4 Air Terjun Unik di Jawa Tengah

4 Air Terjun Unik di Jawa Tengah

Melihat pemandangan air terjun yang airnya jatuh dari tebing yang disekitarnya terdapat pepohonan mungkin sudah menjadi hal biasa bagi anda para penikmat curug. Namun ternyata ada beberapa air terjun di Jawa Tengah yang memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan air terjun lainnya.

Tanpa berlama-lama lagi mari kita simak air terjun mana saja yang mendapatkan kandidat air terjun unik di Jawa Tengah.

1. Air Terjun Luweng Sampang Klaten

Photo by Google Maps (sotographer jalan jalan)

Air terjun ini terletak di sebuah desa di Gunung Kidul yang berbatasan antara Klaten dan Yogyakarta, beberapa orang menganggap air terjun ini terletak di Yogyakarta namun ada juga yang berpendapat bahwa desa tempat air terjun ini berada terletak di Klaten. Tapi jika di pikirkan kembali keduanya boleh mendapat pengakuan.

Air terjun ini memiliki bentuk batuan atau tebing yang unik, jika biasanya air terjun berada di tebing curam dengan bentuk tebing terbuka. Di Luweng Sampang justru bentuk tebing ini adalah dinding berkelok-kelok dan air terjunnya berada di gang yang sempit. Airnyapun berwarna biru tisca dan dinding tebing berwarna kemerahan, maka tidak heran jika air terjun ini di beri gelar Grand Canyonnya Indonesia.

Lokasi: Jl. Juminahan, Sampang, Kec. Gedang Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

2. Air Terjun Nangga

Photo by Google Maps (potret semarang)

Baca Juga:  3 Air Terjun Terindah di Jawa Tengah

Air terjun yang terletak di Banyumas Jawa Tengah ini memiliki bentuk unik seperti undakan dengan jumlah tujuh tingkatan. Bentuk dari undakannyapun berbentuk lebar dan sangat jelas bentuknya sehingga kita seperti menaiki anak tangga jika memanjatnya, anmun disarankan tetap hati-hati karena pasti tempat tersebut licin.

Air terjun ini memiliki jarak yang cukup jauh dari tempat parkir, karena setelah memarkirkan kendaraan anda harus menepuh jarak sekitar satu kilo meter dengan berjalan kaki. Namun tenang saja, rasa lelah anda akan terbayar setelah melihat keindahan alam yang mempesona di air terjun ini.

Lokasi: Desa Petahunan, Kec. Pekuncen, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

3. Air Terjun Jenggala

Photo by Google Maps (udi arti)

Ingin melakukan prosesi foto prewedding dengan latar belakang air terjun yang indah? Mungkin Air terjun Jenggala tempat yang cocok untuk anda. Tepat di depan air terjun dan hampir sama ketinggiannya dengan air terjun tersedia dek berbentuk hati untuk berwafoto, tempat inilah yang cocok untuk di jadikan latar foto prewedding anda.

Selain fasilitas yang di atur dengan begitu unik dan indah, anda juga akan mendapati pemandangan asri hutan-hutan dengan pepohonan rimbun juga bebatuan besar alami yang tertata di sekitar muara air terjun. Aliran air yang deras di musim penghujan akan menambah kecantikan air terjun ini, namun anda tetap harus berhati-hati mengingat di sini memungkinkan untuk terjadi banjir di muara karena kiriman air dari atas.

Baca Juga:  3 Museum Militer yang Wajib Anda Kunjungi

Lokasi: Jl. Pangeran Limboro, Ketenger, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

4. Air Terjun Banyutowo

Photo by Google Maps (Backpacker Indonesia)

Jika biasanya air terjun berada di balik tebing atau di bawah kaki pegunungan, air terjun yang satu ini justru terletak di tepi pantai. Hal ini dikarenakan Banyutowo menjadi muara bagi air tawar yang berasal dari pegunungan di Wonogiri. Jadi selain menikmati pemandangan atau mandi di bawah grojogan air, anda dapat menikmati keindahan pantai sekaligus, juga bentang alam berupa batuan karst semakin membuat anda terpesona.

Lokasi: Desa Banyutowo, Kec. Dukuhseti, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Itu tadi beberapa air terjun yang mempunyai keunikan tersendiri dikarenakan bentuk, letak ataupun tempat yang ada memiliki ciri khas berbeda dari air terjun-air tejun lain yang ada di Indonesia khususnya di Jawa Tengah. Jika anda sudah mulai memikirkan rencana liburan, maka tidak ada salahnya memasukkan salah satu air terjun unik di atas sebagai destinasi wisata anda.