Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Pantai Parangkusumo, Pesona Pasir Hitam dan Mistis Legenda di Bantul Jogja

Avatar photo
29
×

Pantai Parangkusumo, Pesona Pasir Hitam dan Mistis Legenda di Bantul Jogja

Share this article
Pantai Parangkusumo, Pesona Pasir Hitam dan Mistis Legenda di Bantul Jogja

Pantai Parangkusumo Bantul ini merupakan sebuah persembahan dari keajaiban alam dan warisan budaya, adalah destinasi yang memikat hati para petualang dan pencinta keindahan alam.

Terletak di bawah bayang-bayang legenda mistis, pantai ini adalah perpaduan antara pesona alam yang menawan dan warisan budaya yang mendalam. Setiap langkah di atas pasir hitamnya adalah perjalanan yang membawa Anda lebih dekat dengan esensi alam dan sejarah.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Mitos dan Cerita Legenda Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo di BantulĀ  ini memiliki kisah yang mendalam dan dipenuhi misteri berkat mitos yang beredar di kalangan masyarakat Jawa. Kisah tentang pertemuan antara penguasa laut selatan dengan pendiri Kesultanan Mataram menarik perhatian banyak wisatawan yang ingin merasakan aura mistis pantai ini.

Kisah dimulai ketika Panembahan Senopati menjalani meditasi mendalam untuk meningkatkan kekuatan rohaninya. Tiba-tiba, alam sekitar berubah menjadi ganas; pohon-pohon tumbang, badai mengamuk, dan air laut berubah mendidih dengan ikan-ikan yang tercampak ke daratan.

Di saat keadaan kacau, Ratu Kidul muncul dan berjumpa dengan Panembahan Senopati. Keduanya bertemu di dua batu yang berbeda; Panembahan Senopati berada di batu sebelah utara, sementara Ratu Kidul duduk di batu yang lebih kecil di sebelah selatan.

Kini, kedua batu tersebut dikenal dengan nama Batu Cinta, berlokasi di Puri Cepuri, dekat Pantai Parangkusumo Bantul. Sebagai saksi dari pertemuan bersejarah itu, seringkali orang menaruh bunga di atas batu-batu tersebut sebagai tanda penghormatan.

Dalam pertemuan tersebut, Panembahan Senopati meminta dukungan dari Ratu Kidul untuk membimbingnya dalam memerintah Kesultanan Mataram. Terpikat oleh pesona Panembahan Senopati, Ratu Kidul mengabulkan permintaannya dengan satu persyaratan: Panembahan Senopati beserta semua keturunannya harus menikahi Ratu Kidul. Namun, Panembahan Senopati memastikan bahwa hubungan mereka tidak akan menghasilkan keturunan.

Baca Juga:  Kebun Teh Nglinggo, Wisata Alam di Kulon Progo yang Mempesona

Kisah ini menjelaskan hubungan istimewa antara Keraton Yogyakarta dan Kraton Bale Sokodhomas, kediaman Ratu Kidul. Melambangkan tali silaturahmi rohaniah yang mendalam, cerita ini tetap lestari dan meresap dalam kepercayaan masyarakat.

Daya Tarik Pantai Parangkusumo

Daya Tarik Pantai Parangkusumo
Foto: Google Maps/O Ha

Pantai Parangkusumo, terletak di Jogja, dikenal dengan keelokan pantainya yang mempesona. Meskipun berdekatan dengan Pantai Parangtritis, kedua pantai ini menawarkan keindahan yang berbeda dengan pasir hitam khas yang menjadi ciri pantai cantik ini.

Namun, yang membuat pantai ini berbeda adalah mitos dan kisah mistis yang menyelimutinya. Menurut cerita rakyat setempat, pantai ini dianggap sebagai portal menuju kerajaan misterius milik Nyi Roro Kidul, sang Ratu Pantai Selatan.

Kisah-kisah lama menceritakan hubungan khusus antara Nyi Roro Kidul dengan Panembahan Senopati, pendiri Kesultanan Mataram. Mereka diyakini memiliki ikatan cinta yang mendalam.

Sebagai bentuk penghormatan terhadap legenda tersebut, setiap bulan Ruwah, masyarakat setempat menggelar upacara ritual. Upacara ini bukan sekadar tradisi, melainkan simbol dari ikatan spiritual antara Keraton Jogja dengan Ratu Pantai Selatan. Wisata bahari ini bukan hanya menawarkan keindahan alam, namun juga cerita yang mendalam dan penuh misteri.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo terletak sekitar 30 KM dari pusat kota Yogyakarta dan hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam berkendara dalam kondisi lalu lintas normal. Pantai ini berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Secara geografis, pantai ini bersebelahan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok, memudahkan Anda untuk menjelajahi ketiga pantai tersebut dalam satu kunjungan. Berikut langkah mudah untuk menuju pantai dari pusat kota Yogyakarta:

  1. Mulai dari Jalan Malioboro, lanjutkan berkendara ke arah selatan hingga Anda mencapai Titik Nol Kilometer Yogyakarta.
  2. Belok kiri pada persimpangan, lanjutkan ke Jalan Gondomanan.
  3. Pada pertigaan selanjutnya, belok ke kanan menuju Jalan Brigjen Katamso.
  4. Ikuti jalan ini hingga Anda menemui petunjuk ke Jalan Parangtritis. Ikuti jalan ini.
  5. Terus berkendara di Jalan Parangtritis, Anda akan menemui banyak papan tanda yang mengarahkan ke pantai ini.
Baca Juga:  Museum Gunung Merapi, Memadukan Seni, Sejarah, dan Sains di Kaki Gunung

Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan jalanan yang asri. Anda dapat dengan mudah mengikuti petunjuk di jalan atau memanfaatkan aplikasi navigasi seperti Google Maps untuk memandu Anda ke destinasi. Selamat menikmati keindahan Pantai Parangkusumo!

Harga Tiket Masuk Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo Bantul, dengan keindahan sunsetnya dan aura misteriusnya, menawarkan pengalaman yang tak terlupakan di kota Jogja. Untuk mengakses pantai ini, Anda hanya perlu membayar biaya retribusi yang sangat terjangkau. Biaya masuk untuk kendaraan roda empat (mobil) adalah Rp 5.000, sementara untuk kendaraan roda dua (motor) hanya Rp 1.000.

Jangan khawatir mengenai tempat parkir saat berkunjung ke sini. Pantai cantik ini dilengkapi dengan lahan parkir yang luas dan aman untuk kendaraan Anda. Biaya parkirnya pun ramah di kantong, dengan tarif Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk motor.

Jadi, tunggu apa lagi? Nikmati liburan Anda di Jogja dengan mengunjungi wisata bahari ini dan tenggelamkan diri Anda dalam pesona alamnya.

Aktivas Seru di Pantai Parangkusumo

1. Relaksasi di Tepi Pantai

Pantai Parangkusumo menyuguhkan pesona alami yang memikat hati. Berbaring di atas pasir coklat sambil mendengar deburan ombak dan menikmati angin laut yang menyegarkan akan memberikan ketenangan jiwa. Meskipun berenang bukan pilihan di sini karena ombaknya yang besar, namun bersantai di tepi pantai tetap bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

2. Petualangan ATV dan Mengendarai Kereta Kuda

Buatlah petualanganmu di pantai ini semakin seru dengan mencoba berkendara menggunakan ATV. Rasakan sensasi mengeksplor pantai dengan adrenalin yang meningkat. Bagi yang ingin merasakan suasana romantis, menyewa kereta kuda dan berkeliling pantai sambil menikmati keindahan sekitar menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga:  6 Tempat Wisata Jogja Ala Korea yang Paling Hits

3. Menjadi Saksi Tradisi Spiritual

3. Menjadi Saksi Tradisi Spiritual
Foto: Google Maps/Didietweh

Pantai Parangkusumo di BantulĀ  ini tidak hanya kaya akan keindahannya, namun juga tradisi. Di sini, kamu dapat menyaksikan berbagai upacara keagamaan yang penuh makna. Upacara-upacara tersebut mencerminkan kedalaman nilai budaya dan spiritual masyarakat setempat, menjadikannya sebagai daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

4. Sesi Fotografi dan Menyaksikan Senja

Bagi para pecinta fotografi, Pantai Parangkusumo menawarkan beragam objek menarik, mulai dari pasir pantai yang unik, ombak besar, hingga berbagai upacara tradisional. Tidak lupa, momen matahari tenggelam di pantai ini memberikan kesempatan emas untuk mendapatkan foto yang spektakuler dengan latar belakang senja yang mempesona.

Pantai ini menawarkan pesona alam yang tak ada duanya. Di sini, kamu bisa menyaksikan matahari tenggelam yang mempesona. Keistimewaan sunset di pantai ini terletak pada keleluasaannya dan pandangan yang tak terganggu oleh halangan apapun.

Pemandangan matahari tenggelam seperti mengukir karya seni alami di cakrawala yang memanjakan mata. Ketika senja menyihir dengan kecantikannya, Anda tenggelam dalam kenangan indah di pantai eksotis ini.

Suara deburan ombak, sentuhan pasir hitam, dan aura mistis pantai ini telah menyatu dalam kenangan Anda. Di sini, Anda tidak hanya menyaksikan keindahan alam yang menakjubkan, tetapi juga menyentuh warisan budaya yang kaya.

Saat Anda meninggalkan Pantai Parangkusumo di Bantul ini, membawa pulang potongan keajaiban alam dan kisah-kisah legenda, Anda tahu bahwa Anda telah berada dalam pelukan alam yang penuh misteri dan pesona tak terlupakan.