Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Lifestyle

13 Langkah Mudah untuk Makeup Natural bagi Pemula Tanpa Ribet

Avatar photo
19
×

13 Langkah Mudah untuk Makeup Natural bagi Pemula Tanpa Ribet

Share this article
Cara Makeup Natural Pemula

Temukan berbagai langkah mudah untuk makeup natural bagi pemula. Panduan praktis ini membantu Anda tampil cantik alami tanpa ribet.

Dalam beberapa tahun terakhir, tren makeup natural telah menjadi sangat populer di kalangan wanita dari berbagai usia dan latar belakang. Banyak yang tertarik dengan konsep ini karena tampilannya yang segar, ringan, dan praktis untuk digunakan sehari-hari.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Makeup natural tidak hanya menghemat waktu tetapi juga lebih ramah bagi kulit karena menggunakan produk dengan bahan alami yang minim iritasi. Berikut adalah tiga belas langkah mudah untuk pemula yang ingin mencoba tampilan makeup natural.

1. Bersihkan Wajah dengan Teliti

Langkah pertama dalam setiap rutinitas makeup adalah membersihkan wajah. Memulai dengan wajah yang bersih akan memastikan bahwa makeup dapat diaplikasikan dengan mulus dan tahan lama.

Gunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulitmu untuk menghilangkan kotoran dan minyak tanpa menyebabkan kekeringan atau iritasi. Hindari melakukan eksfoliasi berlebihan sebelum makeup karena ini bisa membuat kulit menjadi sensitif.

2. Aplikasikan Pelembab

Aplikasikan Pelembab
Foto: Pexels/Anna Tarazevich

Setelah wajah bersih, aplikasikan pelembab untuk menjaga kelembapan kulit. Pelembab akan membantu foundation dan produk lainnya teraplikasi dengan lebih halus dan rata, menciptakan hasil akhir yang lebih sempurna. Pilih pelembap yang ringan namun efektif untuk menghidrasi dan cocok untuk jenis kulitmu.

3. Gunakan Primer

Primer adalah kunci untuk membuat makeup bertahan lebih lama dan tampak flawless. Aplikasikan primer yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, seperti mengurangi pori-pori besar atau mengontrol minyak. Biarkan primer meresap sempurna sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.

4. Pilih Alas Bedak yang Ringan

Untuk tampilan natural, gunakan alas bedak yang ringan seperti cushion atau BB cream. Produk-produk ini biasanya lebih ringan dari foundation tradisional dan baik untuk menyamarkan noda serta meratakan warna kulit tanpa terlihat berlebihan.

Baca Juga:  11 Bahan Alami yang Bikin Kulit Wajah Glowing dalam Waktu Singkat

Gunakan juga concealer di bawah mata untuk menyamarkan kantung mata, pilihlah warna yang satu tingkat lebih cerah dari alas bedakmu.

5. Eyelook yang Simpel

Eyeshadow dengan warna-warna netral seperti nude atau cokelat muda sangat cocok untuk tampilan natural. Aplikasikan warna ini pada kelopak mata untuk memberikan kedalaman.

Gunakan eyeliner dan maskara dengan cara yang sederhana untuk mempertegas mata tanpa membuatnya terlihat terlalu dramatis.

6. Tambahkan Warna pada Pipi

Blush on dapat menambah kesan segar dan bercahaya. Pilihlah blush dengan warna yang sesuai dengan tone kulitmu, seperti pink atau peach untuk kulit terang, dan lebih gelap seperti terracotta untuk kulit yang lebih gelap. Aplikasikan secara perlahan pada pipi untuk hasil yang alami.

7. Lipstik untuk Sentuhan Akhir

Pilih lipstik atau lip gloss dengan warna yang alami seperti nude atau pink muda. Gaya ombre lips atau hanya sekedar penggunaan lip gloss juga bisa menambah kesan segar.

Hindari penggunaan lip cream matte yang bisa membuat bibir kering, terutama jika kamu berada di lingkungan yang kering atau ber-AC.

8. Tetap Set Makeup dengan Setting Spray

Untuk memastikan bahwa makeupmu tahan lama sepanjang hari, jangan lupa untuk menyemprotkan setting spray setelah kamu selesai berdandan.

Setting spray akan membantu mengunci makeup dan mencegahnya luntur atau menggumpal, terutama jika kamu memiliki hari yang panjang atau berada di bawah sinar matahari.

Pilihlah setting spray yang memberikan hasil matte untuk kulit berminyak atau formula hydrating untuk kulit kering.

9. Alat Makeup yang Tepat

Foto: Pexels/Mart  Production

Menggunakan alat makeup yang tepat sangat penting untuk mencapai tampilan natural yang sempurna. Gunakan spons makeup atau beauty blender untuk mengaplikasikan foundation dan concealer agar hasilnya lebih merata dan halus.

Baca Juga:  11 Bahan Alami yang Bikin Kulit Wajah Glowing dalam Waktu Singkat

Untuk eyeshadow, gunakan kuas yang lembut dan bisa mengblend warna dengan baik. Peralatan yang berkualitas akan membantu kamu mengaplikasikan makeup dengan lebih mudah dan efisien.

10. Perhatikan Kesehatan Kulit

Tampilan makeup yang sempurna dimulai dari kulit yang sehat. Pastikan untuk rutin melakukan perawatan kulit dengan membersihkan, menghidrasi, dan menutrisi kulit wajahmu setiap hari. Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulitmu dan jangan lupa untuk menggunakan sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang dapat merusak kulit.

11. Latihan Membuat Sempurna

Seperti halnya keterampilan lainnya, keterampilan dalam berdandan juga membutuhkan latihan. Jangan takut untuk bereksperimen dengan berbagai produk dan teknik makeup. Semakin sering kamu praktik, kamu akan semakin mengerti apa yang terbaik untuk tampilan dan jenis kulitmu.

12. Konsultasi dengan Ahli Kecantikan

Jika kamu masih merasa kesulitan atau ingin mendapatkan hasil yang lebih profesional, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli kecantikan atau makeup artist. Mereka bisa memberikan saran yang berharga tentang produk dan teknik yang akan memaksimalkan kecantikan alamimu.

13. Menjaga Nutrisi dan Hidrasi

Ingatlah bahwa kecantikan berasal dari dalam. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang bergizi dan cukup air setiap hari. Nutrisi yang baik akan membantu kulitmu terlihat lebih sehat dan bercahaya, sementara hidrasi yang cukup akan menjaga kelembapan kulitmu.

Dengan mengikuti tips ini, kamu tidak hanya akan belajar cara melakukan makeup natural yang simpel dan mudah, tetapi juga cara menjaga kesehatan dan kecantikan kulitmu secara keseluruhan. Selamat mencoba dan semoga berhasil menciptakan tampilan yang glowing dan natural setiap hari!