Wisata Sejarah Jakarta, Rekresi Sambil Bernostalgia

Kalau berbicara tentang Jakarta, apasih yang ada di benak kalian? Mall mewah, hotel bintang lima, atau kafe dengan harga fantastis. Tentu tidak semua tempat di Jakarta seperti yang saya sebutkan diatas. Tidak hanya tentang hotel, kafe, mall, dan tempat mewah dengan ongkos mahal. Di Jakarta juga terdapat tempat wisata yang cukup menarik dengan harga murah dan kaya akan ilmu pengetahuan, khususnya bagi kalian para pecinta sejarah. Bagi kalian yang suka berwisata tapi tetap ingin menambah wawaasan pengetahuan, tidak ada salahnya kalau kalian mengunjungi dua tempat wisata legendaris yang akan saya jabarkan dibawah ini.

1. Kawasan Kota Tua

Photo by Google Maps (Hana Azizah)

Bagi kalian yang suka mengunjungi tempat-tempat kuno, tidak ada salahnya jika mencoba untuk mengunjungi kawasan Kota Tua yang terletak di Jakarta Barat. Kawasan dengan luas 1,3 kilometer persegi ini dibangun sejak zaman penjajahan belanda tepatnya pada abad ke-16 tahun 1619. Belanda membangun Kota ini bertujuan untuk memudahkan mereka dalam menyalurkan barang dagang mereka.

Di Kota Tua kita dapat melihat banyak gedung peninggalan Belanda, bangunan yang kita lihat sekarang tentu sudah mengalami beberapa kali perbaikan dikarenakan faktor usia. Perbaikan gedung dilakukan menggunakan dana dari organisasi nirlaba yang fokus terhadap tempat-tempat bersejarah. Meskipun sudah mengalami beberapa kali perbaikan kita tetap dapat melihat seperti apa suasana Jakarta pada masa pemerintahan Hindia-Belanda. Seperti kanal-kanal, Jembatan dengan arsitektur khas Belanda, jalan berpavling, dan tentunya model bangunan khas Belanda yang kini banyak dijadikan museum dan pertokoan, tentunya tetap mempertahankan bentuk dasarnya.

Baca Juga:  Menyusuri Jalan Glodok Pecinan

Ada beberapa tempat di Kota Tua yang tidak kalah instagramable dari kafe-kafe di Jakarta Selatan dan tentunya dapat menjadi referensi bagi kalian para pecinta sejarah, seperti Museum Wayang, Museum Fatahillah, Museum Bahari, Pelabuhan Sunda Kelapa, Menara Syahbandar, dan Masjid Luar Batang. Selain kota diatas, tentu kmasih ada banyak objek wisata di Kawan Kota Tua yang akan memanjakan mata kalian. So, tunggu apalagi, jika kalian berminat bisa masukkan tempat wisata ini dalam daftar checklist kalian.

Lokasi: Kawasan Kota Tua, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

2. Museum Gajah

Photo by Twitter.com @auliaasmulnst

Jika mendengar nama Museum Gajah, mungkin kalian akan berpikir bahwa museum ini di bangun untuk menyimpan berbagai fosil gajah dari jaman purbakala sampai jaman sekarang. Tentu saja tidak, Museum Gajah disebut juga sebagai Museum Nasional Indonesia yang tentunya menyimpan berbagai macam informasi mengenai sejarah Jakarta tetapi juga tentang sejarah Nusantara dari jaman kerajaan, hal ini terbukti dari banyaknya arca dari zaman kuno yang tersimpan di dalam museum ini. Sedangkan nama Gajah tercetus karena patung gajah yang terletak di sisi depan museum. Tidak hanya menyimpan arca dari segala macam jaman, museum ini juga menyimpan berbagai macaam gamelan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, macaam tekstil, benda arkeologi, dan rumah serta pakaian adat dari seluruh provinsi yang adaa di Indonesia.

Baca Juga:  Pesona Wisata Religi di Kota Jakarta

Museum Gajah daapat menjaadi tempat menyimpan berbaagai macam koleksi lebih dari ratusan ribu koleksi dikarenakan tempatnya yang sangat luas. Bagi kalian yang berminat untuk mengunjungi tempat wisata ini, cukup dengan Rp. 5000 untuk dewasa dan Rp. 3000 untuk anak-anak, kalian sudah dapat menikmati keindahan barang-barang yang ada di museum ini. Bagi wisatawan mancanegara baik dewasa maupun anak-anak, kalian cukup merogoh kocek sebesar Rp. 10.000. Jika kalian berminat mengunjungi tempat wisata ini segera masukkan dalam daftar wisata kalian. Selamat berwisata sambil bernostalgia.

Lokasi: Jl. Medan Merdeka Barat, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.