Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
DI Yogyakarta

Melihat Eksotisme Goa Kidang Kencana di Kulon Progo Yogyakarta

Avatar photo
58
×

Melihat Eksotisme Goa Kidang Kencana di Kulon Progo Yogyakarta

Share this article
Melihat Eksotisme Goa Kidang Kencana di Kulon Progo Yogyakarta

Saat berlibur ke jogja pastinya kalian akan selalu dikelilingi oleh tempat-tempat yang kaya akan kebudayaan seperti keraton, candi-candi, hingga Malioboro. Namun di Jogja juga ada wisata alam menarik yang patut kalian masukan ke list destinasi yang harus dikunjungi saat berlibur ke Jogja yaitu goa kidang kencana yang berada di kulon progo.

Bagi kalian yang sangat suka dengan wisata bernuansa ekstrim, maka goa yang satu ini sangat cocok untuk kalian kunjungi karena goa yang berada di kulon Progo ini memiliki akses yang lumayan menantang untuk kalian eksplorasi. Selain menantang, goa ini juga memiliki banyak hal menarik yang bisa kalian temui di dalamnya.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Di dalam goa kidang kencana kalian akan menemukan ornamen bebatuan goa seperti stalaktit yang sangat indah dan eksotis. Dinding-dinding dalam goa ini juga sangat menarik karena kalian akan menemukan banyak fenomena alam yang sangat keren di sana. Pokoknya kalian tidak akan menyesal jika sudah mengunjungi goa yang satu ini.

Untuk mengeksplorasi goa ini kalian nantinya akan dikenakan peralatan safety seperti helm, rompi, dan sepatu karet. Selain itu kalian juga akan dipinjami senter karena kondisi goa yang sangat gelap. Dan saat mengekplorasi goa, kalian akan dipandu oleh tour guide yang sudah profesional dan mengetahui seluk-beluk goa tersebut.

Lokasi dan Rute

Lokasi dari goa kidang kencana ini berada di kabupaten Kulon Progo, untuk lokasi lengkapnya berada di Dusun Sabrangkidul, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo. Jika kalian tertarik berkunjung ke goa yang satu ini maka kalian setidaknya harus menempuh jarak kurang lebih sejauh 33 kilometer dari kota Jogja.

Jika kalian pernah mengunjungi atau tahu tentang perbukitan menoreh, goa yang satu ini masih satu area dengan bukit menoreh. Namun untuk mengunjungi lokasi dari goa ini memerlukan usaha ekstra, karena selain tempatnya yang lumayan terpencil, minimnya petunjuk jalan juga terkadang membuat wisatawan bingung mengenai lokasi goa ini.

Baca Juga:  22 Tempat Wisata di Gunung Kidul yang Lagi Hits dan Populer

Maka dari itu para pengunjung harus cermat melihat jalan serta memanfaatkan penduduk sekitar untuk ditanyai jalan menuju goa yang satu ini. Akses termudah yang bisa kalian lewati jika berangkat dari Jogja kota, maka kalian bisa melewati jalan godean. Estimasi perjalanan sendiri kurang lebih mencapai 1 jam jika dari kota Jogja.

Untuk pergi kesana saya sarankan untuk membawa kendaraan pribadi baik motor maupun mobil, karena membawa kendaraan pribadi akan terasa lebih asyik daripada menggunakan kendaraan umum. Jika membawa kendaraan pribadi kalian bisa memanfaatkan google maps, namun pastikan kalian tetap mencermati jalan karena lokasi goanya yang lumayan terpencil.

Jika tidak membawa kendaraan pribadi juga bisa mengunjungi goa yang satu ini dengan cara memanfaatkan kendaraan umum. Kalian bisa naik bus dan turun di terminal kulon Progo, setelah itu kalian bisa menggunakan ojek untuk mengantar kalian menuju lokasi goa kidang kencana tanpa takut kesasar.

Melihat Keasrian Goa Kidang Kencana

Setelah tiba di mulut goa, kalian akan didampingi petugas sekaligus tour guide yang akan memandu kalian untuk menyusuri goa yang satu ini. Dan tidak lupa yang seperti saya bilang di awal, kalian akan dituntun untuk menggunakan peralatan safety yang lengkap mulai dari helm, rompi, hingga sepatu karet.

Goa kidang kencana merupakan goa yang sangat luas, bahkan panjang lorongnya ditaksir mencapai 350 meter. Di dalam goa ini juga terdapat aliran air sungai yang jika ditelusuri akan membawa kalian menembus goa kiskendo. Jadi kalian bisa mengeksplorasi banyak hal di goa kidang kencana yang satu ini.

Ketika mulai memasuki goa, kalian akan disambut oleh pintu masuk atau mulut goa yang terbilang kecil karena hanya berukuran 2 meter. Mulut goa yang tidak terlalu besar itulah yang akan menjadi awal perjalanan kalian menyusuri goa menuju perut bumi hanya dengan bekal senter dan peralatan safety.

Baca Juga:  3 Museum Karya Seni di Yogyakarta Yang Wajib di Kunjungi

Ketika mulai masuk kedalam goa, kalian akan merasakan kesunyian dengan hawa dingin dan lembab yang membuat suasana jadi sedikit mencekam, ditambah lagi setiap jengkal kalian masuk kedalam goa, kalian akan sering mendengar suara kelelawar yang bergelantungan di langit-langit goa yang membuat suasana makin mencekam.

Meskipun terkesan agak mengerikan, di sana kalian akan disuguhi oleh keindahan struktur bebatuan goa dengan stalagmit dan stalagtit yang masih terjaga dengan baik di dalam sana. Selain itu kalian juga bisa melihat ornamen-ornamen unik di dinding goa serta pahatan yang terbuat secara alami akibat fenomena geologis beberapa ribu hingga juta tahun lalu.

Goa kidang kencana sendiri masih bisa dibilang goa perawan yang masih terjaga keasriannya, bahkan bentuknya juga tidak mengalami perubahan hingga sekarang. Ada berbagai ornamen unik yang terbuat secara alami dari fenomena alam seperti ringin kurung yang merupakan batu kapur raksasa yang menyerupai pohon beringin.

Selain itu ada juga tiang goa alami hasil menyatunya stalagmit dan stalagtit, ada juga bebatuan yang menyerupai candi Sewu, bungkus angkrem, bulus, Pancoran, serta langit Kuntoro. Pokoknya kalian akan menemukan banyak hal unik yang belum pernah kalian temui sebelumnya di luaran sana.

Tiket Masuk dan Fasilitas Goa Kidang Kencana

Untuk mengunjungi goa kidang kencana, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar, bahkan harga tiket masuk ke goa yang satu ini kalian hanya perlu membayar seikhlasnya saja. Namun sangat disarankan untuk kalian membayar sebesar 25k untuk menyewa pemandu yang merupakan warga sekitar.

Membayar 25k tersebut kalian sudah akan didampingi oleh pemandu untuk menyusuri goa, dan juga harga tersebut sudah termasuk peralatan safery lengkap seperti helm, rompi, sepatu karet, dan senter. Bagaimana sangat menarik bukan? Apakah kalian tertarik mengunjungi goa yang berada di kulon Progo ini?

Baca Juga:  Mengungkap Pesona Tersembunyi Taman Sari Jogja: Wisata Sejarah yang Memikat Hati

Sementara untuk fasilitas yang ada di goa kidang kencana sendiri masih sedikit terbatas, karena kalian akan sedikit kesusahan untuk menemukan kamar mandi karena masih sedikit toilet umum yang tersedia. Lahan parkir yang ada di area wisata ini juga merupakan lahan yang dimiliki oleh warga.

Namun jalan akses menuju goa ini juga terbilang cukup bagus karena jalanan sudah enak dan tertata rapi. Di area goa juga tersedia pemandu yang bisa kalian gunakan serta peralatan safety yang lengkap untuk menyusuri goa. Sebab masih minim fasilitas di goa yang satu ini dikarenakan tempat ini diolah sendiri secara swadaya oleh masyarakat sekitar.

Saya rasa sampai di sini saja pembahasan mengenai goa kidang kencana yang bisa saya sampaikan. Jika kalian tertarik, silahkan datang langsung ke goa tersebut untuk merasakan sensasinya sendiri secara langsung. Cukup sekian untuk pembahasan kali ini, jika ada salah kata, mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih sudah membaca.