Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Pantai Sadranan, Permata Tersembunyi di Tepian Gunung Kidul

Avatar photo
116
×

Pantai Sadranan, Permata Tersembunyi di Tepian Gunung Kidul

Share this article
Pantai Sadranan Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sidoarjo, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Terletak di kawasan eksotik Gunung Kidul, Yogyakarta, Pantai Sadranan menawarkan panorama yang menawan hati. Pasir putih halus yang membentang luas, ditemani ombak biru jernih yang bergulung-gulung, menjadikannya sebuah permata tropis yang meneduhkan.

Disinilah, di mana langit dan laut berpelukan, kita dapat menemukan kedamaian dan keindahan yang sempurna, sembari menikmati semilir angin dan irama deburan ombak.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Daya Tarik Pantai Sadranan

Daya Tarik Pantai Sadranan
Foto: Google Maps/Riri

Siapa bilang Yogyakarta hanya punya Candi dan Keraton? Di Gunung Kidul, tersimpan pantai berpasir putih mempesona yang bernama Sadranan Beach. Pantai ini bagaikan lukisan alam dengan latar batu karang eksotis yang siap memanjakan mata Anda.

Namanya terinspirasi dari kata ‘Nyadran’, sebuah ritual tradisional Jawa yang merupakan ungkapan syukur kepada Tuhan. Mengapa? Karena para penduduk lokal, yang mayoritas adalah nelayan, merayakannya untuk bersyukur atas keberkahan hasil tangkapan laut.

Namun, lebih dari sekadar cerita, Sadranan adalah persembahan alam dengan biota laut yang kaya dan ombak yang damai, berkat formasi batu karang raksasa yang menjadi tameng melindungi dari ombak besar.

Pantainya, yang berpasir putih, bermain-main dengan kilauan matahari, memberikan sentuhan magis yang pasti akan membuat Anda jatuh cinta. Dan tak hanya sekadar bersantai, banyak aktivitas seru yang menanti Anda di sini. Jadi, siapkan diri Anda untuk petualangan pantai yang tak terlupakan di Sadranan Beach!

Alamat dan Rute ke Pantai Sadranan

Alamat Pantai Sadranan
Foto: Twitter/Coklat Keju

Di Dusun Pulegundes, Desa Sidoarjo, Tepus, Gunungkidul dengan kode pos 55881, bersembunyi sebuah pantai yang telah meraih penghargaan nasional sebagai wisata unik, yaitu Pantai Wediombo. Dari Pantai Wediombo, hanya butuh 23 kilometer atau 43 menit perjalanan untuk menemukannya.

Baca Juga:  Candi Sambisari, Mengintip Pesona Candi Hindu yang Megah di Sleman

Dari jantung kota Yogyakarta, dengan kendaraan roda dua dan kondisi lalu lintas yang mengizinkan, Anda hanya memerlukan dua jam untuk menyapa keindahan pantai ini. Bagi Anda yang berangkat dari Jogja, ada dua pilihan rute yang bisa diambil: melalui Kota Wonosari atau jalur Imogiri – Panggang.

Jika Anda memilih rute Wonosari, jelajahi ke arah selatan menuju Pantai Baron. Setibanya di pos retribusi, Anda akan menemui pertigaan. Tidak usah bingung, ambil saja jalur lurus menuju Pantai Krakal. Karena, Pantai Wediombo, permata tersembunyi ini, berlokasi di sebelah timur. Selamat berpetualang!

Harga Tiket Masuk Pantai Sadranan

Mau mengakses salah satu permata pantai di Gunungkidul dengan harga miring? Hanya dengan Rp. 10.000, Anda bisa merasakan semilir angin dan deburan ombak Pantai Sadranan. Namun, ingatlah bahwa harga tiket ini berlaku saat hari biasa. Di hari libur atau akhir pekan, siap-siap kantong Anda sedikit lebih kembung.

Tapi, jangan ragu! Pasalnya, tiket tersebut bukan sekadar tiket masuk Sadranan. Anda juga mendapatkan akses ke sejumlah pantai cantik lainnya di pesisir selatan Gunungkidul. Itu artinya, Anda mendapat ‘paket hemat’ eksplorasi pantai dengan satu tiket!

Tentu saja, biaya parkir kendaraan Anda tak termasuk dalam tiket tersebut. Siapkan Rp. 4.000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi menyusuri pantai dengan jetski, Anda bisa menyewanya dengan tarif sekitar Rp. 250.000. Kesan tak terlupakan, dengan harga yang sepadan!

Aktivitas Seru di Pantai Sadranan

Aktivitas Pantai Sadranan
Foto: Twitter/Jogja / Yogyakarta

Bayangkan berdiri di tepian pantai dengan biru laut yang menghampar luas di depan mata. Pantai Sadranan bukan hanya soal pasir putih dan deburan ombak. Ada ‘petualangan’ yang menanti!

Baca Juga:  Wisata Sejarah Jakarta, Rekresi Sambil Bernostalgia

1. Snorkeling

Dekap birunya lautan menanti! Terumbu karang yang mempesona, sekumpulan ikan kecil berwarna-warni, semuanya siap memanjakan mata Anda. Ini bukan hanya tentang snorkeling, tapi memasuki dunia bawah laut lain yang menakjubkan.

Anda hanya perlu menggelontorkan 50 ribu rupiah untuk memakai peralatan snorkeling berstandar internasional selama 1 jam. Plus, seorang guide profesional akan menemani petualangan Anda, bahkan siap mengabadikan momen Anda di bawah laut! Kurang satu jam? Tambah saja waktu Anda. Sensasi tak ternilai dengan waktu.

2. Spot Sunrise dan Sunset

Matahari terbit atau tenggelam? Keduanya sama-sama memesona di Pantai Sadranan. Jika Anda seorang pecinta fotografi atau hanya ingin mengisi galeri ponsel dengan foto-foto keren, saat matahari mulai bersinar atau bersembunyi adalah waktu yang tepat.

Saat golden hour ini, keajaiban terjadi. Abadikan, bagikan, dan biarkan teman-teman Anda iri dengan keindahan yang Anda temui.

3. Mendayung Perahu Kano

Tak hanya bawah laut yang menakjubkan, permukaan airnya pun siap memberi petualangan berkesan. Dengan Rp 50.000, ciptakan kenangan mendayung kano di tengah gemercik ombak dengan pemandangan bukit karang yang memanjakan mata.

Siapa bilang sensasi seru mendayung hanya bisa dirasakan di Bali atau Lombok? Sadranan siap menantang adrenalinmu!

4. Camping Ground

Bayangkan bersantai di bawah bintang, tertawa dengan keluarga atau sahabat, dan menikmati kehangatan api unggun. Di Pantai Sadranan, mimpi itu bisa jadi kenyataan! Siapkan tenda dan suasana romantis alami akan melengkapi malammu.

Jangan khawatir jika kamu tak membawa tenda; dengan Rp 50.000, sebuah dome nyaman untuk empat orang siap menemanimu. Ingat, hargai alam dengan tidak meninggalkan jejak sampah. Nikmati, tapi juga jaga!

Bukankan indah, momen berbincang ceria bersama kerabat dengan suguhan panorama pantai yang elok. Ditambah dengan kegiatan api unggun di malam harinya. Saya jamin, camping di pantai ini akan menjadi momen yang sangat berkesan sepanjang hidup kalian.

Baca Juga:  Candi Prambanan: Megahnya Karya Seni Spiritual yang Membawa Kita ke Dunia Mistis

Pantai Sadranan bukan hanya sekadar pantai. Ini adalah surga kecil yang menawarkan pelarian dari hiruk pikuk keseharian. Dengan segala pesona dan kealamian yang dimilikinya, Pantai Sadranan mengajak setiap pengunjung untuk melupakan waktu, tenggelam dalam keindahan, dan merefleksikan kebesaran alam. Sebuah tempat di mana kenangan tercipta dan jiwa kembali direfresh oleh kekuatan alam.