Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

15 Tempat Wisata di Sabang Terbaru & Paling Favorit

Avatar photo
32
×

15 Tempat Wisata di Sabang Terbaru & Paling Favorit

Share this article
15 Tempat Wisata di Sabang Terbaru & Paling Favorit

Kota Sabang bisa dijadikan referensi destinasi wisata selanjutnya bagi kaum traveller yang sedang ingin merencanakan perjalanan ke luar pulau Jawa. Sabang adalah satu kota yang ada di Provinsi Aceh. Sabang juga berada dekat dengan Kota Medan.

Kota Sabang juga dijuluki sebagai daerah paling utara di Indonesia. Kota Sabang memiliki potensial sebagai tempat wisata yang sangat menawan, dan seiring berjalannya waktu Kota Sabang sudah menjadi kota yang maju dan terkenal dengan tempat pariwisatanya.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Oleh karena itu, Sabang menjadi destinasi yang sedang cukup trend di kalangan wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara. Beberapa daftar tempat wisata di bawah ini bisa dijadikan acuan selama bepergian ke Kota Sabang, yakni:

1. Pantai Iboih

Tempat wisata yang pertama adalah Pantai Iboih, tempat wisata ini berlokasi di Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh, Indonesia. Pantai Iboih adalah satu pantai yang ada di Kota Sabang. Pantai Iboih merupakan surganya wisata bahari yang ada di Pulau Weh.

Pantai Iboih menyuguhkan keindahan pemandanga lautnya dan wisata bawah lautnya yang beraneka ragam. Bahkan pantai ini menjadi tempat wisata yang populer dan banyak diburu oleh wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara.

Pengunjung bisa melakukan snorkeling, atau pun diving di pantai ini. Ombak pantai yang sangat tenang serta air laut yang jernih dan berwarna kebiruan menjadikannya menjadi destinasi wisata yang wajib untuk di kunjungi di Kota Sabang.

Fasilitas yang ada di tempat wisata ini cukuplah lengkap seperti warung makan, penyewaan perlengkapan untuk snorkeling dan diving, toiler, mushola, dan tempat penginapan. Namun perlu diingat bahwa ada larangan bagi pengunjung untuk tidak boleh memakai bikini dan pakaian renang serta pada hari Kamis dan Jum’at yang tidak diperbolehkan untuk memasuki kawasan pantai.

2. Pantai Sumur Tiga

Tempat wisata yang kedua adalah Pantai Sumur Tiga, tempat wisata ini berlokasi di Iem Meulee, Ie Meulee, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Pantai Sumur Tiga menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal dan wisatawan asing yang berkunjung di Sabang.

Dulunya Pantai Sumur Tiga ada pada zaman penjajahan Belanda. Sesuai dengan namanya pantai ini memiliki seumur memiliki rasa air tawar walaupun jaraknya hanya berkisar 15 m dari pantai.

Pengunjung bisa menikmati keindahan dari pasir putih yang lembut dan pohon-pohon kelapa tumbuh di sekitar pantai. Suasana pantai cukup sangat sepi dan cocok untuk pengunjung yang ingin berlibur di pantai yang cukup tenang dan jauh dari keramaian.

3. Pantai Anoi Itam

Tempat wisata yang ketiga adalah Pantai Anoi Itam, tempat wisata ini berlokasi di Anoe Itam, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Nama pantai ini berasal dari bahasa Aceh yang memiliki arti pasir hitam. Karena warna pasirnya yang hitam legam, pantai ini dijadikan destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Baca Juga:  15 Tempat Wisata di Kaliurang Sleman yang Paling Hits

Pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan pantai dari air lautnya yang jernih dan berwarna kebiruanserta tebing yang berdiri kokoh di sekitar pantai. Fasilitas di tempat wisata ini cukuplah lengkap dan untuk biaya tiket masuk dikenakan sebesar Rp 10.000. Pantai Anoi Itam buka setiap hari selama 24 jam full.

4. Pantai Ujong Kareung

Tempat wisata yang keempat adalah Pantai Ujong Kareung, tempat wisata ini berlokasi di Jalan H. Agus Salim, Ie Meule, Sukajaya, Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh. Pantai Ujong Kareung memiliki daya tarik tersendiri yakni dari terik matahari yang menawan, serta pasir pantainya yang bersih.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk potret fotografi alam yang masih asri dan hijau. Pengunjung pun bisa menikmati indahnya batu karag dengan air laut yang berwarna tosca. Bahkan ombak dari pasir ini cukup tenang dan bisa digunakan untuk berenang dan berendam air. Tempat wisata ini buka setiap hari hingga 24 jam full.

5. Pantai Tapak Gajah

Tempat wisata yang kelima adalah Pantai Tapak Gajah, tempat wisata ini berlokasi di Ie Meulee, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Pantai Tapak Gajah menjadi sebuah tempat wisata dari sebuah kejadian ketika penduduk setempat menemukan sebuah prasasti yang memiliki bentuk seperti kaki gajah dan akhirnya menamani desanya dengan nama tersebut.

Pantainya juga dinamai seperti desa karena memang letak pantai ada di Desa Tapak Gajah. Pengunjung bisa melakukan snorkeling, diving, atau pun fotografi. Pantai Tapak Gajah menyuguhkan keindahan dari pasir putihnya dan pepohonan kelapa yang terlihat asri dan masih alami. Tempat wisata ini buka setiap hari sampai 24 jam full.

6. Pantai Kasih

Tempat wisata yang keenam adalah Pantai Kasih, tempat wisata ini berlokasi di Kuta Ateueh, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Pantai Kasih menawarkan keindahan dari pohon palem yang berjejer serta deburan ombak yang cukup tenang dan pasir putihnya yang bersih.

Pengunjung bisa melihat sunset di pantai ini pada jam 3 atau 4 sore sampai menjelang Maghrib. Pengunjung akan menemui banyak sajian kuliner di sepanjang pantai. Pantai Kasih buka setiap hari sampai 24 jam full.

7. Pantai Gapang

Tempat wisata yang ketujuh adalah Pantai Gapang, tempat wisata ini berlokasi di Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh. Nama Gapang berasal dari bahasa Aceh, yakni dari nama pohon yang bernama Gapang. Banyaknya pohon Gapang yang tumbuh di sekitar membuat penduduk untuk memberi nama Pantai Gapang.

Baca Juga:  Embung Nglanggeran, Cermin Alam Gunung Kidul yang Memukau

Pengunjung bisa melihat keindahan dari gradasi warna yang ada pada pemandangan lautnya. Bahkan dijadikan sebuah objek bagi para fotografer karena background pantai yang sangat menawan. Di sekitar pantai ada banyak penjual kuliner dan cafe internasional yang bisa memuaskan perut pelanggan. Tempat wisata ini dibuka setiap hari sampai 24 jam full.

8. Pantai Paneuh

Tempat wisata yang kedelapan adalah Pantai Paneuh, tempat wisata ini berlokasi di Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh. Pantai Paneuh merupakan salah satu pantai yang ada di Sabang yang dikhususkan bagi pengunjung yang ingin berkemah di Iboih.

Pantai Paneuh menawarkan suasana yang cukup tenag dan pemandangan alam yang masih asri dan hijau. Bahkan pengunjung bisa menghabiskan waktunya sampai malam untuk kegiatan api unggun, serta melihat bintang. Tempat wisata ini dibuka setiap hari sampai 24 jam full.

9. Pantai Pasir Putih

Tempat wisata yang kesembilan adalah Pantai Pasir Putih, tempat wisata ini berlokasi di Paya, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Pantai Pasir Putih menyuguhkan keindahan hamparan pasir putih yang bersih dan air laut yang berwarna tosca. Suasana di pantai ini lumayan cukup sepi dan belum banyak orang yang mengunjungi tempat ini.

Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi ketika merasa lelah dan ingin melepas penat dari beban pekerjaan. Fasilitas yang disediakan tempat ini cukuplah lengkap seperti toilet dan mushola dan lain-lain. Pantai Pasir Putih buka setiap hari sampai 24 jam full.

10. Pantai Pasir Putih Keuneukai

Tempat wisata yang kesepuluh adalah Pantai Pasir Putih Keuneukai, tempat wisata ini berlokasi di Desa Kenekai, Sabang, Aceh. Pantai Keuneukai memiliki pasir yang lembut dan putih yang hampir mirip dengan selimut berwarna putih.

Pepohonan dan air yang berwarna kebiruan menjadikan pantai ini cocok untuk digunakan berenang dan berendam di pinggir pantai. Sunset di pantai ini juga tak kalah dengan pantai lainnya yang ada di Sabang. Tempat wisata ini buka setiap hari sampai 24 jam full.

11. Pantai Teupin Layeu

Tempat wisata yang kesebelas adalah Pantai Teupin Layeu, tempat wisata ini berlokasi di Sabang, Aceh. Pantai ini memiliki keindahan alam bawah lautnya dan pemandangan alam pantainya.

Pengunjung bisa melakukan snorkeling, diving, menyelam dan berfoto bersama ikan-ikan kecil. Ombak di pantai ini juga tenang sehingga pengunjung bisa berendam dan bermain air di pinggir pantai. Tempat wisata ini buka setiap hari selaman 24 jam full.

Baca Juga:  Taman Lembah Mawar, Taman Kota yang Menawarkan Berbagai Keindahan di Depok

12. Pantai Keramat Pandan

Tempat wisata yang keduabelas adalah Pantai Keramat Pandan, tempat ini berlokasi di Ateuh, sukakarya, Sabang, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Pantai Keramat Pandan menyuguhkan keindahan dari pasir pantai yang berwarna putih bersih dan air laut yang berwarna gradasi kebiruan.

Disamping itu pantai ini juga memiliki batu-batu yang cukup besar di sekitar pantai. Pantai ini juga masih sepi dan belum banyak pengunjung yang tahu mengenai Pantai Keramat Pandan. Tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam full.

13. Pantai Mata Ie Sabang

Tempat wisata yang ketigabelas adalah Pantai Mata Ie Sabang, tempat wisata ini berlokasi di Ujong Kareung, Kota Sabang, Aceh. Pantai Mata Ie Sabang menyuguhkan keindahan dari arus air yang ada di pantai serta hembusan angin yang sepoi-sepoi dan ditambah dengan pepohonan hijau yang tumbuh disekitar di pantai.

Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata bagi pengunjung yang mencari ketenangan dan ingin merilekskan tubuh dari stress. Pengunjung juga bisa melakukan kemah di pantai ini. Tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam full.

14. Pantai Jaboi

Tempat wisata yang keempatbelas adalah Pantai Jaboi, tempat wisata ini berlokasi di Jaboi, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Pantai Jaboi memiliki keunikan tersendiri dari pantai lainnya, yakni adanya dua pemandian air panas lokal di sekitar pantai.

Pantai Jaboi menawarkan keindahal dari pasir putih yang bersih dan lembut serta air laut yang jernih berwarna kebiruan. Tempat wisata ini dibuka setiap hari sampai 24 jam full.

15. Pantai Arun Sabang

Tempat wisata yang terakhir adalah Pantai Arun Sabang, tempat wisata ini berlokasi di Anoe Itam, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Pantai Arun Sabang memiliki banyak batuan besar di tepi pantai.

Batu-batu tersebut berfungsi sebagai pembatas untuk jalan raya dengan air pantai. Pengunjung bisa menikmati keindahan air laut serta menikmati deburan ombak yang besar. Tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam full.

Tempat wisata di Sabang sudah sangat banyak yang bermunculan, dan menjadikannya sebagai kota pariwisata yang terkenal. Untuk bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan di Kota Sabang mungkin bisa dengan berkunjung ke daftar tempat wisata yang ada di atas.