sejarah, dan Sains di Kaki Gunung

Share this article
Museum Gunung Merapi, Memadukan Seni, Sejarah, dan Sains di Kaki Gunung

Jelajahi keajaiban Museum Gunung Merapi di Sleman, tempat yang memadukan harmoni seni, sejarah, dan sains di kaki Gunung Merapi. Rasakan kekayaan budaya dan ilmu pengetahuan.

Terletak di kaki Gunung Merapi yang legendaris, Museum Gunung Merapi menjadi saksi hidup dari kekuatan dan misteri salah satu gunung berapi paling aktif di dunia.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Museum ini bukan hanya tempat penyimpanan artefak, melainkan jendela untuk memahami kekuatan alam yang mengagumkan, sejarah erupsi, serta hubungan mendalam antara masyarakat setempat dengan gunung berapi yang mereka hormati dan takuti.

Sejarah Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi Sleman menawarkan wawasan mendalam tentang Gunung Merapi, mulai dari cerita rakyat, legenda, hingga catatan sejarah erupsi gunung tersebut dan dampak yang ditimbulkannya. Keberadaan museum ini penting, mengingat posisi Indonesia yang berada di jalur “Ring of Fire”, zona vulkanik.

Berdiri megah di atas tanah seluas 3,5 Ha dengan luas bangunan mencapai 4.470 meter persegi, ide pembangunan museum ini berasal dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Departemen ESDM. Inisiatif ini kemudian mendapatkan dukungan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah DIY, serta Pemerintah Kabupaten Sleman.

Arsitektur museum dirancang dengan filosofi budaya lokal Yogyakarta. Bentuk kerucut bangunannya terinspirasi dari gunung api, mencerminkan simbolisme dan kearifan tradisional daerah setempat.

Resmi dibuka untuk umum pada 1 Oktober 2009 oleh Menteri ESDM saat itu, Bapak Purnomo Yusgiantoro, museum ini didirikan dengan visi untuk mengedukasi masyarakat tentang ilmu vulkanologi sekaligus sebagai destinasi pariwisata yang menarik.

Daya Tarik Museum Gunung Merapi

Daya Tarik Museum Gunung Merapi
Foto: Google Maps/Arief Said

Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa mengunjungi museum adalah kegiatan yang membosankan. Namun, Museum Gunung Merapi di Sleman memberikan pengalaman yang berbeda dengan atmosfer alam yang menyegarkan serta pameran yang menarik dan interaktif. Berikut ini beberapa daya tarik yang bisa kamu temui di sana:

Baca Juga:  Gua Maria Lawangsih, Wisata Religi Bernuansa Alam di Kulon Progo

1. Interaksi Langsung dengan “Gunung Merapi”

Sejak memasuki museum, kamu akan disuguhkan maket Gunung Merapi berskala besar yang dapat “meletus”, dilengkapi dengan asap dan suara gemuruh.

Ada juga tombol-tombol yang menampilkan tahun-tahun letusan, memberikan visualisasi erupsi Gunung Merapi di tahun-tahun tertentu. Tak hanya itu, informasi mengenai tipe-tipe letusan gunung api juga tersaji dengan menarik, membuat anak-anak pun antusias belajar.

2. Koleksi Menarik dan Bersejarah

Museum ini menyimpan berbagai koleksi menarik, termasuk artefak-artefak yang tersisa dari letusan Gunung Merapi tahun 2006, seperti sepeda motor yang terkena dampak semburan material gunung. Beberapa koleksi lain yang bisa ditemukan meliputi:

  • Batuan dari Gunung Merapi yang berasal dari tahun 1930-an.
  • Galeri foto Gunung Merapi dari berbagai era.
  • Peralatan pemantauan aktivitas Gunung Merapi, termasuk teleskop dan seismograf.
  • Batu-batu vulkanik.
  • Simulasi letusan, tsunami, dan gempa.
  • Museum ini memiliki dua lantai yang sistematis, memandu pengunjung untuk mengeksplorasi setiap sudut ruangan.

3. Penayangan Film “Mahaguru Merapi”

Setelah menjelajahi berbagai koleksi, pengunjung bisa menyaksikan film pendek berjudul “Mahaguru Merapi”. Film ini menyoroti peran penting Gunung Merapi bagi komunitas sekitarnya, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun saat erupsi yang menghancurkan.

Meskipun durasinya hanya 24 menit, film ini memberikan perspektif mendalam tentang Gunung Merapi. Ada biaya tambahan untuk menikmati film ini, dengan tarif berbeda untuk wisatawan lokal dan internasional.

Berkunjung ke Museum Gunung Merapi Sleman bukan hanya memberikan edukasi, tapi juga pengalaman yang tak terlupakan.

Alamat dan Rute Menuju Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi berada di Desa Banteng, Kecamatan Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jika kamu berangkat dari pusat Kota Yogyakarta, lokasi museum ini berjarak sekitar 22 Km dan ditempuh dalam waktu kira-kira 45 menit dengan kendaraan.

Baca Juga:  15 Tempat Wisata di Wonosari Gunung Kidul yang Paling Hits

Untuk mencapai museum ini, berikut rute yang bisa kamu ikuti:

  1. Mulai perjalanan dari pusat Kota Jogja dan arahkan kendaraanmu ke Jalan Kaliurang.
  2. Sebelum mencapai gerbang utama area Ngipiksari atau Banteng, ambillah belokan ke kiri menuju Panti Asih.
  3. Dari Panti Asih, kamu hanya perlu mengikuti penanda jalan yang mengarah ke Museum Gunung Merapi. Jika kamu merasa kesulitan, jangan ragu untuk bertanya pada penduduk setempat.
  4. Sebagai alternatif, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi navigasi atau peta digital untuk memandu perjalananmu menuju museum ini.

Harga Tiket Masuk Museum Gunung Merapi

Salah satu destinasi wisata indah dan edukatif di Yogyakarta yang wajib dikunjungi adalah Museum Gunung Merapi di Sleman. Untuk memasuki area museum, pengunjung dikenakan tarif sebagai berikut:

  • Wisatawan domestik: Rp. 5.000,- per orang.
  • Wisatawan asing: Rp. 10.000,- per orang.

Di dalam museum, terdapat Ruang Audio Visual atau yang dikenal dengan Bioskop mini. Jika ingin menonton film pendek yang mengisahkan tentang sejarah dan letusan Gunung Merapi, ada biaya tambahan sebesar Rp. 5.000,- untuk setiap tayangan.

Museum ini cocok dikunjungi bersama keluarga, karena selain mendidik, banyak spot menarik yang bisa dijadikan tempat berfoto. Namun, perlu diingat bahwa tarif tiket masuk dan tayangan film bisa berubah sesuai kebijakan museum. Maka dari itu, sebaiknya Anda selalu mengonfirmasi informasi terkini sebelum mengatur rencana kunjungan Anda.

Aktivitas Seru di Museum Gunung Merapi

Aktivitas Seru di Museum Gunung Merapi
Foto: Google Maps/Anak Kemarin Sore

Museum Gunung Merapi menawarkan lebih dari sekadar tampilan koleksi kegunungapian. Ini beberapa kegiatan menarik yang bisa kamu coba saat berkunjung:

1. Eksplorasi Informasi Kegunungapian

Museum ini adalah sumber informasi lengkap mengenai gunung berapi, termasuk dinamika geologinya, proses pembentukannya, serta dampaknya terhadap lingkungan. Pengunjung juga bisa memahami bagaimana gunung berapi mempengaruhi budaya dan kehidupan sosial di sekitarnya.

Baca Juga:  Air Terjun Kedung Pedut, Air Terjun Tersembunyi di Kulon Progo yang Memepsona

2. Nikmati Film di Home Theater

Di lantai dua museum terdapat ruang home theater yang dapat menampung hingga 100 orang. Di sini, kamu bisa menonton film dokumenter yang berkaitan dengan erupsi Gunung Merapi.

3. Gunakan Ruang Auditorium

Untuk mereka yang ingin mengadakan acara pribadi seperti seminar atau diskusi, ruang auditorium di lantai satu siap disewakan. Hubungi pihak museum untuk informasi lebih lanjut.

4. Hiburan di Open Theater

Di bagian belakang museum, terdapat open theater, tempat yang sempurna untuk menikmati pertunjukan seni sambil memandang pemandangan Gunung Merapi. Tempat ini sering digunakan untuk acara-acara, khususnya saat cuaca bagus.

5. Belanja di Kios Suvenir

Sebelum pulang, mampirlah ke kios suvenir di lantai satu untuk membeli oleh-oleh. Dari gantungan kunci, miniatur museum, hingga kaos, semuanya bisa kamu temukan di sini sebagai kenang-kenangan dari kunjunganmu.

Pastikan kamu menyempatkan diri untuk menikmati semua kegiatan ini saat mengunjungi Museum Gunung Merapi Sleman!

Melangkah keluar dari Museum Gunung Merapi, pengunjung dibawa pada refleksi mendalam mengenai kekuatan alam dan ketangguhan manusia dalam menghadapinya.

Museum ini mengajarkan kita tentang siklus kehidupan, keterkaitan antara manusia dan alam, serta pentingnya menghargai dan memahami alam sekitar kita.

Sebuah kunjungan yang mengedukasi sekaligus menginspirasi, mengingatkan kita bahwa kita adalah bagian kecil dari dunia yang lebih luas dan misterius.