Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Embung Potorono, Wisata Alternatif untuk Liburan Keluarga di Bantul

Avatar photo
81
×

Embung Potorono, Wisata Alternatif untuk Liburan Keluarga di Bantul

Share this article
Embung Potorono, Wisata Alternatif untuk Liburan Keluarga di Bantul

Embung Potorono, apakah kalian pernah mendengar destinasi wisata cantik yang satu ini? Jika belum maka kalian harus mengetahuinya. Lokasinya sendiri terletak di salah satu kawasan wisata Dusun Salakan, Desa Potorono, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jadi ketika kalian sedang berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa sempatkan waktu untuk berkunjung ya.

Destinasi wisata Embung Potorono sendiri sebenarnya merupakan sebuah telaga atau lebih tepatnya danau buatan yang mana dibangun oleh pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta sejak tahun 2017 lalu. Jadi tak heran hingga saat ini tempat destinasi wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, karena sudah pasti terjaga kebersihan dan keindahannya bukan.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Mengingat sejarah dibangunnya, sebenarnya awal adanya Embung Potorono ini justru bukan difungsikan untuk tempat wisata, melainkan dipakai khusus untuk tempat menampung ketersediaan air pada waktu musim kemarau di daerah Potorono itu sendiri. Namun kini, tempat ini sudah menjadi sebuah telaga yang difungsikan juga untuk alternatif wisata keluarga lho.

Ya, wisata keluarga memang menjadi pilihan yang tepat untuk malihan yang tengah ingin berkumpul bersama keluarga menikmati keindahan serta suasana menenangkan bukan. Jadi tidak ada yang salah jika kalian ingin mengunjungi tempat wisata alternatif yang menarik ini. Bahkan kalian juga akan tetap mendapatkan beragam fasilitas liburan yang menyenangkan lho di sini.

Berikut Daya Tarik Embung Potorono Bantul Jogja

1. Memiliki Suasana Sejuk yang Menenangkan

Tentunya, suasana seperti ini sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga besar bukan. Apalagi ketika kalian tengah berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta, kalian pasti akan berkunjung ke banyak tempat untuk bersenang-senang dan menguras tenaga bukan. Nah, ketika kalian menyempatkan waktu untuk mempir ke sini, maka momen bersantai akan kalian dapatkan.

Baca Juga:  The Lost World Castle, Destinasi Wisata Hits di Jogja Mirip Benteng Takeshi

Di Embung Potorono, kalian bisa berkumpul dengan piknik bersama keluarga untuk menikmati momen bersama setelah puas bersenang-senang di destinasi wisata yang lain. Tidak hanya itu saja, para orang tua juga tetap bisa memantau anak-anak yang masih ingin bersenang-senang sebab di sini tidak akan ada kejenuhan sekalipun suasana yang tercipta justru menenangkan.

2. Adanya Ikan Mas Semakin Diminati Para Anak-anak

Bagaimana tidak, seperti pada ulasan sebelumnya jika Embung Potorono ini justru tidak akan membuat siapapun yang berkunjung merasa bosan. Apalagi untuk anak-anak, sebab di sini menyediakan ikan mas yang mana dibudidayakan oleh masyarakat setempat. Hal ini tentu menjadi daya tarik khusus bagi para pengunjung yang tengah berlibur dan bersantai di sini.

Bahkan siapapun bisa mberi makan ikan mas yang ada di sini, bukankah akan sangat menyenangkan jika bisa menikmati momen cantik sembari berkumpul bersama keluarga seperti ini? Untuk itu, tidak ada salahnya kalian mengajak anak-anak juga untuk turut serta bermain di Embung Potorono ini, sebab selain menemani, kalian juga bisa mengawasi mereka.

3. Biasa Dijadikan Sebagai Tempat Berolahraga

Nah, yang paling menarik dari destinasi wisata yang satu ini adalah banyaknya orang yang memilih berolahraga di tempat ini. Apalagi jika kalian memilih berkunjung di akhir pekan, kalian pasti akan menemukan baik itu warga setempat atau juga wisatawan-wisatawan yang turut meramaikan hari seperti bersepeda maupun joging bersama lho.

Bahkan pada pagi harinya para ibu-ibu akan berkumpul untuk menikmati suasana sejauk dengan senam bersama dan dilanjutkan dengan jalan santai mengelilingi Embung Potorono ini. Pada saat jam pagi seperti ini, para pengunjung tidak akan dikenakan tarif tiket masuk, namun hanya membayar uang parkir saja sebab di jam segini sudah ada penjaga parkirnya.

Baca Juga:  22 Tempat Wisata di Bantul yang Lagi Hits dan Favorit

4. Tersedianya Warung Makan Dengan Harga Terjangkau

Jangan khawatir akan Kelapa ya ketika berada di tempat ini, sebab kalian bisa menikmati fasilitas menarik yang disediakan. Salah satunya adalah rumah makan unik berupa warung yang mana menjual berbagai jenis jajanan mulai dari yang ringan hingga yang berat. Untuk harganya sendiri sangat terjangkau dan tidak akan mengecewakan para pengunjung pastinya.

Tidak hanya itu, kalian juga akan menemukan adanya stand-stand makanan di Embung Potorono ini. Nah, stand ini sebenarnya merupakan produk makanan hasil dari UMKM penduduk sekitar yang pata utamanya menerapkan pemberdayaan masyarakat yang pastinya bertempat tinggal di sekitar Embung Potorono ini. Kalian juga bisa menikmatinya dengan harga terjangkau lho.

5. Tersedia Taman Bermain Anak-anak dan Gazebo Besar

Nah, kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk menghibur anak-anak dan menjauhkannya dari kejenuhan selain menikmati waktu dengan memberik makan ikan mas adalah dengan bermain di taman bermain yang telah disediakan. Di sini berbagai macam peralatan telah disediakan untuk menunjang anak-anak bermain bersama teman-teman baru yang ada di sini.

Sedangkan untuk para orang tua sendiri bisa menikmati waktu berkumpul bersama di gazebo yang disediakan sembari menunggu anak-anak bermain. Bahkan untuk kalian yang ingin meminjam tempat sebagai tempat camping juga diperbolehkan lho. Kalian bisa coba untuk berkonsultasi dengan orang yang ada di sana terkait apa saja persyaratan izin yang dibutuhkan.

6. Tersedianya Taman Untuk Melihat Berbagai Macam Burung Merpati

Selain ikan mas dan taman bermain, kalian juga bisa menikmati momen berkumpul dengan merpati cantik yang ada di Embung Potorono ini. Nah, keberadaan kawanan burung merpati ini tentu akan menambah suasana yang menyenangkan bukan ketika berkunjung di sin. Apalagi, kalian bisa memberikan merpati-merpati ini makanan agar berkumpul lho.

Baca Juga:  Bukit Klangon, Puncak Kemegahan Alam Jogja dari Ketinggian

Jika ditelisik lebih dalam, sepertinya wisata Embung Potorono ini justru mengusung konsep wisata yang bertajuk keluarga. Bagaimana tidak, mulai dari suasana bahkan fasilitasnya saja sangat mendukung keluarga yang ingin berkunjung di sini. Bahkan dengan tersedianya makanan-makanan yang bisa dibeli dengan harga yang terjangkau juga menambah nilai plus.

7. Bisa Berkeliling Embung Potorono dan Mengabaikan Foto Instagramable

Tentunya keluarga yang akan berkunjung di Embung Potorono ini tidak akan menyesal, apalagi mereka bisa sepuasnya jalan-jalan serta mengelilingi area kawasan Embung dan menikmati semilir angin dari pohon-pohon cantik yang ada disekitar. Kalian juga bisa mengabadikan momen menarik yang pastinya Instagramable dan kekinian lho di sini.

Apapun tempat yang kalian pilih untuk berfoto pasti hasilnya akan sangat memuaskan. Sebab meskipun dibuat secara buatan, nyatanya Embung Potorono ini terlihat sangat alami dan terjaga. Siapapun yang melihatnya pasti akan merasakan suasana alam lepas yang menenangkan. Bahkan ketika di foto, hasil jepretannya juga akan menunjukkan alam asri yang tak kalah cantiknya.

Jadi tunggu apalagi, untuk kalian yang memang penasaran seperti apa Embung Potorono ini, maka kalian harus langsung berkunjung di destinasi wisata yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta ini ya. Jangan lupa juga untuk mengajak keluarga besar serta para anak ya. Hal ini tentu agar suasana kekeluargaan kalian tercipta semakin kental di sini. Selamat menikmati!