Berburu Senja di Pantai Bantul Yogyakarta

Berburu Senja di Pantai Bantul Yogyakarta

Anda sudah penat dengan suasana sore Kota Yogyakarta? Ingin melihat senja tanpa harus terhalang gedung serta bangunan tinggi. Mungkin anda perlu pergi ke bagian selatan Kota Yogyakarta, tepatnya di daerah pesisir Kota Bantul. Di sana anda dapat menikmati suasana senja di pantai pasir hitam. Meskipun berpasir hitam, pantai-pantai di Bantul ini tidak kalah menarik dari pantai pasir putih yang ada di Gunung kidul Yogyakarta. Selain jarak yang ditempuh juga cukup dekat, anda juga tidak perlu khawatir jika ingin pulang malam karena suasana disana tidak sesunyi suasana di Gunung Kidul.

Ada beberapa referensi jika anda ingin sekali menikmati senja di pantai Bantul Yogyakarta, mari langsung saja kita menjelajah pantai bertabur senja berikut ini.

1. Pantai Samas

Photo by Google Maps (wisata Jogja21)

Pantai ini berada di bagian paling pojok kiri jika anda melalui jalan Kasongan bantul. Untuk masuk ke Pantai Samas, anda tidak dipungut biaya sama sekali bahkan untuk parkir juga tidak dipungut biaya. Namun untuk menuju bibir pantai anda diharuskan melalui jembatan yang terbuat dari bambu untuk menyebrangi sejenis wadi yang menjadi penghalang antara daratan milik warga dengan bibir pantai.

Pantai ini jauh dari tebing sehingga memberikan kesan hamparan pasir hitam yang sangat luas dan kita akan lebih leluasa dalam memandang sinar senja di bibir pantai. Jika anda ingin mendapatkan senja, maka anda disarankan untuk berangkat dari Kota Yogyakarta sekitar pukul 16.00.

Baca Juga:  Ingin Mengenal Batik, Kunjungi Museum Batik Terbaik di Indonesia

Lokasi: Sogo Sanden, Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

2. Pantai Pandansari

Photo by Google Maps (manoeng tourdriver)

Jika anda ingin melihat keseluruhan pemandangan pantai di sepanjang pesisir Bantul, maka Pantai Pandansari inilah tempatnya. Disana terdapat mercusuar yang dapat di masuki dan digunakan untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Pantai ini terletak disebelah barat Pantai Samas dan jika ingin sampai di tepi pantai, anda harus melalui jalan kecil beraspal. Akses menuju pantai di bantul ini memang sudah cukup baik karena sudah lama di buka dan banyak di kunjungi oleh wisatawan.

Pantai Samas juga menyajikan keindahan berupa poohon cemara yang tumbuh subur menjadi tempat berteduh dari panas matahari. disana juga terdapat pendopo yang jaraknya cukup jauh dari tepi pantai, biasanya digunakan oleh para wisatawan untuk berteduh dan menikmati deburan ombak. Bangku-bangku kayu yang tersusun rapi di sepanjang pantai juga menambah kecantikan yang ada, sangat cocok bila anda ingin beristirahat sambil memandang senja.

Lokasi: Wonoroto, Gadingsari,Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

3. Pantai Goa Cemara

Photo by Facebook.com @Rizky

Seperti namanya, di Pantai Goa Cemara terdapat puluhan pohon cemara yang tertanam disepanjang jalan menuju pantai. Namun susunan dari pohon-pohon ini tidak rapi dikarenakan disepanjang jalan ini terdapat para pedagang yang mendirikan lapak untuk berjualan.

Baca Juga:  3 Museum Militer yang Wajib Anda Kunjungi

Letak Pantai Goa Cemara bberada disebelah barat Pantai Pandansari namun jaraknya lumayan jauh. Karena pantai ini juga lebih banyak pengunjungnya dan sudah lebih terkenal bila dibandingkan dua panntai sebelumnya. Itulah mengapa Pantai Goa Cemara mengenakan arif masuk sebesar Rp. 5000 untuk pengunjung. Dari tempat parkir, anda akan berjalan terlebih dahulu melewati rimbunnya pohon cemara dan para pedagang mkanan. Setelah anda sampai di tepi pantai, anda dapat menikmati sejuknya pasir hitam yang lembab serta debiuran ombak yang menghantam bibir pantai dan tentu saja senja kemerah-merahan yang dikirm oleh Tuhan.

Lokasi: Jl. Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Jika anda sudah tidak sabar mellihat senja tanpa takut harus takut melewati jalan sunyi saat akan kembali ke kota, maka anda wajib mengunjungi pantai yang sudah saya sarankan diatas.