Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Pantai Nglambor, Pantai Tersembunyi di Gunung Kidul dengan Taman Laut Mengagumkan

Avatar photo
83
×

Pantai Nglambor, Pantai Tersembunyi di Gunung Kidul dengan Taman Laut Mengagumkan

Share this article
Pantai Nglambor Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Terselip di antara tebing-tebing karst Gunung Kidul, Pantai Nglambor adalah sebuah permata yang menawarkan lebih dari sekadar keindahan pantai. Pasir putihnya yang lembut dipadukan dengan lautan berwarna biru kehijauan, namun sebenarnya keajaiban sejati berada di bawah permukaannya.

Sebagai salah satu spot snorkeling terbaik di Yogyakarta, Pantai Nglambor menyuguhkan dunia bawah laut yang kaya dengan kehidupan, dari karang-karang warna-warni hingga sekumpulan ikan tropis yang berenang lincah.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Daya Tarik Pantai Nglambor

Daya Tarik Pantai Nglambor
Foto: Twitter/Eunchae.

Dekap Pantai ini sungguh mempesona, sebuah harmoni sempurna antara pasir lembut dan panorama eksotik yang selalu berhasil memikat hati setiap pelancong yang menginjakkan kaki di sini.

Sungguh tak mengherankan jika waktu seakan berhenti, membuat siapa pun enggan untuk segera meninggalkannya.

Tak cukup dengan pesona pantainya, bawah laut Nglambor menyimpan kejutan ajaib. Koloni ikan berwarna-warni berenang di antara karang-karang nan cantik dalam air jernih kebiruan. Setiap derap langkahmu di dasar laut seolah mengajakmu berdansa dalam harmoni alam.

Ingin merasakan magisnya dunia bawah laut Nglambor? Bersnorkeling adalah jawabannya! Lewat bantuan peralatan dari pengelola, kau akan diajak berpetualang menelusuri keindahan laut yang tak terlukiskan. Percayalah, pengalaman ini bakal jadi kenangan tak terlupakan!

Sejuknya udara, dengan hembusan angin lembut yang menenangkan, membuat momen bersantai di Nglambor semakin sempurna. Ajak kerabat, teman, atau siapapun yang ingin bersama-sama tenggelam dalam kenikmatan alam ini. Pantai Nglambor, sebuah surga di Gunung Kidul yang menjanjikan petualangan dan kedamaian sekaligus. Siap untuk berkunjung?

Alamat dan Rute ke Pantai Nglambor

Alamat dan Rute ke Pantai Nglambor
Foto: Twitter/Pesona Indonesia

Merajai Dusun Ngandong, Desa Purwodadi di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta, Pantai Nglambor memamerkan pesona yang tak tertandingi. Tersembunyi di balik peradaban, namun aksesnya? Jangan khawatir, sungguh mudah!

Baca Juga:  Air Terjun Kembang Soka, Surga Alam Tersembunyi di Kulon Progo yang Lagi Hits

Ternyata, Nglambor memiliki saudara kandung yang tak kalah menawan, yakni Pantai Siung dan Jogan. Sementara kamu berada di sana, kenapa tidak meluangkan waktu untuk menjelajahi ketiganya? Hanya sepelemparan batu saja lho!

Dari keramaian Malioboro, bersiaplah untuk petualangan 2-3 jam melintasi jarak sekitar 70 KM menuju surga ini.

  • Dari Solo: Mulailah dari Sukoharjo, jelajahi Wonogiri, teruskan ke Wuryantoro, dan sambung petualanganmu ke Eramoko, Pracimantoro, Rongkop, hingga Girisibu. Terakhir, temukan pintu gerbang Nglambor di Desa Purwodadi.
  • Dari Jogja: Ambil Jalan Wonosari, melewati Bukit Patuk, dan teruskan ke Bundaran Siyono hingga Kota Wonosari. Setelah itu, ikuti jejak Pantai Siung. Dan voila, 2 km dari TPR Pantai Siung, belok kanan dan ikuti papan tanda yang memandumu langsung ke lokasi pantai. Jadi, siap untuk petualangan berikutnya di Pantai Nglambor?

Jam Operasional dan Harga Tiket Pantai Nglambor

Siapa yang tak tergoda dengan pantai yang eksotis yang buka 24 jam, Senin hingga Minggu, termasuk hari libur? Meski waktu bermainnya tanpa batas, namun kebanyakan traveler memilih pulang ketika senja mulai menyapa.

Datanglah saat matahari baru terbit antara pukul 06.00 hingga 10.00 WIB. Jika Anda lebih suka suasana sore hari, jam 16.00 WIB bisa menjadi pilihan tepat! Saat itulah air laut berada di titik yang ideal untuk snorkeling.

Kabar baiknya, Anda tidak harus menguras kantong untuk merasakan pesona pantai ini. Ini dia rincian biayanya:

  • Tiket masuk hanya Rp 10.000,- per orang.
  • Parkir motor? Cukup Rp 3.000,-! Sedangkan mobil dan bus dikenakan tarif Rp 5.000,- dan Rp 20.000,-.
  • Jika ingin berkeliling pantai dengan ojek, tarifnya mulai dari Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,-.
  • Bagi Anda yang ingin snorkeling, siapkan budget mulai dari Rp 50.000,- hingga Rp 75.000,-.
Baca Juga:  5 Air Terjun di Jepara Yang Wajib Anda Kunjungi

Satu hal yang perlu diingat, tarif di atas mungkin berubah tanpa pemberitahuan. Namun, tak perlu khawatir! Meski ada kenaikan, tarifnya tetap ramah di kantong. Jadi, siapkan diri untuk liburan seru tanpa beban di Pantai Impian!

Aktivitas Seru di Pantai Nglambor

Aktivitas Seru di Pantai Nglambor
Foto: Google Maps/Tri Dewi Rosida

Tak cukup dengan kata ‘indah’ untuk menggambarkan Pantai Nglambor. Di balik deburan ombaknya, tersembunyi sejuta pesona yang siap memanjakan mata dan jiwa Anda. Baik bersama keluarga maupun teman, pantai ini menjanjikan petualangan yang tak akan pernah Anda lupakan!

Dekap biru samudra disana bukan hanya sekedar pemandangan. Lebih dari itu, pantai ini menawarkan serangkaian kegiatan seru yang bisa Anda lakukan, baik bersama teman maupun keluarga!

1. Menyusuri Pantai Nglambor

Sesudah menantang adrenalin dengan snorkeling dan trekking, legakan kaki dengan berjalan-jalan di garis pantai. Rasakan butiran pasir di telapak kaki, sementara ombak seolah berbisik menyapa. Jika Anda ingin variasi, sejumlah pantai indah lainnya juga menanti di sekitarnya!

2. Menikmati Sunset

Sesuatu yang magis selalu terjadi saat matahari mulai tenggelam. Pantai Nglambor memberikan bonus senja berlapis keemasan yang memadu sempurna dengan sentuhan jingga. Siapkan kamera, karena momen ini wajib Anda abadikan!

3. Wahana Snorkeling

Dive in ke dunia bawah laut, dan temui sekumpulan ikan berwarna-warni serta kerang yang memukau. Walaupun ombak terkadang memperlihatkan kegagahannya, area snorkeling yang dijaga oleh dua batu besar mirip kura-kura raksasa ini tetap aman. Jangan lupa, tetap jaga kelestarian dengan tidak menginjak terumbu karang ya!

Khusus buat Anda, Pantai Nglambor menyediakan dua tempat penyewaan alat snorkeling. Dan tentu, kamera bawah air jadi peralatan wajib untuk mengabadikan setiap detik keseruan di bawah ombak! Yuk, datang dan temukan pesona yang hanya bisa Anda rasakan di kawasan pantai!

Baca Juga:  Pantai Parangkusumo, Pesona Pasir Hitam dan Mistis Legenda di Bantul Jogja

4. Foto di Bawah Air

Sudahkah Anda melihat tren foto bawah air yang kini merajai sosial media? Saatnya Anda menjadi bagian dari tren itu! Di Pantai Gunungkidul, Anda bisa menyelam dan mengabadikan momen terbaik di bawah permukaan biru.

Ingatlah untuk mempersiapkan pelindung kamera berkualitas atau gunakan kamera khusus underwater agar perangkat Anda aman dan tetap dapat menangkap setiap detail keindahan laut.

5. Jalur Trekking

Dibalik gemerlap pantainya, Pantai Nglambor juga menyuguhkan tebing dan perbukitan yang memanggil jiwa petualangan Anda. Anda siap menjajal adrenalin dengan trekking? Saat berada di puncak, mata Anda akan dimanjakan dengan keindahan cakrawala yang memadukan gradasi biru laut, siluet batu karang raksasa, serta rentang horizon yang tiada akhir.

Jangan lupa melihat pantai-pantai eksotis lain yang berada di sekitar Pantai ini. Panorama dari ketinggian ini pasti akan membuat Anda terpana!

Sebagai penutup petualangan di Pantai Nglambor, kita diingatkan bahwa keindahan alam tidak selalu tampak di permukaan. Terkadang, kita perlu menengok lebih dalam, menyelam lebih dalam, untuk menyaksikan keajaiban sesungguhnya.

Pantai Nglambor, dengan segala pesona bawah lautnya, memberikan kita pelajaran tentang kekaguman dan kebesaran alam, mengajak kita untuk selalu menjaga dan menghargai setiap aspek keindahannya. Sebuah pengalaman yang tak terlupakan, di mana lautan dan hati kita berkolaborasi dalam harmoni sempurna.