Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
DI Yogyakarta

Pantai Parangtritis: Menikmati Keindahan Alam di Pantai Mistis Jawa

Avatar photo
48
×

Pantai Parangtritis: Menikmati Keindahan Alam di Pantai Mistis Jawa

Share this article
Pantai Parangtritis: Menikmati Keindahan Alam di Pantai Mistis Jawa
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pantai Parangtritis Mancingan, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Indonesia, dengan ribuan pulau yang menjadi bagian dari keragaman budayanya, juga dianugerahi pantai-pantai yang menakjubkan dengan daya tarik uniknya masing-masing. Salah satunya adalah Pantai Parangtritis, sebuah destinasi wisata yang menawan dan penuh misteri di Yogyakarta. Berlokasi sekitar 27 kilometer dari pusat kota, pantai ini menghadirkan kombinasi yang sempurna antara keindahan alam dan kekayaan budaya.

Daya Tarik

Daya Tarik
Foto: Twitter/Fis

Pantai Parangtritis menawarkan beberapa daya tarik yang membuatnya layak dikunjungi dan salah satunya adalah pemandangan sunset yang indah dan dramatis. Pantai ini menghadap barat, sehingga wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam yang spektakuler dengan latar belakang ombak laut yang memukul tebing dan pasir hitam pantai. Ketika air laut surut, wisatawan juga dapat melihat pola unik yang terbentuk di pasir, seolah-olah alam sendiri berusaha membuat seni.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Salah satu keunikan lain dari Pantai Parangtritis adalah legenda mistis yang melingkupinya. Pantai ini dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai kerajaan gaib Ratu Pantai Selatan, atau yang juga dikenal sebagai Nyai Loro Kidul. Legenda ini membuat pantai ini semakin menarik dan memancing rasa penasaran wisatawan.

Selain itu, pantai ini juga menawarkan berbagai aktivitas menarik, seperti bermain layang-layang, berkuda, atau mencoba olahraga ekstrem seperti paralayang. Ada juga pasar lokal yang menjual berbagai barang dan makanan khas Yogyakarta yang bisa dinikmati para wisatawan.

Rute Menuju Lokasi

Untuk mencapai Pantai Parangtritis, wisatawan dapat menggunakan berbagai moda transportasi sehingga saat Anda memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta, Anda bisa mengambil bus Trans Jogja dengan rute ke Pantai Parangtritis. Bus ini beroperasi setiap hari dan memungkinkan Anda untuk sampai ke destinasi dengan mudah dan murah.

Baca Juga:  Menoreh Sky Bridge, Spot Foto Bernuansa Alam di Kulon Progo

Alternatif lain adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa sepeda motor. Jika Anda memilih untuk mengendarai sendiri, ambillah rute selatan dari pusat kota Yogyakarta melalui Jalan Bantul. Setelah sampai di pusat kota Bantul, ikuti arah ke Pantai Parangtritis. Walaupun jaraknya agak jauh, rute ini menawarkan pemandangan pedesaan yang indah dan juga beberapa tempat bersejarah yang dapat Anda kunjungi di sepanjang perjalanan.

Ragam Aktivitas

Ragam Aktivitas
Foto: Twitter/Adhara Residence

Di Pantai Parangtritis, ada beragam aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk menambah pengalaman Anda. Salah satu yang paling populer adalah berkuda di sepanjang pantai. Ada banyak penjual kuda yang menawarkan layanan ini, memberikan kesempatan unik untuk menikmati keindahan pantai sambil berkuda.

Bagi mereka yang mencari adrenalin, cobalah aktivitas sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo yang berdekatan. Gumuk pasir ini adalah gurun pasir alami yang terbentuk dari endapan pasir laut, menjadi tempat yang sempurna untuk mencoba olahraga ekstrem ini. Anda juga bisa mencoba paralayang untuk merasakan sensasi terbang di atas pantai yang indah ini.

Jika Anda ingin mencicipi kuliner lokal, jangan lewatkan kesempatan untuk makan di warung-warung pinggir pantai. Menikmati seafood segar sambil menatap pemandangan pantai dengan suara deburan ombak sebagai latar belakang pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Objek Wisata Terdekat

Saat berada di Pantai Parangtritis, ada beberapa objek wisata terdekat yang bisa Anda kunjungi. Pertama adalah Gumuk Pasir Parangkusumo, sebuah padang pasir unik yang menjadi bagian dari Taman Nasional Pantai Parangtritis. Tempat ini menawarkan pemandangan eksotis dan menjadi lokasi populer untuk olahraga pasir seperti sandboarding.

Tidak jauh dari Parangtritis, Anda juga bisa mengunjungi Pantai Parangendog. Pantai ini lebih sepi dibandingkan Parangtritis dan menawarkan pemandangan alam yang lebih tenang dan damai. Di pantai ini, Anda bisa melihat bebatuan eksotis dan menikmati keindahan sunset tanpa keramaian.

Baca Juga:  3 Museum Karya Seni di Yogyakarta Yang Wajib di Kunjungi

Satu lagi objek wisata yang layak dikunjungi adalah Pantai Parangkusumo. Pantai ini merupakan tempat penting bagi masyarakat setempat, karena sering dijadikan tempat upacara dan persembahan bagi Ratu Pantai Selatan.

Secara keseluruhan, Pantai Parangtritis merupakan tujuan wisata yang harus dikunjungi saat berada di Yogyakarta. Dengan perpaduan unik antara pemandangan alam yang menakjubkan, budaya lokal yang kaya, dan berbagai aktivitas menarik, pantai ini memang layak mendapatkan tempat di daftar tujuan wisata Anda.