Rekreasi Gratis Ala Kota Jakarta

Rekreasi Gratis Ala Kota Jakarta

Mendengar nama Jakarta sudah pasti yang tertanam didalam benak anda adalah tempat glamor yang menyediakan berbagai wahana wisata dengan perkiraan ongkos mahal. Jika anda masih berpikir demikian, nampaknya pola pikir anda harus dirubah dan mencoba mengunjungi tempat wisata di bawah ini. Karena tidak hanya murah beberapa tempat wisaata ini bahkan tidaak dipungut biaya masuk alias gratis, namun ada beberapa syarat dan ketentuannya.

1. Museum Lorong Kebun

Photo by Google Maps (Marsya Nisrina)

Museum Lorong Kebun misalnya, adalah salah satu tempat wisata gratis yang terletak di Jalan Kemang Timur, Jakarta. Namun untuk dapat menikmati pemandaangan asri dan memanjakan mata secara gratis, anda harus mengajak rombongan paling sedikit tujuh orang dan paling banyak dua belas orang. Selain itu harus ada persetujuan dan negosiasi antara wisatawan dengan pihak museum, begitulah keterangan yang menunjukkan syarat masuk museum secara gratis. Banyak pengunjung yang menyebut tempat ini sebagai “Lorong Waktu”, karena jarak yang ditempuh untuk menuju bangunan utama kira-kira 60m panjangnya.

Sepanjang jalan, pengunjung disuguhi pemandangan kebun daan tanamn hijau yaang segar dan menyejukkan mata. Setelah sampai dibangunan utama, and akan melihat berbagai macam patung, topeng, fosil, arca, lukisan, waayang, dan barang berharga yang dikumpulkan oleh pemilik museum daari 21 provinsi di Indonesia dan 63 negara. Jika anda ingin memanjakan mata anda taanpa harus merogoh kocek, cukup kumpulkan teman anda dan segera kunjungi tempat tersebut.

Baca Juga:  Menyusuri Jalan Glodok Pecinan

Lokasi: Jl. Kemang Timur, Bangka, Kec. Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

2. Taman Suropati Menteng

Photo by Google Maps (Angeline Fortune)

Jika tadi kita sudah menikmati museum yang membawa kita pada lorong waktu, saatnya kita beralih menuju Taman Suropati Menteng. Anda memiliki waktu berlibur terbatas dan biaya terbatas, Taman Suropati yang terletak di Menteng Jakarta Pusat dapat menjadi salah satu alternatif untuk anda menghabiskan waktu luang dan mengurangi penat. Tidak hanya menyajikan keindahan, taman ini juga menyajikan sejarah karena dibangun sejak jaman Belanda dan merupakan taman bertemunya karya seniman dari enam negara pendiri ASEAN.

Penduduk sekitar biasanya memanfaatkan tempat wisata ini untuk berjalan-jalan santai, joging, atau hanya sekadar mencari udara segar. Taman ini buka selama dua puluh empat jam, aksesnya juga cukup mudah karena terletak di tengah kota Jakarta Pusat. Selain menyediakan pemandangan yang indah serta udara yang cukup segar, di taman ini juga terdapat beberapa pedagang keliling yang menjajakan makanan daan minumaan ringan, seperti indomie, teh panas, kopi, atau air mineral sehingga dapat mengganjal perut anda yang kelaparan sesudah berjalan, jogging, atau sekadar bermain ditaman ini.

Lokasi: Jl. Taman Suropati, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

3. Perpusnas RI

Photo by Google Maps (Jakarta Tourism)

Sudah puas menikmati taman dengan udara segar, saatnya kita menambah wawasan pengetahuan kita dengan membaca buku. Tempat penyimpanan buku terbesar dan terlengkap di Jakarta sudah pasti Perpusnas RI yang terletak di Jalan Salemba Jakarta Pusat. Tidak hanya menyediakan ruang koleksi buku, perpustakaan ini juga menyediakan fasilitas laain seperti taman bermain anak, ruang video game, ruang koleksi benda bersejarah, dan ruang kitab kuno. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk dapat masuk ke area ini karena tempaat ini adaalaah fasilitas negara yang diperuntukkan bagi masyarakat umum khususnya pelajar.

Baca Juga:  Wisata Sejarah Jakarta, Rekresi Sambil Bernostalgia

Namun sangat disarankan bagi anda untuk membuat kartu anggota jika sewaktu-waktu anda ingin meminjam buku. Syarat pembuatan kartu anggota cukup mudah, anda hanya perlu menunjukkan KTP atau kartu identitas lain yang menerangkan bahwa anda merupakan warga yang berdomisili di Jakarta atau anda merupakan mahasiswa yang sedang berkuliah di Jakarta.

Lokasi: Jl. Medan Merdeka Selatan, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.