Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
DI Yogyakarta

Mengungkap Pesona Tersembunyi Taman Sari Jogja: Wisata Sejarah yang Memikat Hati

Avatar photo
37
×

Mengungkap Pesona Tersembunyi Taman Sari Jogja: Wisata Sejarah yang Memikat Hati

Share this article
Mengungkap Pesona Tersembunyi Taman Sari Jogja: Wisata Sejarah yang Memikat Hati
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Patehan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

Taman Sari Jogja, juga dikenal sebagai Taman Sari Water Castle, adalah salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Yogyakarta, Indonesia. Terletak di pusat Kota Jogja, Taman Sari menawarkan kombinasi unik antara keindahan arsitektur, sejarah yang kaya, dan keasrian alam yang menakjubkan.

Untuk Anda yang tertarik dengan destinasi sejarah ini, berikut ini ulasan apa saja hal menarik di Taman Sari yang dapat membantu Anda merencanakan kunjungan yang menyenangkan.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Mengenal Sejarah Singkat Taman Sari Jogja

Taman Sari dibangun pada abad ke-18 oleh Sultan Hamengkubuwono I, yang merupakan raja pertama Kesultanan Yogyakarta. Tempat ini awalnya dirancang sebagai tempat peristirahatan dan tempat rekreasi pribadi bagi keluarga kerajaan. Selain itu, Taman Sari juga digunakan sebagai tempat pelatihan militer dan pusat seni dan budaya.

Awalnya, Taman Sari memiliki struktur yang sangat megah dengan kolam-kolam, taman-taman, dan paviliun-paviliun yang indah. Namun, pada tahun 1867, kompleks ini mengalami kerusakan akibat gempa bumi yang mengguncang Jogja. Meskipun demikian, sebagian besar bangunan dan kolam masih dapat dinikmati oleh para pengunjung saat ini.

Daya Tarik Taman Sari Jogja

1. Bangunan Pemandian

Salah satu daya tarik utama Taman Sari adalah bangunan pemandian yang megah. Bangunan ini terdiri dari serangkaian kolam dan bangunan bertingkat yang indah. Bangunan pemandian memiliki arsitektur tradisional Jawa yang khas dengan sentuhan gaya Eropa yang dipengaruhi oleh kebudayaan VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie).

2. Sumur Gumuling

Salah satu tempat yang paling menarik di Taman Sari adalah Sumur Gumuling. Sumur ini memiliki keunikan karena terletak di bawah tanah dan memiliki akses langsung ke dalam kolam. Pengunjung dapat menjelajahi terowongan dan tangga menuju sumur ini, yang memberikan pengalaman yang unik dan menarik.

3. Ruang Rahasia

Taman Sari juga memiliki ruang rahasia yang tersembunyi di dalam kompleks. Ruang ini digunakan oleh keluarga kerajaan untuk bertemu atau beristirahat dengan tenang Anda dapat menjelajahi ruang-ruang ini dan merasakan aura sejarah yang terasa kuat di dalamnya.

Baca Juga:  Gembira Loka Zoo Jogja: Sejarah, Daya Tarik, dan Rute Menuju Lokasi

4. Area Pertunjukan Seni dan Budaya

Taman Sari sering digunakan sebagai tempat pertunjukan seni dan budaya sehingga pengunjung dapat menikmati tarian tradisional Jawa, pertunjukan wayang kulit, dan acara seni lainnya di tempat ini. Pertunjukan-pertunjukan ini memberikan gambaran yang lebih dalam tentang budaya Jawa dan warisan kerajaan Jogja.

Rute Menuju Tempat Wisata Sejarah

Rute Menuju Tempat Wisata Sejarah
Foto: Facebook/Jogjaku

Taman Sari terletak di Jalan Taman Sari, Yogyakarta, dan dapat dicapai dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa rute yang dapat Anda ikuti:

1. Dari Stasiun Tugu Jogja:

  • Naik Angkutan Umum: Dari Stasiun Tugu Jogja, Anda dapat naik angkutan umum seperti Trans Jogja dengan jurusan 1A atau 3A menuju halte Taman Sari. Dari halte, Anda dapat berjalan kaki ke Taman Sari.
  • Naik Taksi atau Ojek Online: Anda juga dapat naik taksi atau memesan ojek online untuk menuju Taman Sari dari Stasiun Tugu Jogja pastikan untuk menggunakan aplikasi resmi dan mengikuti petunjuk keselamatan yang diberikan.

2. Dari Bandara Internasional Yogyakarta:

  • Naik Taksi: Dari Bandara Internasional Yogyakarta, Anda dapat naik taksi menuju Taman Sari pastikan untuk menggunakan taksi resmi yang tersedia di bandara dan mengatur tarif sebelum perjalanan.
  • Naik Transportasi Online: Alternatif lain adalah memesan transportasi online seperti Grab atau Gojek untuk pergi ke Taman Sari dari bandara. Pastikan untuk menggunakan aplikasi resmi dan mengikuti petunjuk keselamatan yang diberikan.

3. Dari Pusat Kota Jogja:

  • Berjalan Kaki: Jika Anda berada di pusat kota Jogja, Anda dapat berjalan kaki ke Taman Sari karena lokasinya yang berada di pusat kota. Ikuti petunjuk arah atau gunakan aplikasi peta untuk memastikan Anda mengikuti rute yang tepat.
  • Naik Becak: Anda juga dapat naik becak tradisional untuk pergi ke Taman Sari dari pusat kota Jogja. Pastikan untuk menentukan harga sebelumnya dengan pengemudi becak.
Baca Juga:  Menjelajahi Biota Laut dengan Snorkeling di Pantai Yogyakarta

Sebelum mengunjungi Taman Sari, pastikan untuk memeriksa jam buka dan harga tiket terbaru sehingga hal ini dapat membantu Anda merencanakan kunjungan yang lebih baik dan menghindari kekecewaan.

Ragam Aktivitas Menarik di Taman Sari

Taman Sari Jogja menawarkan berbagai aktivitas menarik yang dapat Anda nikmati selama kunjungan Anda. Berikut adalah beberapa aktivitas yang populer di Taman Sari:

1. Berjalan-jalan dan Menjelajahi

Taman Sari memiliki kompleks yang luas dan indah yang menawarkan banyak sudut menarik untuk dieksplorasi. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar kolam, taman, dan paviliun-paviliun yang indah, sambil menikmati keindahan arsitektur dan suasana yang tenang.

2. Hunting Foto

Keindahan arsitektur dan lingkungan alami Taman Sari membuat tempat ini menjadi surga bagi para fotografer. Anda dapat mengambil foto-foto yang indah dengan latar belakang bangunan pemandian yang megah, sumur Gumuling, atau ruang-ruang rahasia yang tersembunyi.

3. Menyusuri Terowongan dan Tangga Menuju Sumur Gumuling

Sumur Gumuling merupakan salah satu spot yang paling dicari di Taman Sari. Anda dapat menjelajahi terowongan dan menaiki tangga yang mengarah ke sumur ini. Pengalaman ini akan memberikan sensasi petualangan dan keunikan yang tak terlupakan.

4. Menonton Pertunjukan Seni dan Budaya

Taman Sari sering digunakan sebagai tempat pertunjukan seni dan budaya sehingga Anda dapat menikmati pertunjukan tarian tradisional Jawa, pertunjukan wayang kulit, atau acara seni lainnya yang diadakan di tempat ini. Pertunjukan ini akan memberikan pengetahuan yang lebih dalam tentang budaya Jawa dan peninggalan kerajaan Jogja.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Aktivitas Taman Sari Jogja
Foto: Facebook/Kota Jogja

Selain aktivitas-aktivitas tersebut, Taman Sari juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang akan menambah kenyamanan kunjungan Anda. Beberapa fasilitas yang tersedia di Taman Sari antara lain:

  • Area Parkir: Taman Sari menyediakan area parkir yang cukup luas untuk kendaraan pribadi maupun umum & pastikan untuk mengikuti petunjuk dan aturan parkir yang berlaku.
  • Area Istirahat: Terdapat area istirahat yang nyaman di dalam kompleks Taman Sari. Anda dapat beristirahat sejenak, bersantai, atau menikmati makanan dan minuman ringan di area ini.
  • Area Informasi dan Pemandu Wisata: Di Taman Sari, Anda dapat menemukan area informasi dan pemandu wisata yang siap membantu Anda dengan informasi dan petunjuk tentang tempat ini. Jika Anda ingin mendapatkan penjelasan yang lebih mendalam tentang sejarah dan keunikan Taman Sari, Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada pemandu wisata yang tersedia.
Baca Juga:  15 Tempat Wisata Malam di Jogja yang Paling Hits

Tempat Wisata yang Dekat Taman Sari

Selain itu, Taman Sari juga memiliki sejumlah objek wisata terdekat yang dapat Anda kunjungi setelah mengelilingi kompleks ini. Beberapa tujuan wisata terdekat antara lain:

1. Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Terletak tidak jauh dari Taman Sari, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kesultanan Yogyakarta. Anda dapat mengunjungi kraton ini untuk melihat kehidupan kerajaan dan menikmati keindahan arsitektur tradisional Jawa.

2. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul, atau Alkid, merupakan alun-alun yang terletak di dekat Taman Sari. Tempat ini menjadi tempat favorit warga Jogja untuk bersantai, bermain layang-layang, atau sekadar menikmati suasana malam.

3. Pasar Ngasem

Pasar Ngasem adalah pasar tradisional yang terletak di dekat Taman Sari anda dapat berbelanja berbagai barang unik, seperti pernak-pernik Jawa, kerajinan tangan, dan oleh-oleh khas Jogja di pasar ini.

4. Bangsal Kencana

Bangsal Kencana adalah tempat yang terletak di dalam kompleks Keraton Yogyakarta. Tempat ini sering digunakan untuk upacara kerajaan dan pementasan seni tradisional Jawa. Anda dapat mengunjungi Bangsal Kencana untuk melihat keindahan arsitektur dan kegiatan budaya yang berlangsung di tempat ini.

Taman Sari Jogja menawarkan pengalaman yang unik dengan keindahan alam dan sejarah yang kaya. Nikmati setiap momen saat menjelajahi kompleks Taman Sari, dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan serta menghormati aturan yang berlaku. Selamat menjelajahi keajaiban Taman Sari Jogja!