Museum Affandi: Menelusuri Jejak Seni dan Kehidupan Sang Maestro

Museum Affandi: Menelusuri Jejak Seni dan Kehidupan Sang Maestro
Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Laksda Adisucipto, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Di tengah pesona budaya dan alam Jogja, terdapat sebuah tempat yang menjadi saksi bisu perjalanan hidup dan karya dari salah satu maestro seni lukis Indonesia, Affandi. Museum Affandi, yang terletak di Jalan Laksda Adisucipto, menawarkan lebih dari sekadar galeri seni, tetapi juga cerminan dari jiwa dan kehidupan sang maestro. Sebagai salah satu destinasi wisata edukatif di Yogyakarta, museum ini menjadi tempat yang tepat bagi penggemar seni dan mereka yang ingin memahami lebih dalam tentang kehidupan dan karya Affandi.

Promo Lazada Terbaru

Sejarah

Museum Affandi dibangun di atas tanah yang pada awalnya adalah rumah dan studio sang maestro. Pada tahun 1967, Affandi memulai pembangunan museum ini dengan desain yang sangat unik dan pribadi. Dengan bentuk atap yang melengkung, mirip dengan bentuk alur dalam lukisan-lukisannya, Museum Affandi adalah representasi fisik dari gaya dan filosofi seni Affandi.

Pembangunan museum dimulai dengan Galeri 1 yang selesai pada tahun 1973. Affandi sendiri merancang dan mengawasi pembangunan galeri ini. Galeri ini saat ini menampilkan karya-karya Affandi dari berbagai periode dalam kariernya.

Setelah kematian Affandi pada tahun 1990, Museum Affandi terus berkembang. Galeri 2 dan Galeri 3 dibangun oleh keluarga dan yayasan Affandi untuk merawat dan memajukan warisan Affandi. Galeri 2, yang selesai pada tahun 1997, menampilkan karya-karya dari Kartika Affandi, putri Affandi, dan beberapa karya seniman lain yang pernah bekerja sama atau berhubungan dengan Affandi. Sementara Galeri 3, yang selesai pada tahun 1999, menjadi tempat pameran karya seniman kontemporer.

Baca Juga:  Keraton Yogyakarta: Menyelami Keajaiban Sejarah dan Budaya di Tepi Waktu

Daya Tarik

Daya Tarik
Foto: Facebook/Wisata Sleman

Beberapa daya tarik utama Museum Affandi antara lain:

1. Koleksi Karya Affandi

Sebagai seniman ekspresionis terkemuka, karya-karya Affandi memang menjadi daya tarik utama museum ini. Lukisan-lukisannya yang kuat dan emosional memaparkan berbagai tema, mulai dari kehidupan sehari-hari, alam, hingga potret diri dan orang lain.

2. Arsitektur Bangunan

Museum ini dibangun dengan arsitektur yang sangat unik, menggambarkan ciri khas dan gaya Affandi dalam berkarya. Bentuk atap yang melengkung dan struktur bangunan yang tidak biasa mencerminkan ekspresionisme yang ada dalam lukisan-lukisan Affandi.

Promo Shopee Terbaru

3. Mobil Klasik Affandi

Di dalam museum ini, pengunjung dapat melihat mobil klasik yang pernah digunakan oleh Affandi. Mobil ini tidak hanya berfungsi sebagai transportasi, tetapi juga sering digunakan sebagai tempat Affandi melukis.

4. Keberadaan Makam Affandi

Dalam kompleks museum juga terdapat makam Affandi yang sederhana, menandai kehidupan dan perjuangannya dalam dunia seni.

Rute Lokasi

Museum Affandi terletak di Jalan Laksda Adisucipto No. 343, Yogyakarta. Berikut adalah rute menuju Museum Affandi:

  1. Dari Bandara Adisucipto: Museum Affandi terletak hanya sekitar 3 km dari Bandara Adisucipto. Anda bisa naik taksi atau kendaraan pribadi dan mengikuti Jalan Laksda Adisucipto menuju timur. Museum akan berada di sisi kiri jalan.
  2. Dari Stasiun Tugu: Jarak dari Stasiun Tugu ke Museum Affandi sekitar 7 km. Anda bisa naik taksi, ojek online, atau bus Trans Jogja. Jika menggunakan bus Trans Jogja, Anda bisa naik bus jalur 1A atau 1B dan turun di halte Museum Affandi.
  3. Dari Malioboro: Jika Anda berada di area Malioboro, Anda bisa naik taksi atau ojek online dan mengikuti Jalan Malioboro – Jalan Margo Utomo – Jalan P. Mangkubumi – Jalan Laksda Adisucipto menuju timur. Museum Affandi akan berada di sisi kiri jalan.
Baca Juga:  3 Museum Karya Seni di Yogyakarta Yang Wajib di Kunjungi

Ragam Aktivitas

Ragam Aktivitas
Foto: Facebook/Desi Mayasari

Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Museum Affandi:

1. Tur Self-Guided

Anda bisa berkeliling museum untuk menikmati berbagai karya seni yang dipamerkan. Dengan tur self-guided, Anda dapat melihat karya-karya di setiap galeri dengan tempo Anda sendiri.

2. Fotografi

Museum Affandi merupakan tempat yang sangat fotogenik. Anda bisa mengambil foto di depan bangunan museum yang unik, atau di sekitar kompleks museum yang hijau dan tenang.

3. Pelajari Sejarah dan Seni

Museum Affandi adalah tempat yang sempurna untuk belajar lebih banyak tentang sejarah dan seni Indonesia, khususnya seni lukis ekspresionis Affandi.

4. Belanja di Toko Suvenir

Jangan lupa mampir ke toko suvenir museum di mana Anda bisa membeli berbagai barang seperti poster, buku, kaos, dan suvenir lainnya yang berhubungan dengan Affandi dan karya-karyanya.

Objek Wisata Terdekat

Berikut beberapa objek wisata terdekat yang bisa Anda kunjungi setelah mengunjungi Museum Affandi:

1. Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Terletak sekitar 10 menit berkendara dari Museum Affandi, Monumen Jogja Kembali adalah museum sejarah yang didedikasikan untuk memperingati perjuangan para pejuang Indonesia selama Agresi Militer Belanda II.

2. Candi Sambisari

Jika Anda tertarik dengan sejarah dan arsitektur, Candi Sambisari bisa menjadi pilihan. Candi Hindu ini terletak sekitar 15 menit berkendara ke arah selatan dari Museum Affandi.

Baca Juga:  50 Tempat Wisata di Jogja yang Terkenal dan Favorit Wisatawan

3. Kaliurang

Kaliurang adalah area wisata di lereng Gunung Merapi yang populer dengan pemandangan alamnya yang indah. Di sini Anda bisa berjalan-jalan di hutan pinus, bermain di sungai, atau mencicipi berbagai kuliner lokal.

4. Museum Ullen Sentalu

Museum ini terletak di Kaliurang dan menawarkan pameran tentang sejarah dan budaya Jawa, khususnya tentang Keraton Yogyakarta dan Solo.

Museum Affandi bukan hanya sekadar tempat yang menyimpan karya-karya Affandi, tetapi juga menjadi tempat di mana jiwa dan semangat Affandi terus hidup dan menginspirasi generasi berikutnya. Dengan mengunjungi Museum Affandi, pengunjung tidak hanya bisa menikmati karya seni, tetapi juga merasakan bagaimana Affandi melihat dunia dan merasakan kehidupan melalui lukisannya.