Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Museum De Javasche Bank, Jendela Sejarah Perbankan Indonesia di Surabaya

Avatar photo
57
×

Museum De Javasche Bank, Jendela Sejarah Perbankan Indonesia di Surabaya

Share this article
Museum De Javasche Bank, Jendela Sejarah Perbankan Indonesia di Surbaya

Jelajahi Museum De Javasche Bank di Indonesia, sebuah monumen sejarah yang menyingkap awal mula perbankan di negara ini dengan koleksi unik dan arsitektur kolonial yang menawan.

Jelajahi Museum De Javasche Bank, monumen bersejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan panjang industri perbankan di Indonesia, dengan koleksi yang kaya dan narasi yang memikat.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Menentukan destinasi wisata yang unik dan menarik memang tidak mudah untuk dilakukan terutama ketika sedang berada di Surabaya.

Di kawasan kota Pahlawan ini Anda akan banyak menemukan destinasi wisata sejarah yang sangat mengedukasi seperti Museum De Javasche Bank. Yuk Ketahui hal apa saja yang bisa ditemukan dan dilakukan di lokasi wisata ini

Daya Tarik  Wisata Museum De Javasche Bank

Daya Tarik Wisata Museum De Javasche Bank
Foto: Google Maps/Berlian Priyandany

1. Arsitektur Bangunannya

Berkunjung ke gedung ini akan membuat Anda seolah-olah telah menemukan peninggalan arsitektur terbaik. Pasalnya, bangunan ini dikenal sebagai bangunan peninggalan zaman kolonial, meski telah dimodifikasi di beberapa bagian.

Meskipun begitu, bangunan ini tetap meninggalkan suatu kesan bangunan Belanda yang dipadukan menggunakan gaya modern.

Maka tak heran ketika gaya bangunannya terlihat unik serta menarik bagi wisatawan yang menggemari wisata sejarah. Begitu tiba, Anda akan disuguhi pemandangan tiang-tiang klasik yang menjulang tinggi.

Pilar-pilarnya kokoh serta masih mempertahankan gaya arsitektur khas Eropa. Warna putih yang menghiasi keramik bermotif kuno mendominasi dan seolah memperkuat kesan jadul.

Meski mempertahankan konsep desain lama, beberapa bagian banguann ini sebenarnya telah direnovasi. Itulah hal yang membuat destinasi wisata sejarah ini sangat unik.

Anda perlu mendatangi tempat wisata ini terutama ketika sedang menghabiskan waktu liburan di surabaya. Anda akan bisa memperoleh pengetahuan  baru saat berlibur di Surabaya

Baca Juga:  Pantai Sundak, Cerita Alam dan Mitos yang Menakjubkan di Gunung Kidul

2. Foto Sejarah Perbankan Indonesia

Saat Anda memasuki lantai dua, pastinya akan menemukan sebuah ruangan besar dengan pilar-pilar khusus yang semakin terlihat jelas.

Kehadiran lampu gantung klasik di ruangan ini juga menambah nuansa vintage di sekitarnya. Ruangan itu juga berisi foto-foto yang menggambarkan tentang sejarah perbankan. Lokasi ini cocok digunakan sebagai inspirasi foto bergaya vintage.

3. Keindahan Tangga Besi dan Jendela besar

Selanjutnya anda akan bisa melihat sebuah tangga besi yang mengarah ke lantai tiga. Hampir seluruh bagian permukaannya berwarna coklat dan menyatu dengan arsitektur ruangan yang berwarna putih.

Railing yang terbuat dari material kayu menggunakan dekorasi garis-garis, efek vintage cukup kental pada tangga ini. Tidak heran itu adalah tempat favorit bagi pengunjung yang sering berkunjung.

Namun saat menaiki tangga disarankan untuk berjalan pelan karena suara anak tangga terdengar cukup keras. Naik ke lantai tiga, ruang museum ini dikelilingi jendela-jendela besar.

Berbentuk persegi panjang serta ditutup dengan besi yang sangat kuat dan hiasan ukiran kecil pada sudut jendela. Lokasi ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin difoto secara siluet

Alamat & Rute Menuju Lokasi

Jika ingin mengunjungi kawasan wisata unik ini maka anda perlu datang ke Jalan Garuda No.1 yang ada di Krembang Selatan, Kota Surabaya.

Terdapat banyak fasilitas kendaraan umum yang bisa dijadikan pilihan ketika hendak mendatangi museum. Namun akan jauh lebih nyaman ketika anda melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi

Rute yang perlu dilalui untuk bisa tiba di kawasan wisata ini yaitu dengan mengambil jalur menuju Jalan Kembang Jepun dan lurus hingga ke Jalan rajawali.

Jika sudah maka lanjutkan perjalanan sampai tiba di Jalan Garuda dan anda langsung bisa menemukan tempat wisata ini. Jika anda memilih menggunakan kendaraan umum seperti Suroboyo bis maka bisa turun di halte Rajawali

Baca Juga:  Cadas Gantung, Menikmati Indahnya Panorama Alam Majalengka dari Ketinggian

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan
Foto: Google Maps/Deva Aldiansyah

1. Mengambil Gambar

Setiap sudut yang ada di De Javasche Bank ini terbilang sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi selfie. Selain sejarah yang tersimpan di dalamnya, bangunan dengan gaya Eropa ini juga menjadi magnet utama yang akan mampu menarik banyak wisatawan untuk berkunjung.

Terdapat beberapa lokasi favorit yang dijadikan sebagai lokasi hunting foto. Area tersebut diantaranya terdapat di outdoor garden dan area lobby Indoor.

Jika Anda menginginkan hasil foto terbaik maka dapat mengambil foto di kawasan wisata ini dan mengabadikannya menggunakan kamera profesional. Setiap pengunjung yang datang diperkenankan untuk membawa atribut foto sesuai dengan keinginan masing masing

2. Melihat Ruang Kerja Bekas Teller

Di ruangan lain, pengunjung akan berkesempatan untuk melihat bekas area kerja pegawai bank saat De Javasche Bank masih beroperasi.

Pekerjaan teller dibuat sangat aman oleh pemerintah kolonial. Anda melihat sebuah ruangan kayu berbentuk kotak yang dikelilingi oleh jeruji besi yang kokoh. Desain bagian inilah yang cukup menarik perhatian pemburu foto.

3. Belajar Sejarah

Pengunjung dapat mengikuti perkembangan mata uang sejak zaman Hindia Belanda hingga Reformasi. Mata uang logam dan kertas tersedia di sini, dan pengunjung bisa melihatnya dari dekat.

Bahkan sejarah keberadaan mata uang rupiah pun sudah dijelaskan, dari era pertukaran hingga saat ini terdapat transaksi moneter. Anda bisa menambah pengetahuan perbankan yang benar-benar baru.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Tempat wisata edukasi ini memberikan banyak pengetahuan bagi setiap wisatawan yang datang. Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan yang tinggi, destinasi ini menyediakan fasilitas yang cukup memadai.

Beberapa fasilitas yang bisa ditemukan diantaranya berupa lahan parkir yang luas sehingga anda tidak akan kebingungan meletakkan kendaraan

Baca Juga:  Monumen Jogja Kembali, Sebuah Simbol Perjuangan Jogjakarta untuk Indonesia

Fasilitas berikutnya yang bisa ditemukan yaitu berupa toilet dan tempat ibadah berupa mushola. Jika ingin bersantai setelah berkeliling museum maka anda bisa memilih duduk di bangu taman yang telah disediakan.

Jika merasa bingung mencari lokasi galeri di Museum De Javasche Bank maka anda bisa mengunjungi pusat informasi yang ada di bagian depan museum

Tempat wisata yang satu ini memang mampu memberikan kesan yang berbeda. Anda bisa berwisata dengan mendapatkan informasi sejarah terkait perkembangan perbankan di dunia dan di Indonesia.

Museum bank ini bisa dikunjungi bersama dengan anak atau keluarga agar bisa lebih memahami tentang berbagai hal yang berkenaan dengan sejarah Bank Indonesia.