Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Air Terjun Kembang Soka, Surga Alam Tersembunyi di Kulon Progo yang Lagi Hits

Avatar photo
26
×

Air Terjun Kembang Soka, Surga Alam Tersembunyi di Kulon Progo yang Lagi Hits

Share this article
Air Terjun Kembang Soka, Surga Alam Tersembunyi di Kulon Progo yang Lagi Hits

Nikmati kendahan Air Terjun Kembang Soka, sebuah surga wisata eksotis di Kulon Progo yang menawarkan keindahan air terjun dan panorama alam yang menakjubkan.

Air Terjun Kembang Soka, sebuah surga tersembunyi di Kulon Progo, kini tengah menjadi sorotan dan semakin populer di kalangan pecinta alam dan wisatawan.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Dengan keindahan alami yang memukau, air terjun ini menawarkan sebuah pelarian sempurna dari kesibukan sehari-hari, mengundang siapa saja yang ingin menikmati keajaiban alam yang masih asli dan terjaga.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Kembang Soka

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Kembang Soka
Foto: Google Maps/Abu Azzam

Air Terjun Kembang Soka, sebuah destinasi wisata alam yang terkenal di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, telah menjadi tempat yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang mencari ketenangan dan keindahan alam.

Di tengah keasrian perbukitan Menoreh, air terjun ini menyembunyikan sebuah surga yang belum banyak diketahui orang, menawarkan pengalaman alam yang tak terlupakan dengan aliran airnya yang jernih dan segar.

Keunikan Air Terjun Kembang Soka terletak pada dua buah curug atau air terjun yang berdampingan, menciptakan pemandangan yang menakjubkan dan unik.

Di bawah kedua curug ini terdapat kolam yang airnya berwarna kebiruan, begitu jernih sehingga memungkinkan pengunjung melihat ikan-ikan kecil yang berenang di dasarnya.

Keindahan kolam ini tetap terjaga sepanjang tahun, tidak pernah surut bahkan di musim kemarau, berkat aliran dari dua sungai dan satu sumber mata air yang tidak pernah kering.

Nama “Soka” diambil dari pepohonan Soka yang banyak tumbuh di sekitar kawasan wisata ini, menambah kecantikan dan keserasian alam sekitar.

Perjalanan menuju air terjun ini merupakan sebuah petualangan kecil dengan trekking sekitar 200 meter. Namun, tak perlu khawatir, karena jalur trekking ini cukup baik dan mudah dilalui oleh pengunjung dari segala usia.

Baca Juga:  Candi Sambisari, Mengintip Pesona Candi Hindu yang Megah di Sleman

Sesampainya di air terjun, semua rasa lelah dan capek akan terbayar dengan suara gemercik air yang menenangkan hati. Anda akan dibuat takjub oleh kejernihan air terjun yang memiliki warna biru terang yang menawan.

Daya tarik unik ini menjadikan Air Terjun Kembang Soka berbeda dari air terjun lainnya, dan menjadi alasan utama mengapa tempat ini harus ada dalam daftar kunjungan Anda saat berlibur ke Yogyakarta.

Alamat, Rute Menuju Wisata & Jam Operasional

Terletak di Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Air Terjun Kembang Soka adalah sebuah destinasi wisata yang mudah diakses dan menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

Perjalanan menuju air terjun ini adalah sebuah petualangan yang menarik, dengan jalur yang cukup mudah diikuti, menjadikannya pilihan ideal untuk pengunjung dari semua usia.

Air Terjun Kembang Soka terbuka untuk umum setiap hari, mulai dari Senin hingga Minggu, dengan jam operasional dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Waktu operasional ini dipilih dengan hati-hati mengingat medan di sekitar air terjun yang bisa menjadi licin, terutama di sore hari ketika cahaya matahari mulai berkurang.

Ini adalah langkah keamanan untuk memastikan bahwa setiap pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan aman dan nyaman.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Biaya untuk masuk ke Air Terjun Kembang Soka juga sangat terjangkau. Pada bulan Juni 2022, tiket masuk hanya seharga Rp 6.000 per orang, sebuah harga yang sangat ramah di kantong untuk menyaksikan pemandangan alam yang begitu menawan.  Bagi wisatawan yang datang dengan kendaraan, tersedia tempat parkir dengan biaya parkir sebesar Rp 2.000.

Keindahan alam Air Terjun Kembang Soka, ditambah dengan harga tiket masuk yang terjangkau, menjadikannya destinasi yang sempurna bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga tanpa menghabiskan banyak uang.

Baca Juga:  Agrowisata Bhumi Merapi, Pertemuan Harmoni Alam dan Budaya di Kaki Gunung Berapi

Di sekitar area air terjun, Anda juga akan menemukan penjual makanan dengan harga yang ramah di kantong, sempurna untuk mengisi energi setelah berkeliling menikmati keindahan alam.

Air Terjun Kembang Soka tidak hanya menawarkan keindahan alam yang mempesona, tetapi juga pengalaman liburan yang lengkap, terjangkau, dan tentunya mengesankan.

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan
Foto: Google Maps/Hasim Ikhwanudin

Aktivitas di Air Terjun Kembang Soka tidak hanya sekadar liburan, tapi juga petualangan tak terlupakan di alam bebas. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda nikmati di sana:

1. Berburu Foto Instagramable

Air Terjun Kembang Soka adalah surganya para fotografer dan pencinta media sosial. Keindahan alam yang disuguhkan di sini menawarkan spot-spot foto yang sangat mengesankan. Dari panorama air terjun yang memukau hingga perbukitan hijau di sekitarnya, tempat wisata ini adalah surga bagi pecinta fotografi.

Ambil foto-foto instagenic yang akan mempercantik feed media sosial Anda. Keindahan alam dan warna air terjun yang memesona akan membuat Anda merasa seolah sedang berada di dunia lain. Jangan lewatkan momen berharga untuk mengabadikan keindahan wisata ini.

2. Berenang

Nikmati kesegaran air di Curug Kembang Soka, Jogja, dengan berenang di kedungnya yang memiliki air jernih berwarna kebiruan. Kunjungan ke air terjun tak akan lengkap tanpa merasakan sensasi berenang di bawah air terjun yang menakjubkan ini.

Kejernihan dan kesegaran air terjun ini tak tertandingi, membuat tubuh Anda rileks dan segar kembali setelah perjalanan yang melelahkan.

Anda bisa merasakan langsung aliran air terjunnya yang berasal dari dua aliran yang mengalir deras. Air terjun pertama berasal dari tuk atau pancuran Jaran, sedangkan air terjun kedua berasal dari aliran Sungai Mudal.

Baca Juga:  15 Tempat Wisata Malam di Jogja yang Paling Hits

3. Kulineran

Pengalaman di Air Terjun Kembang Soka tidak hanya sebatas alam dan petualangan, tetapi juga kuliner. Selama kunjungan Anda, jangan lupa mencicipi kuliner lezat yang tersedia di lokasi wisata ini.

Nikmati makanan lezat sambil menikmati pemandangan alam yang mempesona di Yogyakarta. Ini adalah kesempatan untuk mendapatkan sensasi liburan yang tak terlupakan, di mana Anda bisa menjelajahi keindahan alam dan mencicipi hidangan lezat setempat.

Air Terjun Kembang Soka, dengan semua keelokan dan kesegaran alamnya, benar-benar merupakan permata tersembunyi di Kulon Progo. Tempat ini tidak hanya menawarkan panorama yang memukau, tetapi juga memberikan kesan mendalam dan ketenangan bagi setiap pengunjungnya.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan dan menikmati keindahan surga tersembunyi ini di Kulon Progo yang sedang menjadi perbincangan hangat.