50 Tempat Wisata di Jogja yang Terkenal dan Favorit Wisatawan

50 Tempat Wisata di Jogja yang Terkenal dan Favorit Wisatawan

Yogyakarta, atau yang sering disebut Jogja, adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Indonesia. Kota ini tidak hanya terkenal karena kekayaan budaya dan sejarahnya, tetapi juga karena berbagai tempat wisata hits yang menarik bagi pengunjung.

Promo Lazada Terbaru

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa tempat wisata hits di Jogja yang wajib Anda kunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja yang Hits

1. Taman Sari Jogja

Taman Sari Jogja
Foto: Facebook/Kota Jogja

Taman Sari, juga dikenal sebagai Water Castle, adalah kompleks istana air yang bersejarah yang terletak di Yogyakarta. Dibangun pada pertengahan abad ke-18 di bawah Sultan Hamengkubuwono I, Taman Sari pernah menjadi taman hiburan, meditasi, dan bahkan tempat perlindungan bagi keluarga kerajaan.

Taman Sari menggabungkan unsur-unsur arsitektur Jawa dan Portugis, menciptakan keharmonisan yang unik dan menarik. Ada sejumlah bangunan dan struktur yang bisa dilihat di Taman Sari, termasuk kolam renang kerajaan, taman, dan paviliun.

Menjelajahi kompleks ini adalah seperti berjalan kembali ke masa lalu, memahami bagaimana keluarga kerajaan tinggal dan berinteraksi dengan lingkungannya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Patehan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

2. Keraton Yogyakarta

Kerataon Yogyakarta
Foto: Twitter/JogjaExplore

Keraton Yogyakarta, atau Istana Sultan Yogyakarta, adalah pusat kebudayaan Jawa yang hidup dan rumah bagi Sultan Yogyakarta dan keluarganya. Sebagai simbol kesultanan Yogyakarta yang masih berfungsi, Keraton juga berfungsi sebagai tempat penting bagi pelestarian tradisi dan budaya Jawa.

Setiap elemen dari Keraton memiliki makna dan tujuan, mencerminkan filosofi dan nilai-nilai budaya Jawa. Di sini, pengunjung dapat melihat berbagai benda bersejarah seperti pusaka kerajaan, mobil kuno, dan foto-foto Sultan sepanjang sejarah.

Promo Shopee Terbaru

Selain itu, Keraton Yogyakarta juga sering menjadi tempat pertunjukan seni dan budaya Jawa, seperti tari tradisional, wayang kulit, dan gamelan.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Rotowijayan, Panembahan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Foto: Facebook/Wonderful Indonesia

Candi Prambanan, yang juga dikenal sebagai Candi Roro Jonggrang, adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Dibangun pada abad ke-9, candi ini adalah bukti nyata kemegahan kerajaan Mataram Kuno dan merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi di Yogyakarta.

Candi Prambanan, yang terbuat dari batu andesit, mengagumkan dalam ukurannya dan detail arsitektur. Candi ini terdiri dari 240 candi dan didedikasikan untuk Trimurti, tiga dewa utama dalam agama Hindu – Brahma, Vishnu, dan Shiva.

Relief candi menggambarkan berbagai cerita dari mitologi Hindu, termasuk cerita Ramayana dan Krishnayana. Dan juga menyaksikan pertunjukan tari Ramayana yang diadakan di malam hari dengan latar belakang Candi Prambanan menjadi pesona khusus yang menggabungkan keindahan candi dengan kekayaan seni tradisional Yogyakarta.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Solo – Yogyakarta, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

4. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo jogja
Foto: Facebook/Kota Jogja

Berlokasi di pusat kota Yogyakarta, Pasar Beringharjo telah menjadi pusat perdagangan sejak abad ke-18 dan dianggap sebagai “ibu” dari semua pasar di Yogyakarta. Dengan berbagai barang yang dijual, dari makanan dan rempah-rempah hingga tekstil dan kerajinan, Pasar tradisional ini menawarkan pengalaman belanja tradisional yang tak terlupakan.

Pasar Beringharjo adalah surga bagi para pencinta belanja. Anda dapat menemukan berbagai barang, seperti batik – baik dalam bentuk kain mentah dan pakaian jadi, kerajinan tradisional, makanan dan rempah-rempah, dan banyak lagi.

Pasar ini juga dikenal sebagai tempat yang bagus untuk menemukan barang antik dan unik. Bagi pengunjung yang merasa lapar, berbagai makanan tradisional Jawa tersedia, memberikan kesempatan untuk menikmati rasa khas Yogyakarta.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pabringan, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

5. Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo
Foto: Twitter/Api Liar

Gembira Loka Zoo adalah kebun binatang yang luas dan populer yang menjadi rumah bagi berbagai spesies hewan dari seluruh dunia. Lebih dari sekadar kebun binatang, Gembira Loka juga menawarkan berbagai fasilitas rekreasi dan edukasi, membuatnya menjadi tujuan wisata keluarga yang ideal.

Gembira Loka menampilkan hewan dari berbagai belahan dunia, dari gajah dan harimau hingga berbagai jenis reptil dan burung. Ada juga area kontak hewan, di mana pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan beberapa hewan.

Selain menampilkan hewan, Gembira Loka juga memiliki taman yang indah, kolam ikan, dan area piknik. Terdapat juga museum fosil dan area edukasi di mana pengunjung dapat belajar lebih banyak tentang dunia alam.

Harga Tiket: Rp 75.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Raya, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

6. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Foto: Twitter/Ilovedickboys

Pantai Parangtritis, yang berjarak sekitar 27 km kota Yogyakarta, merupakan salah satu destinasi wisata pesisir terkenal disini. Dengan pasir hitamnya yang khas, ombak besar, dan angin laut yang segar menciptakan suasana yang damai dan menyegarkan. Bukit-bukit pasir yang menjulang tinggi memberikan pemandangan spektakuler dari pantai dan laut.

Selain menikmati pemandangan, pengunjung dapat berjalan-jalan di pantai, naik delman, atau mencoba olahraga sandboarding di bukit pasir. Dengan matahari terbenam yang mempesona sebagai latar belakang, Pantai Parangtritis juga menjadi tempat yang sempurna untuk berfoto.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pantai Parangtritis Mancingan, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

7. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta
Foto: Twitter/YogJo

Taman Pintar Yogyakarta adalah taman rekreasi yang interaktif dan edukatif dan taman ini menawarkan berbagai macam aktivitas dan wahana yang dapat memperkaya pengetahuan dan keterampilan Anda.

Anda dapat mengikuti percobaan ilmiah, mempelajari teknologi, bermain dengan seni dan kreativitas, serta menjelajahi mini zoo yang ada di taman ini. Taman Pintar adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panembahan Senopati, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

8. Goa Jomblang

Goa Jomblang
Foto: Twitter/Fnuhaaq

Goa Jomblang, yang terletak di Gunung Kidul, adalah salah satu gua vertikal paling populer di Indonesia. Gua ini terkenal dengan Cahaya Surga, fenomena alam yang menakjubkan di mana sinar matahari menembus lubang gua, menciptakan pemandangan yang sangat indah.

Goa Jomblang menawarkan petualangan yang menantang dan pemandangan yang memukau. Turun sekitar 60 meter ke dalam gua dengan tali adalah pengalaman yang mengasyikkan. Di dalam gua, pengunjung akan menemukan hutan purba, stalaktit dan stalagmit yang indah, dan berbagai jenis batu dan fosil.

Harga Tiket: Rp 450.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jetis, Pacarejo, Kec. Semanu, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

9. Museum Affandi

Museum Affandi
Foto: Twitter/Cherish.

Museum Affandi adalah museum seni yang didedikasikan untuk karya seniman terkenal Indonesia, yang bernama Affandi dan museum ini adalah bekas tempat tinggal & studio Affandi yang terletak di tepi Kali Code.

Anda dapat melihat berbagai karya seni Affandi, termasuk lukisan dan patung, serta mengeksplorasi ruangan-ruangan yang memamerkan kehidupan dan karya-karya sang seniman.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Laksda Adisucipto, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

10. Candi Borobudur

Candi Borobudur
Foto: Twitter/Choyukiii

Candi Borobudur, yang dibangun sekitar abad ke-8 dan ke-9, adalah monumen Buddha terbesar di dunia. Terletak di Magelang, Jawa Tengah, candi ini adalah situs Warisan Dunia UNESCO dan merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Indonesia.

Candi Borobudur terkenal dengan arsitekturnya yang megah dan unik dengan desain mandala, candi ini dibangun sebagai representasi kosmologi Buddha dan jalan menuju Nirwana. Candi ini memiliki sembilan platform, enam persegi dan tiga melingkar, dengan stupa pusat besar di puncaknya.

Ribuan panel relief yang melukiskan ajaran Buddha dan berbagai adegan dari kehidupan sehari-hari Jawa kuno menghiasi candi ini, menambah kagum pengunjung akan keindahan dan kompleksitas candi ini.

Harga Tiket: Rp 48.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

11. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung
Foto: Twitter/Ellya

Bukit Panguk Kediwung adalah destinasi wisata yang sedang hits di Jogja. Terletak di desa Kediwung, bukit ini menawarkan pemandangan yang spektakuler dari atas bukit dengan latar belakang sawah dan perbukitan hijau yang mempesona. Anda dapat naik ke atas bukit melalui jalan setapak dan menikmati pemandangan yang menakjubkan serta menyaksikan keindahan matahari terbenam.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kediwung, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.
Baca Juga:  Gua Maria Lawangsih, Wisata Religi Bernuansa Alam di Kulon Progo

12. Taman Pelangi

Taman Pelangi
Foto: Twitter/Adhara Residence

Taman Pelangi adalah taman bermain yang unik dan berwarna-warni di Jogja. Taman ini memiliki berbagai macam wahana permainan, seperti ayunan, perosotan, dan trampolin, yang dikelilingi oleh instalasi lampu dan warna-warni yang menciptakan suasana yang ceria dan menyenangkan. Taman Pelangi adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan anak-anak.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

13. Upside Down World Jogja

Upside Down World Jogja
Foto: Twitter/Rapma FM

Upside Down World Jogja adalah tempat wisata yang unik di Jogja. Tempat ini memiliki ruangan-ruangan dengan dekorasi yang diputar balik, menciptakan efek visual di mana Anda dapat berpose dan berfoto seolah-olah berada di dunia yang terbalik. Ini adalah tempat yang menyenangkan untuk mengabadikan momen lucu dan kreatif bersama teman-teman atau keluarga.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ring Road Utara, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

14. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg
Foto: Twitter/Zehalove

Museum Benteng Vredeburg adalah tempat yang tepat untuk mengeksplorasi sejarah dan perjuangan bangsa Indonesia. Museum ini terletak di bekas Benteng Vredeburg, sebuah benteng peninggalan kolonial Belanda.

Di dalam museum, Anda dapat melihat koleksi artefak, benda-benda bersejarah, dan pameran interaktif yang menggambarkan perjuangan Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Museum Benteng Vredeburg adalah tempat yang ideal untuk memahami sejarah dan menghargai perjuangan para pahlawan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Margo Mulyo, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

15. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi
Foto: Facebook/Eksotis Indonesia

Museum ini didedikasikan untuk edukasi tentang vulkanologi dan sejarah erupsi Gunung Merapi, salah satu gunung berapi paling aktif dan berbahaya di Indonesia. Sehingga Museum Gunung Merapi memiliki berbagai pameran yang menarik dan informatif.

Ada pameran tentang sejarah geologi Gunung Merapi, termasuk model gunung berapi dan display interaktif tentang proses vulkanik. Anda juga dapat melihat berbagai artefak yang dihasilkan oleh erupsi Gunung Merapi, seperti batuan dan mineral.

Salah satu daya tarik utama museum ini adalah bioskop 4D yang menampilkan film tentang erupsi Gunung Merapi. Pengunjung juga bisa merasakan simulasi gempa bumi dan belajar tentang bagaimana menghadapi bencana alam.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

16. Candi Borobudur

Candi Borobudur
Foto: Twitter/Choyukiii

Candi Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia dan destinasi wisata terkenal di Jogja candi ini merupakan candi Buddha terbesar di dunia dan telah diakui sebagai situs warisan dunia UNESCO.

Dengan arsitektur yang megah dan relief ukiran yang indah, Candi Borobudur menarik ribuan wisatawan setiap tahun. Pengunjung dapat menjelajahi kompleks candi yang terdiri dari ribuan ukiran dan stupa, sambil menikmati panorama alam yang memukau.

Harga Tiket: Rp 48.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur,, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

17. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger
Foto: Twitter/Koningin_b

Hutan Pinus Pengger adalah tempat yang menenangkan di Jogja. Terletak di daerah Dlingo, hutan ini menawarkan suasana alam yang segar dan hijau dengan pohon-pohon pinus yang tinggi.

Anda dapat berjalan-jalan di antara pepohonan yang rindang, menikmati udara segar, dan menikmati keindahan pemandangan alam. Hutan Pinus Pengger adalah tujuan wisata yang tepat untuk bersantai, berfoto, atau sekadar menikmati keheningan dan keindahan alam Jogja.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

18. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro
Foto: Twitter/TravelGumbo

Jalan Malioboro adalah jalan utama dan pusat perbelanjaan yang ikonik di Jogja. Jalan ini merupakan surga bagi para penggemar belanja, dengan berbagai toko, pedagang kaki lima, dan pusat perbelanjaan yang menjual berbagai barang, mulai dari kerajinan tangan, batik, pakaian, hingga makanan khas Jogja.

Jalan Malioboro juga menawarkan pengalaman kuliner yang lezat dengan berbagai warung dan restoran yang menyajikan hidangan tradisional Jogja. Selain itu, jalan ini juga menjadi tempat yang hidup dengan hiburan jalanan, pertunjukan musik, dan seniman jalanan yang menarik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

19. Sindu Kusuma Edupark (SKE)

Sindu Kusuma Edupark (SKE)
Foto: Facebook/Irma Yuliawanti

Sindu Kusuma Edupark (SKE) adalah taman rekreasi yang cocok untuk dikunjungi oleh keluarga. Taman ini menawarkan berbagai macam wahana permainan, seperti kereta gantung, perahu mini, dan taman bermain. Anda juga dapat menikmati pertunjukan seni dan budaya tradisional, serta mencoba makanan khas Jogja di area kuliner yang tersedia. SKE adalah tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jambon, Kragilan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

20. Keraton Ratu Boko

Keraton Ratu Boko
Foto: Twitter/Pergikejogja

Keraton Ratu Boko adalah situs sejarah dan arkeologi yang menakjubkan di Jogja yang berada di atas bukit dengan pemandangan spektakuler, keraton ini merupakan bekas istana dari kerajaan Mataram kuno.

Anda dapat menjelajahi kompleks keraton, mengagumi arsitektur yang megah, serta menikmati keindahan alam di sekitarnya. Kunjungan ke Keraton Ratu Boko akan membawa Anda kembali ke masa kejayaan kerajaan Jawa.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Piyungan – Prambanan, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

21. HeHa Sky View

HeHa Sky View
Foto: Facebook/Yuda W Putra

HeHa Sky View adalah destinasi wisata yang menawarkan pemandangan panorama kota Jogja dari ketinggian. Terletak di Bukit Panguk, tempat ini menyediakan spot-spot foto yang menarik dengan latar belakang pemandangan yang spektakuler.

Anda dapat mengabadikan momen indah, menikmati keindahan alam, atau sekadar bersantai sambil menikmati udara segar. HeHa Sky View adalah tempat yang cocok untuk menikmati pesona Jogja dari sudut pandang yang berbeda.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Bukit, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

22. HeHa Ocean View

HeHa Ocean View
Foto: Twitter/YogJo

HeHa Ocean View adalah tempat wisata terbaru yang menjadi favorit wisatawan di Jogja. Terletak di Desa Girisuko, tempat ini menawarkan panorama pantai yang memukau. Anda dapat menikmati pemandangan laut yang luas, menjelajahi tebing-tebing karst yang indah, atau sekadar bersantai di tepi pantai. HeHa Ocean View adalah destinasi yang sempurna untuk pecinta alam dan penggemar fotografi.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

23. Obelix Hills

Obelix Hills
Foto: Twitter/Irfan

Obelix Hills adalah destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan alam pegunungan di Jogja. Terletak di daerah Mangunan, tempat ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan hamparan kebun-kebun teh, persawahan, dan hutan yang hijau. Anda dapat melakukan trekking, berjalan-jalan, atau sekadar menikmati keheningan dan ketenangan alam di Obelix Hills.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Klumprit, Wukirharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

24. Tebing Breksi

Tebing Breksi
Foto: Facebook/Eva Rossalya

Tebing Breksi adalah destinasi wisata yang terkenal dengan formasi batu kapur yang indah. Terletak di daerah Prambanan, tebing ini menawarkan pemandangan spektakuler dan panorama alam yang menakjubkan. Anda dapat menikmati keindahan batu kapur yang tererosi secara alami dan menikmati pemandangan kota Jogja dari atas tebing. Tebing Breksi juga menjadi tempat yang populer untuk aktivitas hiking dan fotografi

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Lengkong, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

25. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti
Foto: Google Maps/Sugiharto Gito

Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya di Jogja. Pasir putih yang halus & lembut, air laut yang jernih, dan ombak yang tenang menjadikan pantai ini tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati suasana pantai yang menenangkan.

Wisatawan juga dapat berjemur di bawah sinar matahari, berenang, atau sekadar menikmati pemandangan pantai yang indah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngasem, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

26. Little Tokyo Jogja

Little Tokyo Jogja
Foto: Google Maps/Indah Juli

Little Tokyo adalah kompleks kuliner Jepang yang terletak di daerah Prawirotaman, Jogja. Tempat ini menawarkan berbagai restoran, kafe, dan toko-toko yang menghadirkan suasana Jepang yang autentik.

Anda dapat menikmati berbagai hidangan Jepang seperti sushi, ramen, dan tempura, serta merasakan atmosfer Jepang yang khas. Little Tokyo adalah wisata yang sempurna bagi pecinta kuliner dan budaya Jepang.

Baca Juga:  22 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Lagi Hits dan Populer
Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gn. Cilik, Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

27. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan
Foto: Facebook/Wisata Istimewa

Hutan Pinus Mangunan adalah tempat yang indah dan menenangkan di Jogja. Hutan ini dikelilingi oleh pepohonan pinus yang tinggi dan menawarkan suasana alam yang segar dan tenang.

Anda dapat berjalan-jalan di antara hutan, berfoto dengan latar belakang pepohonan pinus yang rindang, atau menikmati kegiatan berkemah di tengah alam. Hutan Pinus Mangunan adalah tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk kota dan menikmati kedamaian alam.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya, Jl. Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

28. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo
Foto: Facebook/Novie Luntungan

Pantai Parangkusumo adalah pantai yang terkenal dengan pesona spiritualnya di Jogja. Pantai ini memiliki nilai historis dan kepercayaan yang kuat. Di sini, Anda dapat menyaksikan upacara spiritual seperti Labuhan atau Melasti yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Pantai Parangkusumo juga menjadi tujuan yang populer untuk bersantai, menikmati matahari terbenam yang indah, dan mengikuti aktivitas seperti sandboarding atau berkuda di tepi pantai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

29. Agrowisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi
Foto: Facebook/Agenda Solo

Agrowisata Bhumi Merapi adalah tempat yang menarik bagi pecinta alam dan pertanian di Jogja. Anda dapat mengunjungi perkebunan buah-buahan, kebun teh, dan kebun tanaman lainnya di sini. Selain itu, Anda juga dapat menikmati kegiatan petik buah, memetik teh, atau berkeliling menggunakan ATV untuk menjelajahi keindahan alam sekitar Gunung Merapi.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang, Sawungan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab.Sleman, DI Yogyakarta.

30. Merapi Park: The World Landmarks

Merapi Park The World Landmarks
Foto: Facebook/H&R Tour Travel

Merapi Park: The World Landmarks adalah taman rekreasi yang menampilkan replika dari berbagai landmark terkenal di dunia. Di taman ini, Anda dapat menjelajahi miniatur dari bangunan terkenal seperti Menara Eiffel, Patung Liberty, dan Taj Mahal.

Merapi Park juga menawarkan wahana permainan, taman bermain, serta kesempatan untuk berfoto dengan latar belakang landmark ikonik. Sehingga tempat ini memberikan pengalaman yang unik dan menarik bagi pengunjung.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

31. Pantai Ngelambor

Pantai Ngelambor
Foto: Facebook/Mochamad Arifin

Pantai Ngelambor adalah pantai yang terletak di Gunungkidul. Pantai ini menawarkan sejuta pesona alam yang indah dengan pasir putih yang memukau ditamabah air laut yang jernih. Salah satu daya tarik utama pantai ini adalah formasi batu karang yang menakjubkan.

Para pengunjung dapat berjalan-jalan di sepanjang pantai, berenang, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam yang memukau.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pantai, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

32. Studio Alam Gamplong

Gamplong Studio Alam
Foto: Google Maps/Dian Fetriah

Studio Alam Gamplong adalah destinasi wisata alam yang menakjubkan di Jogja. Terletak di daerah Kaliurang, tempat ini menawarkan keindahan alam yang menenangkan dengan latar belakang Gunung Merapi.

Anda dapat menikmati kegiatan seperti berjalan-jalan di taman bunga yang indah, berfoto dengan latar belakang alam yang memukau, atau menikmati pemandangan yang spektakuler dari atas gardu pandang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gamplong 1, Dukuh, Sumberrahayu, Kec. Moyudan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

33. Ullen Sentalu Museum

Ullen Sentalu Museum
Foto: Facebook/Museum Ullen Sentalu

Ullen Sentalu Museum adalah museum seni dan budaya yang terletak di Kaliurang, Jogja. Museum ini memamerkan koleksi seni, artefak, dan benda-benda bersejarah yang terkait dengan budaya Jawa.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan tradisi Jawa, serta mengagumi seni rupa yang indah. Ullen Sentalu Museum adalah tempat yang ideal untuk mendalami kekayaan budaya Jogja.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Boyong, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

34. Situs Warungboto

Situs Warungboto
Foto: Instagram/Rindra170

Situs Warungboto adalah kompleks situs sejarah yang penting di Jogja. Situs ini terletak di daerah Kotagede dan mencakup makam keramat, punden berundak, dan sisa-sisa struktur bersejarah. Situs Warungboto memiliki nilai historis dan religius yang tinggi, dan sering dikunjungi oleh peziarah dan wisatawan yang tertarik dengan sejarah Jogja.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Veteran, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

35. De Mata Museum Jogja

De Mata Museum Jogja
Foto: Google Maps/هنلف الدنيا

De Mata Museum Jogja adalah museum interaktif yang unik di Jogja. Museum ini menampilkan berbagai instalasi dan galeri yang menghadirkan ilusi optik dan kita merasakan pengalaman visual yang menarik. Anda dapat berpose di dalam lukisan 3D, berfoto dengan berbagai instalasi menarik, atau menjelajahi galeri yang penuh dengan efek visual yang mengagumkan. De Mata Museum Jogja adalah tempat yang sempurna untuk bersenang-senang dan mengambil foto yang kreatif.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Veteran, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

36. Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Monumen Jogja Kembali (Monjali)
Foto: Facebook/Bagus Kandalaska

Monumen Jogja Kembali, yang juga dikenal dengan nama Monjali, adalah landmark penting di Yogyakarta. Dibangun untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan para pejuang kemerdekaan Indonesia selama Agresi Militer Belanda II, Monjali menjadi saksi bisu sejarah bangsa dan tempat bersejarah yang wajib dikunjungi saat berwisata di Yogyakarta.

Berbentuk piramida, Monjali memiliki tinggi 25 meter dan terdiri dari 3 lantai. Di lantai dasar, Anda dapat menemukan diorama yang menggambarkan perjuangan para pejuang Indonesia selama Agresi Militer Belanda II.

Lantai kedua Monjali berisi perpustakaan, tempat pengunjung bisa mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Indonesia. Sementara itu, di lantai ketiga, Anda akan menemukan ruang doa sebagai penghormatan kepada para pejuang yang telah gugur.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

37. Puncak Becici

Puncak Becici
Foto: Facebook/Puncak becici

Puncak Becici adalah destinasi wisata alam yang menawarkan pemandangan spektakuler dari atas bukit. Terletak di Kabupaten Sleman, puncak ini menawarkan panorama yang indah dengan latar belakang hamparan perbukitan dan sawah yang hijau.

Anda dapat melakukan pendakian ke puncak bukit atau hanya menikmati keindahan alam sekitar dari gardu pandang. Puncak Becici adalah tempat yang tepat untuk menikmati keindahan alam Jogja.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunungcilik, Gn. Cilik, Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

38. Candi Sambisari

Candi Sambisari
Foto: Facebook/Sejarah Jogyakarta

Candi Sambisari adalah candi Hindu yang terletak di daerah Sleman, candi ini tersembunyi di tengah ladang sawah dan baru ditemukan pada tahun 1966.

Candi Sambisari memiliki arsitektur yang indah dengan arca-arca dewa dan relief yang terukir dengan detail. Anda dapat menjelajahi kompleks candi ini dan mengagumi keindahan dan keajaiban sejarah yang ada di sana.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Candi Sambisari, Sambisari, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

39. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung.
Foto: Facebook/Yogyakarta

Bukit Panguk Kediwung adalah destinasi wisata yang menawarkan pemandangan indah dari atas bukit. Terletak di daerah Gunungkidul, bukit ini menawarkan panorama alam yang menakjubkan dengan latar belakang perbukitan, sawah, dan hamparan pepohonan.

Anda dapat mendaki ke puncak bukit dan menikmati pemandangan yang memukau dari atas. Bukit Panguk Kediwung adalah tujuan yang cocok untuk menikmati berbagai keindahan alam dan berswa foto dengan latar belakang yang spektakuler.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kediwung, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

40. Blue Lagoon Jogja

Blue Lagoon Jogja
Foto: Facebook/Kota Jogja

Blue Lagoon Jogja adalah destinasi wisata air yang menawarkan pengalaman yang seru di Jogja. Terletak di Kabupaten Gunungkidul, tempat ini memiliki air yang jernih dan biru yang menciptakan suasana yang menyegarkan.

Anda dapat berenang, snorkeling, atau sekadar bersantai di tepi kolam. Blue Lagoon Jogja adalah tempat yang sempurna untuk menikmati keindahan alam bawah laut dan beraktivitas air yang menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Area Sawah, Widodomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

41. The Lost World Castle

The Lost World Castle (1)
Foto: Facebook/The Lost World Castle

The Lost World Castle adalah destinasi wisata yang menghadirkan suasana magis seperti dalam cerita dongeng. Terletak di daerah Paliyan, Jogja, tempat ini menampilkan arsitektur yang menyerupai kastil dengan sentuhan fantasi.

Baca Juga:  Pantai Parangtritis: Menikmati Keindahan Alam di Pantai Mistis Jawa

Anda dapat menjelajahi bangunan yang indah, taman yang asri, dan berfoto dengan latar belakang yang menakjubkan. The Lost World Castle adalah tempat yang cocok untuk menghidupkan imajinasi dan menciptakan kenangan ajaib.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

42. Bukit Klangon

Bukit Klangon
Foto: Facebook/Wego

Bukit Klangon adalah tujuan wisata alam yang menawarkan panorama yang memukau di Jogja. Terletak di daerah Gunung Kidul, bukit ini menawarkan panorama alam yang menakjubkan dengan latar belakang hamparan perbukitan dan kebun-kebun teh.

Anda dapat mendaki ke puncak bukit dan menikmati keindahan alam sekitar, serta menikmati udara segar yang menyegarkan. Bukit Klangon adalah tempat yang tepat untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk kota dan menikmati kedamaian alam.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

43. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman
Foto: Facebook/Kota Jogja

Masjid Gedhe Kauman adalah masjid bersejarah yang terletak di Yogyakarta. Masjid ini memiliki arsitektur yang megah dan menjadi salah satu peninggalan sejarah Islam di Jogja.

Anda dapat mengunjungi masjid ini untuk mengagumi keindahan arsitektur dan menggali lebih dalam tentang sejarah Islam di Jogja. Masjid Gedhe Kauman juga menjadi tempat yang penting dalam kehidupan keagamaan dan budaya masyarakat Jogja.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Alun-Alun Keraton, Jl. Kauman, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

44. Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru
Foto: Google Maps/Kevin Arf

Wisata Alam Kalibiru adalah destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan dan petualangan di Jogja. Terletak di daerah Kulonprogo, tempat ini menawarkan pemandangan hutan pinus yang memukau dan panorama yang indah dari atas ketinggian.

Anda dapat berjalan di jembatan gantung, menikmati aktivitas seperti flying fox, atau sekadar bersantai di bawah rindangnya pepohonan pinus. Wisata Alam Kalibiru adalah tempat yang sempurna untuk menyatu dengan alam dan menikmati keindahan alam Jogja.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

45. Air Terjun Kedung Pendut

Air Terjun Kedung Pendut
Foto: Facebook/Abra Wisata

Air Terjun Kedung Pendut adalah air terjun yang menakjubkan yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang spektakuler dengan air yang jernih yang jatuh dari ketinggian.

Anda dapat menikmati suasana sejuk, berenang di kolam air terjun, atau sekadar bersantai di sekitar area air terjun. Air Terjun Kedung Pendut adalah tempat yang tepat untuk menikmati keindahan alam dan menikmati momen ketenangan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

46. Ledok Sambi

Ledok Sambi
Foto: Facebook/Ledok Sambi

Ledok Sambi adalah tempat yang menakjubkan dengan keindahan alam dan suasana yang tenang. Terletak di daerah Gunungkidul, tempat ini menawarkan pemandangan persawahan yang hijau, kolam yang jernih, dan hutan yang rimbun.

Anda dapat berjalan-jalan di sekitar persawahan, berfoto dengan latar belakang yang indah, atau sekadar bersantai di tepi kolam. Ledok Sambi adalah tempat yang sempurna untuk menikmati keindahan alam dan ketenangan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang, Area Sawah, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

47. Goa Pindul

Goa Pindul
Foto: Google Maps/Ernie Lu

Goa Pindul adalah goa alam yang populer di Jogja dikarenakan goa  ini menawarkan pengalaman unik dengan menyusuri sungai di dalam goa menggunakan ban pelampung.

Anda dapat menikmati keindahan goa yang gelap dengan stalaktit dan stalagmit yang indah, serta bermain-main di air yang jernih. Dan kita akan mendapatkan Pengalaman menjelajahi Goa Pindul pasti akan memberikan sensasi petualangan yang tak terlupakan.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Goa Pindul Gelaran, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

48. Puri Mataram

Puri Mataram Jogja
Foto: Google Maps/Cak Parto

Puri Mataram adalah bekas istana kesultanan Yogyakarta yang terletak di pusat Kota Jogja. Puri ini merupakan peninggalan bersejarah dan menjadi salah satu ikon kota ini. Anda dapat mengunjungi kompleks puri yang megah, mengagumi arsitektur yang indah, serta mempelajari lebih lanjut tentang sejarah kerajaan Mataram. Puri Mataram juga menjadi tempat yang penting dalam upacara dan perayaan kerajaan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Drono, Tridadi, Kec. Sleman, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

49. Stonehenge Yogyakarta

Stonehenge Yogyakarta
Foto: Facebook/Innside by Meliá

Stonehenge Yogyakarta adalah replika dari situs megalitik Stonehenge yang terkenal di Inggris. Terletak di daerah Piyungan, tempat ini menampilkan susunan batu yang mirip dengan Stonehenge aslinya.

Anda dapat mengunjungi tempat ini untuk menikmati keunikan dan misteri yang terkait dengan Stonehenge, serta mengambil foto yang menarik dengan latar belakang yang unik.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

50. Taman Gardu Pandang Kaliurang

Taman Gardu Pandang Kaliurang
Foto: Google Maps/Imam Malik

Taman Gardu Pandang Kaliurang adalah tempat yang menawarkan pemandangan spektakuler dari atas ketinggian di Kaliurang, Jogja. Dengan gardu pandang yang tinggi, Anda dapat melihat keindahan alam sekitar, termasuk Gunung Merapi yang megah.

Taman ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti area bermain anak, area duduk yang nyaman, dan spot-spot foto yang menarik. Sehingga Taman Gardu Pandang Kaliurang adalah tempat yang ideal untuk menikmati panorama alam yang menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Kapan Waktu Terbaik Liburan ke Jogja?

Jogja adalah destinasi wisata yang menarik sepanjang tahun, tetapi terdapat beberapa periode waktu yang dianggap sebagai waktu terbaik untuk mengunjungi kota ini. Memilih waktu yang tepat dapat memberikan pengalaman liburan yang optimal dengan cuaca yang nyaman dan acara budaya yang menarik. Berikut adalah beberapa periode waktu yang direkomendasikan untuk liburan ke Jogja:

Musim Kering atau Kemarau (April hingga Oktober)

Musim kering di Jogja berlangsung antara bulan April hingga Oktober. Selama periode ini, cuaca cenderung cerah dengan sedikit hujan, sehingga Anda dapat menikmati keindahan alam, pantai, dan objek wisata alam tanpa terganggu oleh cuaca buruk. Suhu yang hangat dan relatif stabil juga membuat aktivitas di luar ruangan menjadi lebih nyaman.

Bulan Juni hingga Agustus

Bulan Juni hingga Agustus merupakan musim liburan sekolah di banyak negara, termasuk Indonesia. Selama periode ini, Jogja menjadi destinasi populer bagi wisatawan domestik maupun internasional.

Namun, perlu diingat bahwa tempat-tempat wisata utama seperti Candi Borobudur dan Prambanan dapat lebih ramai pada bulan-bulan ini. Sebaiknya, perencanakan kunjungan Anda dengan baik dan memesan tiket sebelumnya untuk menghindari antrian yang panjang.

Bulan Desember hingga Januari

Bulan Desember hingga Januari adalah periode liburan akhir tahun dan juga musim liburan sekolah. Jogja sering menjadi tujuan liburan keluarga selama periode ini. Anda dapat merasakan semangat perayaan Natal dan Tahun Baru di Jogja dengan dekorasi kota yang indah dan acara-acara khusus yang diadakan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa popularitas Jogja pada periode ini juga berarti kemungkinan keramaian dan tingginya harga akomodasi.

Saat Festival Budaya

Jogja dikenal sebagai kota seni dan budaya, dan menghadiri festival budaya adalah pengalaman yang tak terlupakan. Festival seperti Malioboro Street Festival, Festival Kesenian Yogyakarta (FKY), dan banyak acara budaya lainnya diadakan sepanjang tahun.

Saat mengunjungi Jogja selama festival budaya, Anda akan dapat merasakan semangat kreativitas, seni, musik, tari, dan tradisi Jawa yang kaya.

Perlu diingat bahwa cuaca dan tingkat keramaian dapat bervariasi setiap tahun. Sebaiknya memeriksa ramalan cuaca dan melakukan penelitian terkait acara khusus yang diadakan di Jogja pada saat kunjungan Anda.

Jika Anda menghindari periode liburan yang padat, Anda dapat menikmati wisata dengan lebih nyaman dan merasakan kehangatan dan keramahan penduduk setempat tanpa terlalu banyak tekanan.

Itulah beberapa tempat wisata hits di Jogja yang harus Anda kunjungi. Setiap tempat menawarkan pengalaman yang berbeda dan pasti akan meninggalkan kesan yang tak terlupakan. Jelajahi keindahan budaya, sejarah, alam, dan hiburan yang ditawarkan oleh Jogja, dan nikmati liburan Anda di kota ini yang memikat hati.