Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Agrowisata Bhumi Merapi, Pertemuan Harmoni Alam dan Budaya di Kaki Gunung Berapi

Avatar photo
39
×

Agrowisata Bhumi Merapi, Pertemuan Harmoni Alam dan Budaya di Kaki Gunung Berapi

Share this article
Agrowisata Bhumi Merapi, Pertemuan Harmoni Alam dan Budaya di Kaki Gunung Berapi

Agrowisata Bhumi Merapi mengajak pengunjung untuk merasakan pengalaman mendalam pertemuan yang menggabungkan pesona alam yang subur dengan kekayaan budaya local.

Berlokasi di lereng Gunung Merapi yang menjulang, Agrowisata Bhumi Merapi di SlemanĀ  ini menawarkan sebuah pengalaman yang memadukan pesona keindahan alam dengan keberagaman dunia pertanian.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Di sini, pengunjung dapat merasakan kedamaian alam pegunungan sambil mempelajari tradisi pertanian dan keberlanjutan yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Dengan latar belakang pemandangan Gunung Merapi yang mengagumkan, setiap aktivitas di lahan ini menjadi petualangan edukatif yang tak terlupakan.

Daya Tarik Agrowisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi Sleman kini muncul sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Jogja. Dengan pendekatan wisata “one stop tourism destination”, lokasi ini menawarkan sejumlah kegiatan dan fasilitas lengkap yang akan memuaskan setiap pengunjung.

Ada dua hal utama yang menjadi magnet bagi pengunjung di wisata alam ini, yaitu ragam spesies hewan dan berbagai spot foto yang selaras dengan tren Instagram saat ini. Mari kita lihat lebih detail apa saja yang ditawarkan di setiap wahana:

1. Taman Satwa Mini (Exotic Animal)

Wahana ini menampung beraneka ragam hewan eksotik dan jarang ditemukan, mencakup kategori mamalia, burung, dan reptil. Di antaranya, Anda bisa menemukan Sugar Glider, Kakatua Raja, Burung Macaw, Merak, Burung Hantu, Iguana, Biawak, Ular, Kelinci, Kambing, dan bahkan Kuda.

Yang menarik, pengunjung dapat berinteraksi secara langsung dengan beberapa hewan tersebut, seperti mengelus ular atau kura-kura, memberi makan kambing, atau bahkan mengambil foto bersama mereka. Ini tentunya menjadi pengalaman yang mendidik untuk anak-anak agar lebih akrab dengan alam dan makhluk hidup di dalamnya.

Dengan kehadiran pemandu atau pawang di lokasi, Anda tidak perlu khawatir akan keselamatan ketika berinteraksi dengan hewan. Mereka siap membantu dan memastikan setiap pengunjung mendapatkan pengalaman terbaik tanpa mengesampingkan aspek keselamatan.

2. Langlang Buana

2. Langlang Buana
Foto: Google Maps/Risang Aradea

Di sini, Anda akan disajikan dengan berbagai spot foto yang dirancang mengikuti beberapa destinasi wisata populer di dunia, seperti replika Santorini di Yunani, Alpen House, Arab Street, hingga Baker Street di London. Anda bisa merasakan sensasi berlibur ke berbagai belahan dunia hanya dalam satu lokasi. Semua sudut di Langlang Buana dirancang sedemikian rupa sehingga memanjakan pengunjung yang hobi berfoto.

Baca Juga:  Tebing Breksi, Mengenal Destinasi Wisata di Sleman yang Lagi Hits

Alamat dan Rute Menuju Agrowisata Bhumi Merapi

Bagi Anda yang berencana mengunjungi Agrowisata Bhumi Merapi Sleman, berikut adalah informasi alamat dan petunjuk rute untuk memudahkan perjalanan Anda:

Wisata eksotis ini terletak di Jl. Kaliurang KM. 20, Sawangan, Hargobingangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya strategis dan aksesnya telah dikembangkan dengan baik untuk kemudahan para wisatawan.

Bila Anda memulai perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta, Anda akan menempuh jarak sekitar 22 km. Dengan kendaraan pribadi, perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 40 menit.

Cara menuju lokasi cukup sederhana:

  • Ambil rute melalui Jalan Kaliurang menuju arah utara.
  • Sepanjang perjalanan, Anda akan menemui berbagai papan petunjuk yang akan mengarahkan Anda ke wisata budaya ini.

Pastikan untuk selalu berhati-hati saat berkendara dan menikmati perjalanan Anda ke destinasi wisata ini!

Jam Operasional dan Harga Tiket Agrowisata Bhumi Merapi

Berikut informasi mengenai jam buka serta tarif tiket Agrowisata Bhumi Merapi di Sleman ini:

Jam Buka Wisata Menarik ini:

  • Setiap hari: 09.00 – 17.00 WIB

Wisata unik ini siap menyambut Anda setiap hari, dari Senin hingga Minggu. Jadi, Anda memiliki keleluasaan untuk memilih hari kunjungan, baik itu hari kerja maupun akhir pekan.

Tarif Tiket Masuk:

  • 30.000,- per orang

Dengan harga tiket tersebut, Anda sudah dapat menikmati beragam fasilitas dan wahana yang tersedia di wisata budaya ini, termasuk berbagai spot foto menarik. Jadi, Anda dapat menghabiskan waktu berkualitas bersama teman, keluarga, atau pasangan dengan harga yang terjangkau.

Agrowisata Bhumi Merapi di Sleman ini telah menjadi tujuan wisata favorit bagi banyak pengunjung, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Yogyakarta sendiri memang kaya akan berbagai destinasi wisata menarik, dari budaya, sejarah, alam, hingga kuliner. Bhumi Merapi menjadi salah satu dari sekian banyak destinasi yang memikat hati para wisatawan.

Baca Juga:  Pesona Pantai Cemara Sewu, Harmoni Laut dan Hutan yang Menakjubkan

Catatan: Harap memeriksa informasi terbaru sebelum berkunjung, karena harga tiket dan jam operasional bisa berubah. Tarif tiket belum termasuk biaya parkir.

Spot Foto di Agrowisata Bhumi Merapi

Keunikan setiap spot foto di Agrowisata Bhumi Merapi Sleman memang tak kalah menawan dengan landmark dunia yang ada di Merapi Park Jogja.

1. Santorini Jogja

Terinspirasi dari keindahan pulau Santorini di Yunani, spot ini memamerkan bangunan dengan warna putih berpadu biru, menciptakan ilusi seolah Anda berada di pulau eksotik tersebut.

2. Jalanan Baker Street

Replika jalan khas London dengan telepon umum berwarna merah, membuat Anda merasa seolah berjalan-jalan di tengah kota London.

3. Perkampungan Alpen

Tempat ini menampilkan replika rumah tradisional dari Pegunungan Alpen di Swiss, memberikan suasana pedesaan yang menenangkan.

4. Kastil Abad Pertengahan

Bangunan kastil bergaya Eropa kuno ini dilengkapi dengan sumur dan beberapa fasilitas lain, memberikan kesan berada di zaman pertengahan.

5. Jalanan Arab

Spot foto dengan nuansa Timur Tengah, menampilkan bangunan berwarna-warni khas perkampungan Arab.

6. Mural Renaisans

Lukisan dinding besar yang menggambarkan era Renaisans, cocok bagi Anda yang menginginkan latar berfoto dengan kesan artistik.

7. Rumah Hobbit

7. Rumah Hobbit
Foto: Google Maps/Al Ihya

Sebuah replika dari pemukiman hobbit yang ada di film “Lord of the Rings”, cocok bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berfoto di rumah kecil nan unik ini.

Setiap spot foto di Agrowisata Bhumi Merapi dirancang dengan detail, menjadikannya destinasi favorit bagi para pengunjung yang ingin mendapatkan foto-foto menarik dengan beragam latar belakang.

Aktivitas Menarik di Agrowisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi menawarkan beragam kegiatan yang tak hanya menghibur, namun juga mendidik. Berikut beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan:

Baca Juga:  Keraton Ratu Boko, Menyaksikan Peninggalan Kejayaan Kerajaan Mataram Kuno di Jogja

1. Interaksi Langsung dengan Satwa

Agrowisata ini menawarkan pengalaman mendidik dengan memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan berbagai hewan. Di tempat ini, Anda dapat memahami cara budidaya hewan, termasuk kambing Ettawa dan kelinci.

Beberapa kegiatan yang bisa Anda coba antara lain memerah susu dari kambing, memberikan susu melalui botol kepada anak kambing, dan mengkonversi susu tersebut menjadi yoghurt dan es krim.

Tidak hanya itu, pengunjung juga diajak untuk memahami proses pembuatan pakan ternak dan pemanfaatan kotoran kambing sebagai pupuk organik dan biogas. Terdapat juga reptil, seperti ular dan kura-kura, yang bisa menjadi sumber pembelajaran tambahan.

2. Eksplorasi Pertanian dengan Field Trip

Tempat ini menawarkan konsep pendidikan yang mendalam, menjadikannya destinasi ideal untuk kunjungan lapangan bagi siswa.

Anak-anak bisa meningkatkan wawasan mereka tentang pertanian melalui kegiatan bercocok tanam dan memiliki kesempatan untuk membeli hasil tanaman hidroponik.

Dengan area yang luas di Bhumi Merapi, anak-anak juga dapat bermain serta berkomunikasi dengan teman sebaya, mempererat tali persahabatan mereka.

3. Pengalaman Kopi Luwak

Bagi afisionado kopi, Agrowisata Bhumi Merapi menawarkan pengalaman menarik dengan memberikan wawasan mendalam tentang proses produksi kopi Luwak.

Anda dapat menyaksikan proses produksi dari biji kopi hingga menjadi secangkir kopi nikmat. Jangan lupa untuk membeli kopi Luwak sebagai oleh-oleh khas dari tempat ini!

Agrowisata Bhumi Merapi bukan hanya tentang menanam dan memanen, melainkan juga tentang memahami hubungan manusia dengan alam dan tradisi budidaya yang diwariskan.

Setiap tanaman yang ditanam, setiap metode yang diajarkan, dan setiap cerita yang dibagikan di sini menegaskan pentingnya keseimbangan antara kehidupan manusia dan alam.

Kunjungan ke Bhumi Merapi bukan hanya meninggalkan kesan indah pada mata, namun juga inspirasi dalam hati untuk terus menjaga dan menghargai warisan budaya dan alam kita.