Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Pantai Watu Kodok, Di Antara Batu Raksasa & Pesona Laut Selatan Gunung Kidul

Avatar photo
66
×

Pantai Watu Kodok, Di Antara Batu Raksasa & Pesona Laut Selatan Gunung Kidul

Share this article
Pantai Watu Kodok, Di Antara Batu Raksasa & Pesona Laut Selatan Gunung Kidul

Menyaksikan keindahan bahari yang memukau di Pantai Watu Kodok Gunung Kidul, yang terhampar di antara batu-batu raksasa megah, sementara ombak Laut Selatan mempesona

Di tepi selatan Pulau Jawa, tersembunyi sebuah permata bernama Pantai Watu Kodok. Bukan hanya pasir putih yang membelai kaki atau deburan ombak yang merdu, namun batu-batu besar yang berdiri gagah di tepian pantai memberikan karakter khas yang membedakannya dari pantai-pantai lain.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Di saat matahari mulai tenggelam, siluet batu-batu tersebut seolah bertransformasi menjadi kodok-kodok raksasa yang menjaga kesucian pantai, memberikan keunikan tersendiri bagi pengunjung.

Sejarah Pantai Watu Kodok

Nama Pantai Watu Kodok berasal dari gabungan dua kata dalam bahasa Jawa: “Watu” yang berarti “batu” dan “kodok” yang berarti “katak”. Sejarahnya, di sisi barat pantai terdapat sebuah goa yang menyimpan sebuah patung batu yang memiliki kemiripan dengan kodok.

Goa ini hanya bisa diakses saat air laut surut. Patung tersebut dihormati dan dikeramatkan oleh penduduk setempat, dan setiap tahunnya, pada bulan Suro, mereka mengadakan upacara adat di pantai ini.

Versi lain dari cerita asal-usul nama pantai menyatakan bahwa kata “Watu Kodok” berasal dari “watu ndodok” yang artinya “batu jongkok”. Hal ini dikarenakan, selama Perang Dunia II pada tahun 1949, lokasi ini menjadi tempat persinggahan tentara Belanda dan juga tempat perlindungan bagi penduduk Gunung Kidul.

Namun, ada juga yang percaya bahwa nama tersebut diambil dari bentuk batu karang di pantai yang menyerupai kodok. Meskipun asal-usul nama tersebut masih diperdebatkan, yang pasti pantai ini memiliki keelokan yang tak terbantahkan.

Dalam hal pengelolaan, pantai cantik ini dikelola oleh komunitas setempat, bukan oleh pemerintah atau investor swasta. Heru Sumarna, sebagai ketua paguyuban pengelola pantai, bersama masyarakat desa bekerja sama untuk mempromosikan Pantai Watu Kodok di Gunung Kidul ini sebagai destinasi wisata menarik di Jogja.

Baca Juga:  Taman Bunga Amarilis, Symphony Warna dan Aroma di Tengah Alam Gunung Kidul

Daya Tarik Pantai Watu Kodok

Daya Tarik Pantai Watu Kodok
Foto: Twitter/Mengenalindonesia

1. Jejak Fotografi

Bagi entusiasta fotografi, Pantai Watu Kodok di Gunung Kidul menjadi latar yang sempurna. Kelesaan area pantai memungkinkan pengunjung untuk mengeksplorasi dan mengabadikan momen tanpa terganggu.

Selain panorama alam yang luar biasa, pantai ini juga menawarkan spot foto kreatif, seperti spot berbentuk hati dan replika kapal di tebing yang siap menghadirkan foto ikonik ala Titanic. Ideal untuk kamu yang suka berbagi momen indah di media sosial.

2. Pengalaman Berkemah

Jika kamu adalah tipe petualang yang menyukai camping, Pantai Watu Kodok Gunung Kidul adalah pilihan yang tepat. Dengan fasilitas dasar seperti toilet, pantai ini memastikan kenyamananmu selama bermalam di sini. Ingatlah untuk membawa peralatan campingmu sendiri dan mendapatkan izin saat membeli tiket.

3. Keindahan Batu Karang

Pantai ini dikenal dengan karakteristik bongkahan batu karangnya. Beberapa di antaranya memiliki bentuk yang mirip dengan kodok, sesuai dengan nama pantai.

Deretan batu karang ini, ditambah dengan pasir putih yang memanjakan mata, menjadi daya tarik utama pantai ini. Ini bukan hanya menjadi daya tarik visual, tetapi juga menambah rasa ingin tahu para pengunjung untuk mendekat dan mengeksplorasi lebih lanjut.

4. Panorama Memukau

Wisata pantai eksotis ini menawarkan pandangan alam yang masih perawan dan alami, dengan deburan ombak yang berpadu dengan hembusan angin. Suasananya memang mirip dengan meditasi alam yang mampu meredakan stres. Dengan hamparan batu karang dan pasir putih yang berkilau, liburan di sini pasti akan membawa kedamaian pikiran dan jiwa.

5. Tempat Beristirahat: Gazebo

Meskipun pantai ini hanya memiliki panjang sekitar 600 meter, keelokannya tak perlu diragukan lagi. Di beberapa titik, gazebo telah disediakan oleh komunitas lokal. Gazebo-gazebo ini menawarkan tempat yang nyaman untuk duduk santai sambil menikmati keindahan pantai.

Baca Juga:  Pantai Parangkusumo, Pesona Pasir Hitam dan Mistis Legenda di Bantul Jogja

Bahkan di puncak bukit karang, gazebo-gazebo tambahan siap memanjakan mata dengan pemandangan pantai yang lebih luas.

6. Kesegaran Kuliner dengan Sejarah

Menariknya, pantai ini memiliki latar belakang sejarah yang kaya. Disebut oleh penduduk setempat sebagai “watu kopen”, pantai ini pernah menjadi tempat berkemah bagi tentara Belanda di masa lalu, dimana mereka memasak makanannya.

Setelah era Belanda, dua warga lokal, Kerto Kliwon dan Setro Semang, memulai kehidupan di sini dan menjadi penduduk pertama. Kini, warung-warung di tepi pantai menyajikan berbagai pilihan kuliner untuk para wisatawan dengan harga yang terjangkau.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok terletak di Kelor Kidul, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Berada di garis pantai wisata Yogyakarta, mengunjunginya menjadi cukup praktis.

Jika Anda memulai perjalanan dari Tugu Jogja, Anda akan menempuh jarak sekitar 68 km. Dengan kendaraan, waktu tempuh perkiraannya adalah sekitar 100 menit.

Ada beberapa jalur yang bisa Anda ambil untuk sampai di sana. Namun, jalur via Wonosari sering menjadi pilihan bagi banyak pengunjung. Dari pusat kota Yogyakarta, tujukan kendaraan Anda ke arah Wonosari, kemudian ikuti petunjuk menuju Pantai Baron.

Setibanya di gerbang masuk Pantai Baron, pilih jalur ke kanan mengarah ke Pantai Indrayanti. Dari sana, Anda akan menemukan papan tanda yang mengarahkan Anda ke Watu Kodok. Akses ke pantai ini cukup lancar dengan kondisi jalan yang baik, memungkinkan bagi kendaraan roda dua maupun roda empat untuk melalui dengan mudah.

Jam Operasional dan Harga Tiket Pantai Watu Kodok

Jam Operasional dan Harga Tiket Pantai Watu Kodok
Foto: Twitter/Ana Maria

Pantai Watu Kodok di Gunung Kidul ini selalu siap menyambut wisatawan sepanjang waktu, beroperasi 24 jam setiap hari. Momen terbaik untuk menikmati keindahan pantai ini adalah saat akhir pekan atau hari libur.

Baca Juga:  Tebing Breksi, Mengenal Destinasi Wisata di Sleman yang Lagi Hits

Tempat ini sempurna untuk melepaskan penat, baik saat Anda bersama teman, rekan, pasangan, maupun keluarga. Pantai ini menawarkan pemandangan yang dapat menyegarkan pikiran dan tubuh Anda dari kesibukan sehari-hari.

Selain dikunjungi oleh masyarakat setempat, pantai ini juga kerap dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah hingga turis asing. Jadi, jangan heran jika Anda bertemu dengan wisatawan dari berbagai belahan dunia di sana.

Dengan biaya yang terjangkau, Anda dapat menikmati keelokan Pantai Watu Kodok dan berbagai fasilitas yang tersedia. Harga tiket masuknya hanya Rp. 5.000,- per orang. Bagi Anda yang datang dengan kendaraan, ada biaya tambahan parkir, yaitu Rp. 3.000,- untuk motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil. Bagi Anda yang ingin berkemah, ada biaya menginap berkisar antara Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 per orang.

Namun, perlu diingat bahwa harga dapat berubah sesuai dengan kebijakan dari pihak pengelola, jadi selalu baik untuk memastikan terlebih dahulu sebelum berkunjung.

Pantai Watu Kodok bukan sekadar destinasi wisata, melainkan sebuah kanvas alam yang menggambarkan harmoni antara keindahan dan misteri. Setiap batu yang menjulang, setiap butir pasir, dan setiap ombak yang menghempas pantai, semuanya bercerita tentang keajaiban alam yang tak terhingga.

Berkunjung ke sini, kita diajak untuk merenung dan menghargai setiap detik kebersamaan dengan alam, mengingatkan kita betapa pentingnya menjaga dan melestarikan keindahan yang diberikan oleh Bumi kepada kita.