BiBimbap, Hidangan Korea yang Mirip Nasi Campur

BiBimbap, Hidangan Korea yang Mirip Nasi Campur

Bibimbap adalah hidangan khas Korea yang makin dikenal dunia seiring menjamurnya drama Korea, seperti juga kimchi. Makanan ini terdiri atas nasi, lengkap dengan aneka sayur yang berwarna-warni, juga lauknya.

Bibimbap juga sangat tenar di negri ginseng Korea, dan menjadi salah satu hidangan yang banyak dijual di berbagai restoran maupun kaki lima. Mirip dengan hidangan nasi rames kalau di Indonesia.

Asal kata bibimbap adalah ‘bibim’ yang artinya campur, dalam bahasa Korea, serta ‘bap’ yang bermakna nasi. Seperti namanya, bibimbap biasanya dihidangkan dalam satu wadah mangkuk besar dari keramik dengan isi nasi panas, wortel iris yang ditumis, sayur lain berupa jamur shitake yang juga ditumis, timun, tauge, rumput laut, suchini, daging semacam semur, juga telur.

Hampir sama seperti nasi rames, pembuatnya melengkapi bibimbap dengan berbagai bahan yang tersedia atau yang mereka miliki di rumah. Uniknya, bibimbap kadang dilengkapi dengan telur mentah yang diletakkan di bagian atas mangkuk. Atau jika tak suka, maka telur mentah itu dapat juga diolah sebagai telur mata sapi.

Yang membuat bibimbap menarik adalah warna-warni yang berasal dari aneka sayuran tertata rapi, serta menggugah selera. Ada pula saus sambal yang melengkapi rasa dari ‘nasi campur’ ala Korea itu.

Apakah rasanya lebih enak atau sama dengan nasi rames? Silahkan Anda mencoba sendiri di resto Korea terdekat, ya.

Baca Juga:  Resep Cupcake Rasa Vanila