Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Merapi Park Yogyakarta, Sebuah Oase Keajaiban di Tengah Pesona Gunung Merapi

Avatar photo
34
×

Merapi Park Yogyakarta, Sebuah Oase Keajaiban di Tengah Pesona Gunung Merapi

Share this article
Merapi Park Yogyakarta, Sebuah Oase Keajaiban di Tengah Pesona Gunung Merapi

Merapi Park Yogyakarta memukau pengunjung dengan keindahan alamnya yang memikat, menawarkan pengalaman unik sebagai oase keajaiban di tengah pesona megah Gunung Merapi.

Tak jauh dari kaki Gunung Merapi, salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia, terdapat sebuah taman yang memungkinkan pengunjung untuk mengelilingi dunia tanpa harus meninggalkan Yogyakarta.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Merapi Park Yogyakarta, dengan keajaiban replika landmark ikonik dari berbagai belahan dunia, menjadi tempat di mana fantasi bertemu realitas, di mana keindahan dunia dipamerkan di tengah keaslian alam Yogyakarta.

Daya Tarik Merapi Park Yogyakarta

Daya Tarik Merapi Park Yogyakarta
Foto: Google Maps/Syarif Udin

Destinasi Merapi Park di Yogyakarta telah menjadi magnet bagi para wisatawan, terutama keluarga. Jika Anda merencanakan kunjungan dengan kelompok besar, mempertimbangkan penyewaan mobil di Jogja bisa menjadi opsi yang baik. Berikut adalah beberapa keunggulan dari wisata menarik ini:

1. Miniatur-monumental Dunia

Merapi Park Yogyakarta menyuguhkan sejumlah miniatur monumen dunia yang memikat. Pengunjung, mulai dari anak-anak hingga dewasa, akan terpesona dengan beragamnya miniatur-monumental tersebut.

Di pintu masuk, Anda akan disambut oleh replika Brandenburg Gate dari Jerman yang megah. Setelah itu, suasana taman yang segar dan asri akan menyambut Anda.

Beberapa miniatur yang bisa Anda temui di antaranya Kincir Angin dari Belanda, Menara Miring Pisa dari Italia, Menara Eiffel Prancis yang ikonik, serta Menara Big Ben dari Inggris.

Anda juga akan menemukan replika Patung Liberty dari New York dan bangunan ikonik lainnya seperti Burj Al Arab dari Dubai dan Temple of Heaven dari Beijing.

Menambah keseruan, ada juga Patung Masha and The Bear, skulptur bertuliskan “Love”, dan Pergola berbentuk hati yang semuanya terlihat memikat dan siap memeriahkan latar foto Anda.

Baca Juga:  The Lost World Castle, Destinasi Wisata Hits di Jogja Mirip Benteng Takeshi

2. Aktivitas Rekreasi dan Hiburan

Merapi Park Yogyakarta tidak hanya menawarkan miniatur. Di sini, berbagai jenis aktivitas menanti untuk dinikmati oleh pengunjung dari segala usia.

  1. Waterpark: Tempat yang cocok bagi anak-anak untuk bermain dan berenang, dilengkapi dengan berbagai jenis perosotan air dan ember tumpah.
  2. Naik Kuda: Area ini menawarkan kesempatan untuk berkeliling taman sambil menunggang kuda, tentunya dengan pendamping.
  3. Jemparingan: Ini adalah seni memanah khas Jogja yang dilakukan dalam posisi duduk bersila, memberikan pengalaman unik bagi para wisatawan. Aktivitas ini khusus tersedia di akhir pekan.

Selain itu, wisata ini sedang dalam proses pembangunan Replika Taman Satwa dan Kebun Botani, yang tentunya akan menambah daya tarik dan keseruan bagi para pengunjung di masa depan.

Keseluruhan, wisata menarik menjanjikan pengalaman wisata edukatif dan rekreasi yang tak terlupakan, menjadikannya pilihan sempurna untuk menghabiskan waktu liburan Anda bersama keluarga dan teman.

Alamat dan Rute Menuju Merapi Park Yogyakarta

Merapi Park Yogyakarta terletak di wilayah Kabupaten Sleman, dengan akses yang relatif mudah dari pusat kota Yogyakarta. Alamat spesifiknya adalah di Jalan Kaliurang KM. 22.5, Desa Banteng, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Jika Anda berangkat dari pusat kota Yogyakarta, jarak tempuh menuju wisata ini adalah sekitar 23 Km, yang memerlukan waktu sekitar 40 menit dengan mengendarai kendaraan. Rute yang bisa Anda ambil adalah melalui Jalan Kaliurang.

Selanjutnya, ikuti papan arahan menuju MGM, belok kiri saat menemukannya. Saat tiba di persimpangan, ambil arah kanan. Teruslah mengikuti jalan ini sampai Anda melihat papan petunjuk menuju museum. Wisata unik berlokasi tidak terlalu jauh dari titik tersebut.

Jika Anda merasa kesulitan menemukan rute, Anda dapat menggunakan aplikasi peta atau navigasi untuk memudahkan perjalanan Anda menuju destinasi wisata hits ini.

Baca Juga:  15 Tempat Wisata di Kota Yogyakarta yang Lagi Hits

Harga Tiket Masuk Merapi Park Yogyakarta

Merapi Park di Yogyakarta menawarkan berbagai fasilitas menarik dengan harga yang sangat terjangkau, sejalan dengan sifat ramah wisatawan yang menjadi ciri khas Yogyakarta. Bukan hanya budaya masyarakatnya yang ramah, tetapi juga harga objek wisatanya.

Untuk memasuki area wisata, biaya masuknya sangatlah bersahabat. Anda hanya perlu mengeluarkan Rp.20.000,- per orang untuk dapat menikmati seluruh keindahan The World Landmark. Namun, pada akhir pekan, tarif akan sedikit naik menjadi Rp. 22.000,- per orang. Anak-anak di bawah 2 tahun mendapat keistimewaan dengan gratis masuk.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Cathouse dan Rabbit Farm, tiket masuknya dipatok seharga Rp.15.000,- per orang. Ada juga paket kombinasi untuk beberapa destinasi dengan harga Rp. 35.000 yang mencakup 4 atraksi. Sementara itu, dengan Rp. 30.000, Anda dapat memilih paket 3 destinasi yaitu Dino Park, Kids Waterpark, dan tentu saja Merapi Park Yogyakarta.

Bagi Anda yang datang dengan kendaraan, biaya parkir yang dikenakan adalah Rp.5.000,- untuk mobil dan Rp.2.000,- untuk sepeda motor.

Mohon dicatat bahwa harga tiket dan biaya parkir bisa berubah sesuai kebijakan pengelola.

Beragam Atraksi di Merapi Park Yogyakarta

Beragam Atraksi di Merapi Park Yogyakarta
Foto: Google Maps/Annisa Rahmatillah

Merapi Park di Yogyakarta menawarkan ruang luas yang sempurna untuk beraktivitas, berpiknik, atau sekadar bersantai bersama keluarga dan teman. Tempat ini juga memiliki berbagai atraksi menarik, di antaranya:

1. Monumen Dunia

Area ini adalah salah satu daya tarik terbesar di Merapi Park. Di sini, pengunjung dapat berfoto dengan beberapa ikon dunia terkenal. Pastikan baterai kamera Anda terisi penuh karena beberapa monumen yang bisa Anda temui di sini meliputi:

  • Gerbang Brandenburg, Jerman
  • Menara Pisa, Italia
  • Kincir Angin khas Belanda
  • Pagoda
  • Big Ben dari London
  • Menara Eiffel dari Paris
  • Patung Liberty dari Amerika
  • Sculpture New York
  • Tokoh animasi Masha And The Bear
  • Telepon Box dan Post Office Box dari London, serta banyak lainnya.
Baca Juga:  Keraton Ratu Boko, Menyaksikan Peninggalan Kejayaan Kerajaan Mataram Kuno di Jogja

Para pecinta fotografi pasti akan merasa surga berada di sini. Menambah keseruan, burung-burung dara yang berterbangan dapat menambah nuansa foto Anda.

2. Kids Waterpark

Bagi anak-anak yang ingin bersenang-senang dengan air, Kids Waterpark adalah tempat yang tepat.

3. Cowboy Town

Di Cowboy Town, pengunjung dapat menikmati suasana ala koboi dan menunggang kuda sambil menjelajahi taman. Jangan lupa untuk berfoto saat menunggang kuda dengan menggunakan aksesoris koboi yang tersedia.

4. Cats House & Rabbit Town

Di sini, Anda bisa berinteraksi dengan kucing dan kelinci yang lucu dan imut. Bagi pecinta hewan, ini adalah tempat yang tidak boleh dilewatkan.

Merapi Park Yogyakarta memang menawarkan banyak kegiatan seru untuk seluruh anggota keluarga. Pastikan untuk selalu memeriksa kebijakan dan jam operasional sebelum mengunjungi.

Setelah menjelajahi setiap sudut Merapi Park, kesan yang tertinggal bukan hanya kemegahan replika landmark dunia, tetapi juga kesadaran akan kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki oleh dunia kita.

Dalam lindungan bayangan Gunung Merapi, taman ini mengajarkan kita untuk menghargai keindahan di setiap sudut bumi, dan mengingatkan bahwa meskipun kita mungkin berbeda dalam banyak hal, kita semua berbagi planet yang sama, penuh dengan keajaiban yang menunggu untuk ditemukan.