Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Taman Bunga Amarilis, Symphony Warna dan Aroma di Tengah Alam Gunung Kidul

Avatar photo
38
×

Taman Bunga Amarilis, Symphony Warna dan Aroma di Tengah Alam Gunung Kidul

Share this article
Taman Bunga Amarilis, Symphony Warna dan Aroma di Tengah Alam Gunung Kidul

Taman Bunga Amarilis di Gunung Kidul memukau pengunjung dengan simfoni warna yang memikat, menciptakan pengalaman luar biasa dengan keajaiban bunga-bunga yang mekar.

Memasuki gerbang Taman Bunga Amarilis, seolah memasuki dunia yang penuh dengan warna dan aroma. Di setiap sudut taman, bunga amarilis bermekaran dengan sempurna, menyuguhkan palet warna yang begitu indah sehingga mampu membius mata.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Menghirup udara di taman ini, adalah seperti menyelami esensi kehidupan itu sendiri, di mana setiap bunga memberikan nafas baru dan inspirasi untuk menikmati keindahan alam dalam kesederhanaannya.

Daya Tarik Taman Bunga Amarilis

Sebuah kebun luas yang terletak di depan sebuah rumah telah dimanfaatkan secara maksimal. Dalamnya tumbuh bunga amarilis yang mempesona dengan corak warna oranye yang menyala, mengundang setiap mata yang memandang untuk berhenti dan berfoto.

Bunga Amarilis, yang dikenal lokal dengan sebutan Puspa Patuk, kini menjadi daya tarik baru di Gunung Kidul, menandingi pesona pantai yang selama ini mendominasi. Dari kejauhan, bunga ini mengingatkan kita pada hamparan bunga tulip di Belanda.

Sebagai sarana kenyamanan, Wisata alam ini dilengkapi dengan jalan setapak yang memungkinkan pengunjung mendekat dan menikmati bunga dengan lebih intim, memberikan kesempatan bagi para fotografer untuk mendapatkan sudut terbaik.

1. Keindahan Bunga Amarilis

Berbekal nama latin Hippeastrum Amaryllidaceae, bunga amarilis ini juga dikenal sebagai Brambang Boncot karena bentuk akarnya mirip dengan bawang bombay. Bunga yang menyerupai lampu tidur dengan kelopak berwarna oranye dan putik yang menjulang di tengahnya, bermekaran pada awal musim hujan namun hanya bertahan selama 2-3 minggu karena sensitivitasnya terhadap air berlebih.

2. Sejarah Taman Bunga Amarilis

2. Sejarah Taman Bunga Amarilis
Foto: Twitter/Kabar Gunungkidul

Bermula pada tahun 2015 dengan satu pemilik yang memulai taman ini, keindahannya menyebar dan banyak tetangga yang ikut serta. Berkat viralnya di media sosial, pengunjung berdatangan dalam jumlah besar. Sayangnya, popularitas ini juga membawa dampak negatif dengan banyaknya bunga yang terinjak. Untuk mengatasinya, dibuatlah pagar pelindung dan jalan setapak bagi pengunjung.

Baca Juga:  Cadas Gantung, Menikmati Indahnya Panorama Alam Majalengka dari Ketinggian

3. Kenikmatan Mengunjungi Taman Bunga Amarilis

Meski bunga Amarilis hanya mekar sekali dalam setahun dengan durasi yang singkat, pengalaman berwisata di taman ini tetap memukau. Berkat penataan yang rapi dan jalan setapak yang nyaman, pengunjung dapat menikmati keindahannya tanpa hambatan. Dengan tiket masuk yang terjangkau, hasil dari kesepakatan bersama antar pengelola, setiap kunjungan ke taman ini menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan.

Alamat dan Rute Menuju Taman Bunga Amarilis

Taman Bunga Amarilis terletak di Desa Beji, Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta, sejauh kira-kira 27 km dari pusat Kota Jogja mengarah ke selatan. Jika kamu berada di Polsek Patuk, kamu hanya perlu melaju sekitar 1 km ke selatan untuk menemukan taman ini.

Taman Bunga ini tumbuh populer dengan beberapa lokasi taman yang terletak di dekat Monumen Durian Ngasemayu, dekat gapura Gunung Manuk (Watu Kandang), serta di pekarangan rumah Pak Sukadi.

Dari Kota Jogja, kamu bisa menuju ke Jalan Wonosari. Ikuti petunjuk di Jalan Wonosari dan lewati daerah Bukit Bintang. Setibanya di Kantor Kecamatan Patuk, arahkan kendaraanmu ke arah timur sekitar 1,3 km. Sebelum kamu mencapai jembatan Salam di Patuk, Taman Bunga eksotis ini akan dengan mudah kamu temukan.

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Amarilis

Untuk mengakses keindahan Taman Bunga Amarilis Gunung Kidul di Patuk, biaya tiket masuknya dikenakan berdasarkan suka rela atau seikhlasnya. Namun, jika kamu membawa kendaraan, terdapat biaya parkir yang ditetapkan yaitu Rp. 3.000,- baik untuk motor maupun mobil.

Fasilitas di taman ini mungkin belum sepenuhnya lengkap karena taman ini masih baru diresmikan untuk publik. Sebagai pengunjung, kita diingatkan untuk menjaga dan merawat kelestarian taman ini, seperti tidak memetik bunga atau menginjak tanamannya, agar keindahan taman dapat dinikmati oleh pengunjung lainnya.

Baca Juga:  22 Tempat Wisata di Gunung Kidul yang Lagi Hits dan Populer

Fasilitas di Kebun Bunga Amarilis

Fasilitas di Kebun Bunga Amarilis
Foto: Twitter/Backpacker Indonesia

Ketika mengunjungi Kebun Bunga Amarilis, para pengunjung akan disuguhkan berbagai fasilitas yang mendukung kenyamanan dan pengalaman berwisata mereka. Beberapa fasilitas yang tersedia di Kebun Bunga Amarilis di Yogyakarta meliputi:

  • Lapangan parkir yang berkapasitas besar untuk mengakomodasi kendaraan para wisatawan.
  • Loket penerimaan wisatawan.
  • Gazebo untuk bersantai sambil menikmati keindahan sekitar.
  • Toilet umum yang bersih.
  • Sejumlah tempat duduk yang disediakan untuk istirahat.
  • Spot-spot fotogenik yang siap memanjakan para pencinta fotografi.
  • Macam-macam fasilitas permainan yang cocok untuk semua kalangan keluarga.
  • Toko-toko kecil dan warung jajanan yang menawarkan berbagai pilihan makanan dan minuman.

Tips Berkunjung ke Taman Bunga Amarilis

Agar kunjungan Anda ke Kebun Bunga Amarilis berjalan lancar dan menyenangkan, berikut adalah beberapa saran yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Datanglah saat langit cerah agar dapat menikmati keindahan Kebun Bunga Amarilis secara maksimal.
  • Datang bersama teman atau keluarga agar pengalaman berwisata semakin berkesan.
  • Persiapkan uang ekstra untuk berjaga-jaga dan bawa peralatan seperti kamera untuk mendokumentasikan momen Anda. Pastikan juga Anda dalam kondisi sehat saat berkunjung.
  • Selalu jaga kebersihan dan keindahan Kebun Bunga Amarilis agar tetap terjaga kelestariannya untuk dinikmati oleh generasi berikutnya.

Sebagai simbol keabadian dan cinta, amarilis yang tumbuh subur di Taman Bunga Amarilis Gunung Kidul menjadi saksi bisu dari banyak cerita dan kenangan. Menjelajahi taman ini tidak hanya mengajak kita mengagumi keindahan estetika, namun juga merenungkan makna kehidupan dan keajaiban alam.

Di setiap langkah kita di taman ini, kita diingatkan akan pentingnya menjaga dan menghargai setiap keajaiban yang diberikan oleh alam, dan Taman Bunga Amarilis di Gunung Kidul ini merupakan manifestasi sempurna dari keindahan tersebut.