Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Embung Nglanggeran, Cermin Alam Gunung Kidul yang Memukau

Avatar photo
78
×

Embung Nglanggeran, Cermin Alam Gunung Kidul yang Memukau

Share this article
Embung Nglanggeran, Cermin Alam Gunung Kidul yang Memukau

Temukan keindahan alam yang eksotis di Embung Nglanggeran Gunung Kidul, melalui petualangan eksplorasi di kawasan embung yang memukau.

Ditelusuri di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta, Embung Nglanggeran berdiri dengan gagah di antara perbukitan batu kapur yang megah.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Bukan hanya sekadar wadah penampungan air, embung ini telah menjadi salah satu ikon wisata yang menawan, memberikan nuansa damai dan serenity bagi setiap pengunjung yang datang.

Pantulan air embung yang seperti cermin, mencerminkan siluet Gunung Api Purba Nglanggeran, menciptakan pemandangan yang tak hanya indah di mata, tetapi juga memukau di hati.

Daya Tarik Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran di Gunung Kidul ini tawarkan pesona alam yang memikat. Berikut adalah beberapa daya tarik yang ditawarkan oleh wisata alam menawan ini:

1. Kombinasi Keindahan Embung dan Sunset

Emasnya matahari pagi yang menerangi embung dan kilauan oranye yang dibawa oleh matahari sore menjadikan Nglanggeran sebagai destinasi sempurna untuk menikmati keajaiban alam. Pengunjung berduyun-duyun datang untuk menyaksikan senja, di mana langit berubah menjadi kanvas berwarna jingga.

Ditambah dengan latar gunung-gunung seperti Gunung Gede, Gunung Bucu, Gunung Api Purba Nglanggeran, dan Gunung Wayang, menambah kekayaan visual tempat ini. Semua elemen ini bersatu, menciptakan suasana romantis yang tak terlupakan, terutama saat ditemani oleh orang yang Anda cintai.

2. Pengalaman Berkemah

Jika Anda adalah pencinta alam yang ingin menginap semalam, Embung Nglanggeran menawarkan kesempatan untuk berkemah di tepi embung, dikelilingi oleh udara pegunungan yang sejuk.

Namun, bagi mereka yang belum memiliki peralatan kemah, ada beberapa homestay di sekitarnya yang menawarkan pengalaman menginap yang nyaman. Meskipun informasi tentang penyewaan peralatan berkemah mungkin belum banyak, pengalaman menghabiskan malam di sini pasti akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Baca Juga:  Taman Bunga Amarilis, Symphony Warna dan Aroma di Tengah Alam Gunung Kidul

Alamat dan Rute Menuju Embung Nglanggeran

Alamat dan Rute Menuju Embung Nglanggeran
Foto: Twitter/Arso

Embung Nglanggeran, meski berada di ketinggian gunung, mudah dijangkau oleh para pengunjung. Infrastruktur jalan yang memadai memastikan perjalanan Anda lancar dan menyenangkan.

Embung ini beralamat di Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika Anda berangkat dari pusat kota Yogyakarta, Anda akan menempuh jarak kira-kira 30 km dengan estimasi waktu perjalanan sekitar satu jam.

Bagi Anda yang baru pertama kali berkunjung, berikut langkah-langkah menuju wisata menawan ini:

  1. Mulailah perjalanan Anda menuju arah timur dari pusat kota Yogyakarta, mengikuti rute menuju Wonosari.
  2. Setibanya di kawasan Bukit Bintang, lanjutkan perjalanan Anda hingga mencapai Desa Ngoro-oro.
  3. Setelah Desa Ngoro-oro, Anda akan menjumpai pertigaan. Dari titik ini, belok mengarah ke Pendopo Kaliasong.
  4. Teruskan perjalanan Anda hingga Anda mendapati sebuah pertigaan setelah SDN Nglanggeran. Di sini, ambil rute ke kiri.
  5. Ikuti petunjuk jalan dan dalam waktu singkat Anda akan tiba di Embung Nglanggeran.

Jam Operasional dan Harga Tiket Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran di Gunung Kidul ini menawarkan pemandangan alam yang memukau, buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai 18.00 WIB. Tapi ada catatan khusus untuk akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu, di mana lokasi ini buka selama 24 jam. Ini memberikan keleluasaan bagi Anda untuk datang kapan saja.

Momen terbaik untuk mengunjungi dan menikmati keindahan Embung tentunya saat sore hari. Saat itulah langit berwarna jingga dengan matahari yang tenggelam, menciptakan pemandangan yang amat memikat hati. Banyak pengunjung yang datang untuk menyaksikan panorama indah ini.

Embung Nglanggeran telah menjadi salah satu destinasi favorit bagi mereka yang ingin menikmati liburan di Jogja. Apalagi, dengan harga tiket masuk yang terjangkau, yakni Rp. 10.000 per orang, menjadikannya pilihan yang menarik.

Baca Juga:  15 Tempat Wisata di Wonosari Gunung Kidul yang Paling Hits

Selain itu, Anda perlu menyiapkan biaya tambahan untuk parkir. Untuk sepeda motor, tarifnya adalah Rp. 2.000, sedangkan untuk mobil dikenakan biaya Rp. 5.000.

Harap diperhatikan bahwa harga-harga yang disebutkan mungkin berubah sewaktu-waktu, jadi disarankan untuk selalu memeriksa informasi terbaru sebelum berkunjung.

Aktivitas Seru di Embung Nglanggeran

Aktivitas Seru di Embung Nglanggeran
Foto: Twitter/Januaragazzo

1. Eksplorasi Kawasan Embung

Memasuki area Embung Nglanggeran di Gunung Kidul ini, Anda akan diajak berpetualang melalui anak tangga yang berkelok menuju tepi embung. Meskipun tidak terlalu luas, embung ini tetap menawarkan panorama menawan yang dapat Anda nikmati dengan berkeliling. Bagi yang berjiwa petualang, bukit di belakang embung menantang untuk dijelajahi.

2. Menikmati Keindahan Senja

Berkunjung antara bulan Juni hingga Agustus? Anda beruntung! Embung Nglanggeran Gunung Kidul menawarkan pemandangan senja yang memukau. Di sini, Anda bukan hanya menyaksikan matahari tenggelam, tetapi juga refleksi indahnya di permukaan air tenang embung. Dengan posisi embung yang cukup elevasi, Anda dapat menikmati panorama senja tanpa hambatan.

3. Berkemah di Tepi Embung

Jika Anda terbiasa berkemah di Gunung Nglanggeran, kali ini coba rasakan sensasi berkemah di tepi embung. Dapatkan pengalaman ganda; beristirahat di kaki gunung sambil menikmati kedamaian tepi danau. Kelebihannya, Anda tidak perlu trekking jauh-jauh, dan saat pagi, kabut tipis yang menghampiri menambah suasana magis.

4. Berburu Moment Foto

Bagi para pecinta fotografi, Embung Nglanggeran merupakan surga kecil. Setiap sudut menawarkan keindahan yang siap diabadikan. Di pagi hari, embung dengan latar belakang kabut menghasilkan foto yang etereal. Di tengah hari, siluet Gunung Nglanggeran yang megah berdiri kokoh menambah dramatis.

Sementara saat senja, permukaan embung yang merefleksikan matahari tenggelam menciptakan foto yang instagramable. Ketika malam tiba, cahaya-cahaya yang berpendar dan gugusan bintang di langit menjadi sajian visual yang menawan.

Baca Juga:  Goa Pindul Jogja, Perpaduan Sempurna Antara Keajaiban Alam dan Adrenalin

Embung Nglanggeran Gunung Kidul tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga cerita sejarah dan evolusi alam yang kaya. Setiap tetes air dan setiap batu yang terhampar di sekitarnya adalah bukti keabadian alam yang telah ada sejak jutaan tahun lalu.

Berkunjung ke sini bukan hanya sekadar menikmati pemandangan, tetapi juga mengapresiasi warisan alam yang luar biasa, mengingatkan kita untuk selalu menghargai dan menjaga kekayaan alam yang kita miliki.