Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Pesona Pantai Cemara Sewu, Harmoni Laut dan Hutan yang Menakjubkan

Avatar photo
30
×

Pesona Pantai Cemara Sewu, Harmoni Laut dan Hutan yang Menakjubkan

Share this article
Pesona Pantai Cemara Sewu, Harmoni Laut dan Hutan yang Menakjubkan

Nikmati keindahan alam yang memukau di Pantai Cemara Sewu Bantul, di mana pasir putih yang lembut, dan hutan hijau yang memikat menciptakan pengalaman liburan yang tak terlupakan

Pantai Cemara Sewu, dengan pesonanya yang tiada tara, mengundang para pengunjung untuk merasakan keajaiban alam dalam harmoni sempurna.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Terletak di pelukan pantai selatan yang tenang, tempat ini adalah pilihan ideal bagi mereka yang mencari kedamaian, petualangan, dan momen indah bersama alam.

Daya Tarik Pantai Cemara Sewu

1. Hutan Cemara

Begitu melangkah ke wilayah pantai, hamparan pohon cemara memenuhi pandangan, menjadi simbol utama Pantai Cemara Sewu di Bantul ini. Suasana yang damai dan alami segera membelai jiwa. Di bawah naungan pohon-pohon ini, matahari tak dapat membakar kulit dengan intensitas penuh, memberikan kedamaian bagi mereka yang ingin bersantai.

Gazebo-gazebo kecil tersedia di antara rimbunan cemara, menjadikannya tempat yang ideal untuk beristirahat. Kebersihan area ini terjaga, dengan tidak adanya sampah berserakan, menambah ketenangan saat berada di sini.

2. Area Bermain Anak

Pantai Cemara Sewu juga memperhatikan kebutuhan anak-anak dengan menyediakan zona bermain yang aman dan menarik. Berbagai permainan tradisional, seperti prosotan dan kuda-kudaan, tersedia di sini, mengingatkan pada masa kecil yang ceria.

Berbagai permainan lain, seperti balon sabun dan kincir angin, menambah keseruan. Untuk mereka yang ingin bersantai, hammock juga tersedia untuk disewa, memberikan pengalaman yang berbeda di pantai.

3. Keindahan Pantai

3. Keindahan Pantai
Foto: Google Maps/MX

Menuju ke pinggir pantai, sebuah jembatan kecil membentang, sering kali menjadi latar belakang foto para pengunjung. Dari sini, pemandangan laut terbentang luas, menawarkan ketenangan tersendiri.

Ayunan yang menghadap langsung ke laut memberikan sentuhan romantis, sementara penyewaan ATV menawarkan petualangan bagi mereka yang ingin merasakan adrenalin.

Baca Juga:  8 Spot Melihat Sunset di Jogja Selain Kawasan Pantai

Bagi yang ingin merasakan sensasi berbeda, jeep safari tersedia, mengajak pengunjung menikmati pantai dari perspektif berbeda. Selain itu, delman tradisional juga menjadi alternatif transportasi, menawarkan pengalaman nostalgia bagi beberapa pengunjung.

4. Kuliner dan Kegiatan Lainnya

Pantai Cemara Sewu Bantul bukan hanya tentang alam dan permainan. Di sini, pengunjung juga dapat menikmati aneka kuliner khas pantai dengan harga yang terjangkau. Sebagai tambahan, bagi mereka yang ingin merasakan suasana lebih intim dengan alam, berbagai kegiatan lain seperti outbond atau kumpul-kumpul keluarga seringkali dilaksanakan di area ini.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Cemara Sewu

Pantai Cemara Sewu terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya yang strategis di dekat Pantai Parangtritis memudahkan para pelancong untuk mencapainya.

Bagi Anda yang datang dari pusat kota Yogyakarta, arahkan kendaraan Anda ke arah Jalan Parangtritis. Teruslah melaju di jalur ini tanpa membelok hingga tiba di Pantai Parangtritis. Dari sana, berjarak kurang lebih 500 meter dari pintu masuk, beloklah ke kanan arah Pantai Gumuk Pasir.

Selanjutnya, arahkan kendaraan Anda ke arah barat mengarah ke Pantai Parangkusumo. Tidak jauh dari sana, di sisi kiri jalan, Anda akan menemukan pantai ini sebagai destinasi Anda.

Bagi Anda yang berasal dari Gunungkidul, perjalanan juga terbilang mudah. Anda hanya perlu mengikuti rute pantai selatan, dan Anda akan tiba di Pantai Parangtritis. Kemudian, beloklah ke kiri arah Pantai Gumuk Pasir. Dalam waktu singkat, Anda akan tiba di wisata bahari ini.

Jika Anda merasa kesulitan dalam menemukan lokasi, Anda dapat memanfaatkan bantuan aplikasi navigasi atau peta digital yang tersedia di smartphone Anda. Aplikasi tersebut tentunya akan memberikan petunjuk arah yang akurat menuju wisata pantai eksotis ini.

Baca Juga:  Rumah Pohon Jatiasih, Wisata Alam Dilengkapi Beragam Wahana Ourbond di Bekasi

Harga Tiket Masuk Pantai Cemara Sewu

Destinasi wisata di Yogyakarta dikenal dengan tarif yang terjangkau, memberikan kesempatan bagi para wisatawan untuk menikmati pesona alam tanpa merogoh kocek terlalu dalam. Pantai di Jogja ini merupakan salah satu contohnya.

Untuk dapat menikmati keelokan Pantai Cemara Sewu Bantul, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- per orang. Jika Anda datang menggunakan kendaraan, ada biaya tambahan untuk parkir. Tarif parkir untuk sepeda motor ditetapkan sebesar Rp. 5.000, sedangkan untuk mobil dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000.

Mohon diperhatikan bahwa tarif tersebut dapat berubah sesuai dengan kebijakan pengelola. Sebaiknya cek informasi terbaru sebelum berkunjung untuk menghindari kebingungan.

Aktivitas Seru di Pantai Cemara Sewu

Pantai Cemara Sewu menyuguhkan berbagai aktivitas menyenangkan yang dapat Anda nikmati selama liburan Anda. Di samping keindahan alam pantai yang menawan, ada beragam aktivitas seru yang bisa Anda lakukan, seperti mengendarai ATV, petualangan dengan jeep, menikmati perjalanan dengan andong, berfoto, menyaksikan matahari terbenam, dan banyak lagi.

1. Spot Foto yang Instagramable

Mengambil foto di lokasi ini merupakan aktivitas yang tidak boleh dilewatkan, menambah koleksi foto Instagram Anda dengan berbagai gambar menarik yang bisa Anda peroleh di Pantai Cemara Sewu.

Dari hutan cemara yang ikonik dengan pepohonannya yang rimbun dan menjulang tinggi, hingga formasi-formasi unik yang terbentuk oleh ranting-ranting yang saling bertabrakan, semuanya membentuk latar belakang foto yang memukau.

Meskipun pantai ini memiliki ombak yang besar dan tidak cocok untuk berenang, Anda masih bisa menikmati bermain air di tepian pantai dan menangkap momen-momen istimewa dengan kamera Anda.

2. Bersenang-senang di Tepi Pantai

2. Bersenang-senang di Tepi Pantai
Foto: Google Maps/Hamdani Hamdani

Menghabiskan waktu di pantai tentu tidak lengkap tanpa bermain-main di air dan ombak. Pantai Cemara Sewu dikenal dengan ombaknya yang cukup besar dan menjadi kawasan palung dalam.

Baca Juga:  Wisata Sejarah Jakarta, Rekresi Sambil Bernostalgia

Walaupun kurang aman untuk berenang, Anda masih bisa menikmati waktu Anda di tepian pantai dengan pasir hitam yang lembut di bawah kaki.

Nikmati keceriaan bersama teman-teman, pasangan, atau keluarga di pantai ini dan rasakan kesenangan liburan di Yogyakarta dengan mengunjungi pantai cantik ini.

3. Mengendarai ATV

Pantai Cemara Sewu di Bantul ini juga menyediakan opsi untuk menyewa ATV atau mobil jeep untuk menjelajahi pantai lebih lanjut, sebuah pilihan yang menyenangkan untuk mereka yang tidak ingin berjalan kaki.

Rasakan keasyikan berkendara di sepanjang pantai dengan suasana sejuk dan angin yang menyegarkan. Bagi pencinta petualangan dan alam, kawasan ini juga sering dijadikan tempat berkemah, dengan pengunjung membawa perlengkapan kemah mereka sendiri.

Anda juga bisa menggantungkan hammock dan bersantai di sekitar pantai atau di antara pepohonan cemara, menikmati ketenangan dan kedamaian yang ditawarkan oleh pantai ini.

Saat matahari merunduk di ufuk barat, Anda merenungkan tentang kecantikan yang Anda saksikan di pantai memesona ini. Suara deburan ombak dan angin yang lembut, dengan hembusan aroma segar dari pohon cemara, telah mengisi hati Anda dengan ketenangan yang mendalam.

Di sini, Anda telah menemukan tempat untuk menghubungkan diri dengan alam dalam segala kemuliaannya. Ketika Anda meninggalkan Pantai Cemara Sewu di Bantul ini, Anda membawa pulang lebih dari sekadar kenangan visual – Anda membawa pulang perasaan inspirasi dan damai yang dihadiahkan oleh keindahan pantai ini.