Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Kuntum Farmfield, Tujuan Wisata Favorit dengan Sarana Edukasi Peternakan di Bogor

Avatar photo
49
×

Kuntum Farmfield, Tujuan Wisata Favorit dengan Sarana Edukasi Peternakan di Bogor

Share this article
Kuntum Farmfield, Tujuan Wisata Favorit dengan Sarana Edukasi Peternakan di Bogor

Kuntum Farmfield, destinasi wisata alternatif di Bogor, Jawa Barat, memukau dengan panorama alamnya yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati pengalaman seru mulai dari memberi makan ternak hingga menunggang kuda.

Di tengah kemacetan Bogor-Puncak, ada destinasi menarik yang bisa anda jadikan sebagai alternatif untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Kuntum Farmfield namanya, mengusung konsep agrowisata atau edukasi pertanian pada wisatanya. Objek wisata ini sangat menarik karena menyatukan bidang pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan untuk menciptakan liburan yang menyenangkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Kuntum Farmfield

Daya Tarik yang Dimiliki Kuntum Farmfield
Foto: Google Maps/Kim Jenny

1. Mengusung Konsep Wisata Edukasi Agrowisata

Farmfield di Bogor ini adalah destinasi yang tepat untuk dikunjungi bersama keluarga. Dengan moto ‘Back to nature, no chemical, and friendly environment’, Farmfield mengusung konsep wisata edukasi agrowisata. Mengunjunginya akan memberikan sebuah pengalaman yang berbeda.

Karena pengunjung akan diajak untuk menyatu dengan alam dan mencintai hewan. Karena di sini, unsur pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan disatukan dalam satu wadah yang dikemas secara menarik.

Tentu sangat cocok untuk memberikan pelajaran kepada anak anak. Sehingga si kecil bisa belajar dengan cara yang menyenangkan, seperti cara memanfaatkan pupuk kompos sampai cara menanam.

2. Pesona Keindahan Alam yang Menawan

Sudah sejak lama jika Bogor dikenal memiliki keindahan alam yang menawan. Demikian pula dengan Farmfield yang ada di kota hujan ini.

Anda bisa menemukan pemandangan cantik dalam balutan destinasi wisata yang seru. Panorama alamnya masih begitu asri dan terasa menyegarkan, mengingat bahwa konsepnya memang back to nature.

Dengan variasi kegiatan yang beragam, ada banyak spot cantik yang memanjakan mata bisa anda temukan di lokasi. Sehingga wisatawan pun tidak akan bosan sewaktu datang berkunjung.

Baca Juga:  Embung Batara Sriten, Surga Tersembunyi di Tengah Perbukitan Gunung Kidul

Pemandangan berupa vegetasi alamnya tumbuh dengan subur dan menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi semua vegetasi tersebut dirawat dengan baik oleh pihak pengelola.

3. Menawarkan Banyak Wahana Permainan

Farmfield yang ada di Bogor ini bisa dibilang sebagai tempat rekreasi keluarga yang bisa membuat siapapun menjadi betah.

Bagaimana tidak, di area wisatanya sudah disediakan banyak wahana permainan yang akan semakin menambah keseruan ketika berlibur. Anak anak akan dimanjakan dengan fasilitas permainan yang komplit.

Seperti berkuda atau menangkap ikan, yang telah disesuaikan dengan usia si kecil. Tentunya orang dewasa juga bisa menikmati banyak permainan seru selama berkunjung ke sini.

Jadi baik orang tua maupun anak bisa mendapatkan pengalaman bermain yang menyenangkan, berkesan, serta tidak terlupakan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Kuntum Farmfield beralamatkan di Jalan Raya Tajur No. 291, Sindangrasa, Bogor Timur, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Lokasinya berada di kawasan Teras Hijau Residence, berjarak sekitar 10 km ke arah Puncak dari stasiun Bogor.

Aksesnya mudah dan bisa dilalui dengan berbagai kendaraan, baik mobil, motor, ataupun transportasi umum.

Jika naik bus, anda bisa menggunakan jalur yang menuju Mall Ramayana Tajur. Kemudian lanjutkan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 5 menit untuk sampai di Farmfield.

Sementara dari tol Jagorawi membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Anda cukup mengikuti papan penunjuk jalan sampai ke lokasi wisata setelah keluar dari tol tersebut.

Setiap harinya, agrowisata ini beroperasi mulai pukul 08.00 sampai dengan 18.00. Untuk masuk ke objek wisata, pengunjung harus merogoh kocek sekitar Rp. 60.000-70.000 per orang. Jam operasional dan harga tiket dapat berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Baca Juga:  6 Tempat Wisata Jogja Ala Korea yang Paling Hits

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan yang Menarik Dilakukan
Foto: Google Maps/Herry Suhartomo

1. Menanam dan Panen Sayur

Dengan konsep pertanian dan perkebunan, di sini ada spot khusus untuk anak anak belajar bercocok tanam. Ada aneka jenis sayuran organik yang bisa ditemukan di lahan perkebunan.

Menariknya lagi, pengunjung akan diberikan caping petani saat melakukan kegiatan ini. Lahan tanam dan benihnya pun sudah disiapkan.

Kemudian akan diberikan instruksi cara menanam yang benar sesuai jenis sayuran kepada para pengunjung. Baru kemudian pengunjung akan dipersilahkan mencoba menanamnya sendiri di lahan.

Selama prosesnya tersebut, instruktur juga akan menjelaskan terkait pertanian organik yang menjadi fokus pada agrowisata.

2. Pemberian Makan Ternak

Memadukan pula konsep peternakan, anda akan diajak mengikuti kegiatan seru seperti memberi makan ternak. Ada berbagai hewan lucu dan menggemaskan bisa anda temukan di sini. Seperti marmut, kelinci, sapi, kambing, dan lain sebagainya.

Telah disediakan pakan khusus yang bisa anda berikan kepada hewan ternak tersebut langsung di kandangnya.

3. Menunggangi Kuda

Selain memberi makan ternak, di sini juga ada area khusus untuk melakukan aktivitas berkuda. Anak anak bisa merasakan sensasi menunggangi kuda yang dipandu oleh pawang kuda, sehingga aman.

Kegiatan ini bisa membantu melatih aktivitas motorik pada anak, serta melatih persendian dan otot si kecil.

4. Permainan Menangkap Ikan

Menyatukan konsep perikanan, anak anak bisa bermain air di kolam yang berisikan banyak ikan. Nantinya si kecil akan diberikan wadah jaring untuk menangkap ikan ikan yang ada di kolam.

Sehingga kegiatan ini dapat membantu merangsang refleks dan gerak motorik anak. Melalui aktivitas ini, anak juga dapat mengenali berbagai jenis ikan tawar yang ada di Indonesia.

Baca Juga:  Rekreasi Gratis Ala Kota Jakarta

5. Melukis Caping dan Bakul

Ada banyak sekali kegiatan seru yang dapat dilakukan pada agrowisata yang ada di Bogor ini. Salah satunya yang mampu menambah kecerian anak anak adalah melukis caping dan bakul.

Atraksi ini mampu meningkatkan kreativitas si kecil, karena anak diberikan kebebasan dalam berkreasi setelah diberi caping dan bakul serta kuas dan cat.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Tidak hanya menghadirkan wahana permainan dan atraksi yang beragam, namun Farmfield Bogor juga dilengkapi oleh fasilitas memadai supaya para pengunjung menjadi betah berlama lama.

Anda bisa menemukan fasilitas standar seperti area parkir, toilet, dan mushola, sampai kedai dan resto. Bahkan ada pula pasar mini hasil panen untuk membeli aneka buah buahan hingga bibit tanaman.

Farmfield Bogor sering dijadikan sebagai destinasi school trip karena konsepnya yang sangat mengedukasi. Anda dan keluarga pun bisa bersenang senang sambil belajar saat berkunjung ke sini. Bahkan anda dapat membawa oleh oleh dengan berbelanja hasil panen di pasar mini yang ada di lokasi wisata. Tertarik ?