Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

The Lost World Castle, Destinasi Wisata Hits di Jogja Mirip Benteng Takeshi

Avatar photo
34
×

The Lost World Castle, Destinasi Wisata Hits di Jogja Mirip Benteng Takeshi

Share this article
The Lost World Castle, Destinasi Wisata Hits di Jogja Mirip Benteng Takeshi

Temukan pesona megah The Lost World Castle di Sleman, destinasi wisata yang sedang hits di Jogja dengan nuansa mirip Benteng Takeshi.

Ditelah-telah kawasan Yogyakarta, sebuah kota yang kaya akan budaya dan sejarah, tersembunyi sebuah permata tak terduga yang bernama The Lost World Castle Jogja.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Bukan sekadar bangunan, tetapi sebuah mahakarya seni yang menceritakan perpaduan antara dunia fantasi dan kenyataan. Terletak di lereng gunung, kastil ini memukau dengan pemandangan yang tiada tara dan arsitektur yang megah.

Sejarah Singkat Wisata The Lost World Castle

Wisata hits ini hadir sebagai respons atas bencana letusan Gunung Merapi di tahun 2010 yang merusak Desa Kepuharjo. Para penduduk yang memilih untuk tetap di desa tersebut memutuskan untuk mendirikan sebuah desa wisata sebagai titik bangkitnya.

Pada tahun 2016, desa wisata tersebut mengembangkan salah satu destinasi yang kini kita kenal sebagai The Lost World Castle. Dengan dukungan dari pengusaha setempat, konsep tempat wisata ini dirancang mirip dengan benteng takeshi, memberikan sensasi unik bagi pengunjung.

Dengan lahan seluas 1.3 hektar, pengunjung dapat menjelajahi berbagai wahana dengan tema-tema berbeda yang tersedia. Tempat ini menjadi destinasi favorit bagi keluarga, menawarkan udara sejuk Sleman dan beragam spot fotogenik untuk diabadikan.

Namun, perlu dicatat bahwa pada 2017 dan 2020, destinasi ini sempat tutup sementara karena beberapa alasan. Namun saat ini, wisata popular ini sudah dibuka kembali dan menjadi semakin populer, terutama saat liburan.

Spot Wisata di The Lost World Castle

Spot Wisata di The Lost World Castle
Foto: Google Maps/Ninaaa

Berikut merupakan beberapa destinasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di The Lost World Castle Kaliurang:

1. Gledekan

Suatu wahana yang mengingatkan kita pada masa lalu dengan permainannya yang mirip sepeda beroda kecil. Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi yang memukau saat meluncur dengan Gledekan. Biaya tambahan untuk menikmati wahana ini dimulai dari Rp10.000.

Baca Juga:  Pulau Kelapa, Wisata Bahari Eksotis dengan Sejuta Pesona di Jakarta

2. Replika Tembok China

Jika Anda seorang penyuka fotografi, Anda pasti akan menyukai replika Tembok China ini. Meskipun tak sepanjang aslinya, Anda dapat berjalan-jalan di sekitar benteng dengan latar belakang Gunung Merapi.

3. Replika Landmark Dunia

Di sini, Anda bisa berpose di depan berbagai landmark terkenal dunia tanpa harus berpergian ke negara aslinya! Ada replika pohon sakura yang lebih menarik dengan kimono atau hanbok yang bisa disewa. Juga tersedia replika The Colosseum dan Jembatan Tangan Tuhan, serta kampung khas suku Indian.

4. Spot Foto 3D

Area ini menawarkan serangkaian lukisan 3D yang akan memberikan efek realistis pada foto Anda. Bayangkan berdiri di atas lukisan jembatan dengan latar belakang air terjun, atau berpose di dekat sayap raksasa. Salah satu spot menarik lainnya adalah Paradise Gate, tangga yang terlihat tak berujung.

5. Kapal Black Pearl

Replika kapal bajak laut ini dapat dilihat dari jauh dan menawarkan kesempatan untuk berfoto dengan latar belakang kapal dari sudut Korea dan Jepang. Anda juga dapat menjelajahi interior kapal tanpa biaya tambahan karena sudah termasuk dalam tiket masuk.

Dengan begitu banyak spot menarik yang ditawarkan, The Lost World Castle di Sleman ini pasti akan memberikan Anda pengalaman yang tak terlupakan!

Alamat dan Rute Lokasi The Lost World Castle

The Lost World Castle berada di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan hanya berjarak kira-kira 29 km dari pusat Kota Jogja.

Meskipun tempatnya agak tersembunyi, dengan memperhatikan tanda-tanda arah dengan baik, Anda tidak akan kesulitan untuk mencapainya. Lokasi ini terletak tidak terlalu jauh dari Lava Tour Merapi atau Merapi Golf, yang bisa menjadi patokan saat Anda menuju ke sana.

Baca Juga:  Museum Gunung Merapi, Memadukan Seni, Sejarah, dan Sains di Kaki Gunung

Untuk mencapai lokasi dari pusat Kota Jogja, Anda bisa mengambil rute Jalan Kaliurang menuju arah Kaliadem. Kemudian, lanjutkan perjalanan Anda melalui Jalan Bebeng dan teruskan hingga Dusun Petung. Setelah melewati Merapi Kopi, belok ke arah timur dan teruskan perjalanan hingga Anda tiba di wista menarik ini.

Jika Anda datang dari kota lain, Anda bisa memulai perjalanan dari pusat kota Jogja. Dan, jika Anda tidak membawa kendaraan, pertimbangkan untuk menyewa satu untuk memudahkan perjalanan Anda ke lokasi.

Harga Tiket dan Jam Operasional The Lost World Castle

Tarif masuk ke The Lost World Castle Sleman seringkali menjadi topik pembicaraan, dan banyak orang yang awalnya berpikir biayanya mungkin mahal. Namun, tarifnya cukup terjangkau. Berikut detail biayanya:

  • Tiket Masuk: Rp 25.000
  • Menyewa Gledekan: Rp 10.000
  • Menyewa Kostum: Rp 25.000
  • Cinema 9D: Rp 25.000
  • Sesi Foto Pre-wedding: Rp 250.000
  • Parkir Sepeda Motor: Rp 2.000
  • Parkir Mobil: Rp 5.000

Destinasi ini melayani pengunjung setiap hari, dari Senin hingga Minggu, dari jam 06.00 sampai 18.00 WIB. Dengan durasi operasional yang panjang, Anda memiliki kesempatan untuk menikmati tempat ini tanpa harus terburu-buru.

Aktivitas Seru di The Lost World Castle

Aktivitas Seru di The Lost World Castle
Foto: Google Maps/Yayuk Rahayu

Ketika Anda menginjakkan kaki di The Lost World Castle Sleman, sejumla aktivitas menarik siap menyambut Anda. Berikut ulasan ringkas mengenai kegiatan yang patut Anda cicipi:

1. Eksplorasi Lanskap Menakjubkan

The Lost World Castle di Sleman ini menjanjikan pandangan alam yang tiada banding. Pepohonan hijau yang sejuk mata memandang dan siluet Gunung Merapi menjadi latar belakang sempurna.

Anda juga dapat menikmati keindahan kastil dari ketinggian, mengamati kolam, kapal, serta area permainan. Beberapa gazebo tersedia untuk Anda bersantai sambil menyerap keindahan sekitar.

Baca Juga:  15 Tempat Wisata Malam di Jogja yang Paling Hits

2. Berkreasi dengan Foto

Dengan berbagai sudut foto yang menawan, Anda bisa mengabadikan momen berharga Anda di sini. Mulai dari miniatur kapal Black Pearl, Heaven Gates yang megah, hingga area seni 3D yang memukau, Anda akan memiliki banyak opsi untuk foto kenangan. Jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto dengan kostum tematik yang memperkaya pengalaman Anda.

3. Menikmati Berbagai Wahana

The Lost World Castle menawarkan beragam wahana yang siap memacu adrenalin Anda. Gledekan, permainan seluncuran tradisional, siap mengajak Anda menikmati sensasi meluncur dengan kecepatan.

Bagi yang ingin merasakan atmosfer ala Wild West, ada area khusus yang menampilkan rumah-rumah khas suku Indian dengan dekorasi dinosaurus. Dan bagi Anda yang suka petualangan, Jeep Tour Merapi menanti untuk memberi Anda pengalaman offroad yang tak terlupakan.

Dengan begitu banyak aktivitas yang ditawarkan, kunjungan Anda ke sini pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

The Lost World Castle Sleman bukan hanya sekadar destinasi wisata, melainkan sebuah pengalaman. Setelah menjelajahi setiap sudut kastil, berjalan di jalanannya yang membelit, dan tenggelam dalam keindahan seni dan alamnya, pengunjung akan membawa pulang kenangan dan cerita yang akan diceritakan berulang kali.

Kastil ini, dengan segala keajaibannya, adalah lambang dari mimpi yang diwujudkan dan bukti bahwa Yogyakarta selalu memiliki kejutan yang menanti untuk ditemukan.