Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

10 Tempat Wisata Jogja Dekat Malioboro yang Paling Hits

Avatar photo
66
×

10 Tempat Wisata Jogja Dekat Malioboro yang Paling Hits

Share this article
Wisata Jogja Dekat Malioboro

Malioboro, sebuah nama yang tak asing bagi siapa pun yang pernah menginjakkan kaki di Yogyakarta. Jalanan yang selalu ramai ini adalah ikon kota Jogja, namun siapa sangka, di sekitarnya tersebar berbagai destinasi wisata yang tak kalah menariknya.

Berada di jantung kota, area dekat Malioboro menawarkan kombinasi sempurna antara kesibukan perkotaan, warisan budaya, dan spot-spot hits yang selalu menarik perhatian wisatawan. Ingin tahu apa saja tempat wisata dekat Malioboro yang sedang menjadi bahan perbincangan dan paling hits? Yuk, kita jelajahi bersama!

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Rekomendasi Tempat Wisata Jogja Dekat Malioboro

1. Kampung Wisata Sosromenduran

Kampung Wisata Sosromenduran
Foto: Instagram/Kampung_Wisatasosromenduran

Hanya berjarak selangkah dari Malioboro, Kampung Wisata Sosromenduran berdiri sebagai oase multikultural yang menawan. Tempat ini bukan hanya sekedar kampung biasa; inilah lanskap budaya yang hidup, di mana kekayaan Nusantara bertemu dengan dunia internasional.

Meskipun lokasinya strategis di tengah kota, keunikan kampung ini tak pernah pudar. Dari homestay yang nyaman, kafe-kafe yang asyik, hingga kesempatan menemukan oleh-oleh khas Jogja seperti kaus oblong. Selami keragaman dan kehangatan Sosromenduran, dan rasakan sendiri pesonanya!

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sosrowijayan No.69, Sosromenduran, Kec. Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

2. Titik Nol Kilometer

Titik Nol Kilometer
Foto: Google Maps/Dimas Galih

Lebih dari sekedar titik referensi, Titik Nol Kilometer adalah jantung ritme Jogja yang memukau. Berjalan sedikit dari Malioboro, Anda akan disambut dengan suasana penuh gairah: live music, tarian tradisional, dan berbagai pertunjukan yang memikat.

Tidak hanya itu, bangunan bersejarah dengan arsitektur khas Belanda, seperti Gedung Bank Indonesia, menjadi latar belakang foto sempurna untuk mengabadikan momen di kota pelajar ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pangurakan No.1, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.
Baca Juga:  Pantai Gesing, Pesona Keindahan Pantai Tersembunyi di Jogja

3. Taman Sari

Taman Sari Jogja
Foto: Instagram/Tamansari Jogja official

Bila Anda ingin menyelam ke dalam kemewahan Kesultanan Yogyakarta, Taman Sari adalah destinasi yang tak boleh terlewat. Dekat dengan Malioboro, taman ini adalah bukti indah dari kejayaan masa lalu.

Taman Sari, yang dikenal juga sebagai tempat pemandian putri-putri keraton, mampu menghipnotis dengan struktur arsitekturnya yang megah dan air mancur yang tenang.

Banyak pasangan yang memilih tempat ini sebagai latar foto pre-wedding mereka, mencari inspirasi dalam sejarah dan keindahan tak lekang waktu. Sebuah tempat yang wajib dikunjungi bagi siapa pun yang ingin merasakan keajaiban Jogja yang sesungguhnya.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Patehan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

4. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta
Foto: Google Maps/Canggih Sastrawan

Terletak tepat di pusat kota, Taman Pintar adalah surga belajar bagi anak-anak dan keluarga. Menggabungkan konsep edukasi dan hiburan, Taman Pintar menawarkan berbagai pameran interaktif yang mencakup sains, teknologi, seni, dan budaya.

Dari planetarium sampai ke pameran tentang lingkungan hidup, tempat ini memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi pengunjung dari segala usia.

Harga Tiket: Rp 22.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

5. Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo
Foto: Twitter/Api Liar

Gembira Loka Zoo bukan sekadar kebun binatang biasa. Selain menampilkan berbagai spesies hewan dari berbagai penjuru dunia, kebun binatang ini juga menawarkan area bermain untuk anak-anak, taman air, dan taman botani.

Dalam pengembangannya, Gembira Loka terus meningkatkan kualitas hidup hewan dengan konsep kandang yang menyerupai habitat asli mereka. Hal ini membuat pengunjung dapat belajar sekaligus menikmati keindahan alam dalam satu tempat.

Harga Tiket: Rp 75.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.
Baca Juga:  Taman Bunga Amarilis, Symphony Warna dan Aroma di Tengah Alam Gunung Kidul

6. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo
Foto: Twitter/Theia

Bagi Anda yang ingin menyelami lebih dalam tentang kekayaan budaya Jawa, Museum Sonobudoyo adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Museum ini memiliki koleksi yang sangat lengkap mengenai artefak dan pusaka Jawa, mulai dari wayang, keris, hingga barang-barang antik lainnya.

Selain itu, Museum Sonobudoyo juga rutin mengadakan pertunjukan wayang kulit pada malam hari, sehingga pengunjung dapat merasakan langsung atmosfer tradisional Jawa.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pangurakan No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

7. Jogja National Museum

Jogja National Museum
Foto: Instagram/Jogja National Museum

Mengambil langkah dari Malioboro, dalam jarak 2 kilometer, kita akan menemukan Jogja National Museum, sebuah kanvas besar bagi seni dan budaya Yogyakarta.

Bangunan bersejarah ini pernah menjadi tempat bagi Akademi Seni Rupa Indonesia dan kini, menghembuskan nafas kesenian dalam tiap ruangannya, menampilkan warisan budaya yang tiada duanya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No.1, Pakuncen, Kec. Wirobrajan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

8. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo
Foto: Instagram/Mojitopepper

Sebuah surga bagi para pemburu batik, Pasar Beringharjo mengajak kita untuk tenggelam dalam labirin kain dan warna. Selain batik, pasar ini menawarkan berbagai produk menarik mulai dari kaos, sandal batik, jamu tradisional, hingga souvenir eksklusif. Selalu siapkan senyum terbaikmu untuk tawar menawar, namun tetap waspada dengan barang-barangmu!

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

9. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul
Foto: Instagram/Alun-Alun Kidul Karaton

Sebagai simbol kesenangan malam di Jogja, Alun-Alun Kidul menjanjikan suasana yang santai namun penuh pesona. Di sini, tantangan legendaris menunggumu: berjalan dengan mata tertutup melewati dua pohon beringin. Percayakah kamu dengan legenda bahwa impianmu bisa terwujud jika berhasil melakukannya?

Baca Juga:  15 Tempat Wisata di Kaliurang Sleman yang Paling Hits
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gading, Patehan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

10. Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg
Foto: Twitter/Suzy

Berdiri kokoh tak jauh dari Malioboro, Benteng Vredeburg bercerita tentang sejarah Indonesia yang panjang. Bekas benteng penjagaan Belanda ini kini menyimpan kisah dalam diorama, audiovisual, dan berbagai media interaktif.

Menyusuri koridor-koridornya adalah seperti berjalan dalam timeline sejarah, mengingat kembali perjuangan bangsa di bawah naungan kota Yogyakarta. Sebuah kunjungan wajib saat berada di pusat kota!

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

Dengan berjalan kaki saja dari Malioboro, Anda dapat menemukan berbagai permata tersembunyi yang mungkin luput dari perhatian banyak orang. Tempat-tempat wisata dekat Malioboro ini menawarkan cerita, keindahan, dan pengalaman yang beragam, mulai dari peninggalan sejarah hingga kafe kontemporer yang cozy.

Mereka menjadi saksi bisu perkembangan kota Jogja yang dinamis, tetapi tetap memegang teguh akar budayanya. Jadi, saat Anda berkunjung ke Malioboro, jangan lupa untuk menjelajahi keindahan di sekitarnya dan temukan pesona lain dari Yogyakarta yang tak kalah memikat. Selamat berpetualang di jantung kota Jogja!