Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
DI Yogyakarta

Gembira Loka Zoo Jogja: Sejarah, Daya Tarik, dan Rute Menuju Lokasi

Avatar photo
57
×

Gembira Loka Zoo Jogja: Sejarah, Daya Tarik, dan Rute Menuju Lokasi

Share this article
Gembira Loka Zoo
Harga Tiket: Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Raya, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

Sejarah Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo adalah kebun binatang yang terletak di kota Yogyakarta, & diresmikan pada tahun 1956, kebun binatang ini memiliki sejarah yang panjang dan merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Yogyakarta.

Nama ‘Gembira Loka’ dalam bahasa Jawa berarti ‘tempat yang membahagiakan’, sebuah refleksi dari tujuan utama kebun binatang ini: menyajikan tempat yang menyenangkan dan edukatif bagi pengunjung.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Didirikan oleh K.H. Ahmad Mudzakkir, seorang biolog terkenal, Gembira Loka Zoo awalnya dibangun sebagai pusat penelitian biologi. Seiring waktu, kebun binatang ini telah berkembang menjadi tempat yang menyajikan berbagai spesies hewan dari berbagai belahan dunia, termasuk hewan endemik Indonesia.

Daya Tarik Gembira Loka Zoo

Daya Tarik Gembira Loka Zoo Jogja
Foto: Twitter/Konanitzy

Gembira Loka Zoo memiliki berbagai daya tarik yang membuatnya menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Kebun binatang ini rumah bagi lebih dari 470 spesies hewan, termasuk reptil, burung, dan mamalia. Pengunjung dapat melihat hewan-hewan seperti harimau Sumatera, orangutan, gajah, komodo, dan banyak lagi.

Selain itu, Gembira Loka Zoo juga memiliki berbagai fasilitas lainnya yang dapat dinikmati oleh pengunjung ada taman bermain anak, rumah kupu-kupu, akuarium, dan area piknik yang nyaman. Kebun binatang ini juga menyediakan aktivitas edukatif seperti pengajaran tentang konservasi hewan dan lingkungan.

Rute Menuju Wisata Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo terletak di Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta sehingga Untuk menuju ke sana, pengunjung dapat menggunakan berbagai moda transportasi.

Jika datang dari Bandara Adisucipto, pengunjung bisa menggunakan bus Trans Jogja dan turun di halte Giwangan, kemudian melanjutkan perjalanan dengan becak atau ojek online. Sementara itu, jika datang dari Stasiun Tugu, pengunjung bisa naik bus Trans Jogja rute 3A atau 3B dan turun di halte Giwangan.

Baca Juga:  50 Tempat Wisata di Jogja yang Terkenal dan Favorit Wisatawan

Bagi pengunjung yang memilih untuk mengendarai mobil pribadi, Gembira Loka Zoo menyediakan area parkir yang cukup luas. Namun, dikarenakan lokasinya yang cukup ramai, terutama pada akhir pekan dan hari libur, pengunjung disarankan untuk datang lebih awal.

Ragam Aktivitas di Gembira Loka Zoo

Ragam Aktivitas di Gembira Loka Zoo
Foto: Twitter/Jo

Berikut adalah beberapa aktivitas menarik yang dapat dilakukan saat berkunjung ke Gembira Loka Zoo:

1. Mengamati Hewan

Dengan berbagai jenis hewan yang ada, pengunjung bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mengamati dan belajar tentang hewan-hewan tersebut.

2. Makan Siang di Area Piknik

Zoo ini dilengkapi dengan area piknik yang nyaman, sehingga pengunjung bisa membawa bekal dan menikmati makan siang sambil menikmati suasana kebun binatang.

3. Mengunjungi Rumah Kupu-Kupu

Di sini, pengunjung bisa melihat berbagai jenis kupu-kupu yang indah dan belajar tentang siklus hidup mereka.

4. Menikmati Wahana Permainan

Untuk anak-anak, ada banyak wahana permainan yang bisa dinikmati, seperti kereta mini, perahu dayung, dan lainnya.

Objek Wisata Terdekat Gembira Loka Zoo

Setelah mengunjungi Gembira Loka Zoo, ada beberapa objek wisata lain yang bisa dikunjungi di sekitarnya, antara lain:

1. Museum Affandi

Museum ini adalah rumah dan studio sang maestro lukis Indonesia, Affandi. Di sini, pengunjung bisa melihat karya-karya Affandi dan belajar tentang kehidupannya.

2. Keraton Yogyakarta

Keraton ini adalah istana Sultan Yogyakarta dan juga menjadi pusat kebudayaan Jawa. Wisatawan bisa melihat koleksi artefak bersejarah dan menikmati pertunjukan seni tradisional.

3. Pantai Depok

Meski bukan berada di pusat kota, namun pantai ini cukup populer diantara wisatawan. Terletak di selatan Yogyakarta, Pantai Depok menawarkan pemandangan laut yang indah dan berbagai kuliner seafood yang lezat.

Baca Juga:  15 Tempat Wisata Malam di Jogja yang Paling Hits

Dengan sejarahnya yang panjang dan berbagai daya tarik yang ditawarkannya, Gembira Loka Zoo merupakan destinasi wisata yang ideal untuk keluarga dan pencinta hewan. Tempat ini tidak hanya menyediakan hiburan, tetapi juga edukasi tentang pentingnya konservasi hewan dan lingkungan.