Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
DI Yogyakarta

15 Tempat Wisata di Wonosari Gunung Kidul yang Paling Hits

Avatar photo
71
×

15 Tempat Wisata di Wonosari Gunung Kidul yang Paling Hits

Share this article
Wisata di Wonosari Gunung Kidul

Wonosari, sebuah kabupaten yang terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta, kian hari kian menarik perhatian banyak wisatawan. Dengan lanskap alamnya yang mempesona, berpadu dengan keunikan budaya setempat, Wonosari menyimpan sejuta pesona yang siap untuk dijelajahi.

Meski mungkin kurang dikenal dibandingkan dengan pusat kota Yogyakarta, beberapa tempat wisata di Wonosari kini mulai mendapatkan sorotan dan menjadi ‘obrolan hangat’ di kalangan para pelancong. Ingin tahu destinasi wisata apa saja di Wonosari yang kini paling hits? Mari kita ungkap bersama!

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Rekomendasi Tempat Wisata di Wonosari Gunung Kidul

1. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang
Foto: Twitter/JOGJA / YOGYAKARTA

Lupakan air terjun biasa; Kedung Kandang mengajak Anda ke dunia alami dengan hamparan terasering yang tiada duanya. Seperti anak tangga raksasa yang membiarkan air berlarian menuruninya.

Kunjungi saat musim hujan tiba (Oktober-Maret) dan saksikan keajaiban alam dengan debit air yang memukau. Meski harus trekking 900 meter, namun pemandangan megah Kedung Kandang siap menyambut Anda di akhir perjalanan.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gn. Butak, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

2. Pantai Baron

Pantai Baron
Foto: Google Maps/34-Winarti

Imajinasikan sebuah pantai yang memeluk Anda dengan pesona, kemudian berikan tambahan aroma seafood segar! Itulah Pantai Baron. Terletak 65 km dari Yogyakarta, pantai ini menyuguhkan kelezatan laut dari lobster hingga ikan tongkol.

Dengan latar teluk yang dikelilingi bukit dan sungai yang membelai laut, Pantai Baron memang seperti perpaduan puisi alam dan gastronomi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

3. Goa Jomblang

Goa Jomblang
Foto: Google Maps/Muhammad Lutfi

Berada di Pacarejo, Goa Jomblang adalah pintu menuju ‘Cahaya Surgawi’ di tanah Yogyakarta. Bergabung dalam petualangan caving, Anda akan menemukan lorong magis yang menghubungkan Goa Jomblang dengan Gua Grubug.

Dan saat sinar matahari menerobos kegelapan, stalagmit berwarna hijau kecoklatan akan menyala, memberi Anda momen yang tak terlupakan.

Harga Tiket: Rp 500.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jetis, Pacarejo, Kec. Semanu, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

4. Sungai Oyo

Sungai Oyo
Foto: Google Maps/Urwa Khairi

Mengintip keindahan Wonosari, Sungai Oyo siap memberimu pengalaman river tubing yang tak terlupakan. Bayangkan saja, meluncur di aliran sungai sambil disuguhi pesona alam dan kemegahan air terjun Oyo yang jernih bak kristal.

Tantang adrenalinmu dengan lompatan dari ketinggian 4 meter di tebing air terjunnya. Dan jika kau ingin menciptakan momen sempurna, berendamlah dalam kesegaran airnya—dengan pelampung, tentunya, demi keselamatanmu.

Baca Juga:  22 Tempat Wisata di Gunung Kidul yang Lagi Hits dan Populer
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Putat, Selopamioro, Kec. Imogiri, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

5. Pantai Jogan

Pantai Jogan
Foto: Twitter/Els

Pantai Jogan tak sekadar pantai. Bayangkan, sebuah air terjun setinggi 10 meter memeluk laut dengan semburat air yang berasal dari bukit karst mengelilinginya.

Dikenal sebagai salah satu pantai terindah di Indonesia, Pantai Jogan memadukan harmoni antara tebing kapur dan gemercik air terjun. Namun, hati-hati saat mengeksplor keindahannya, karena medan yang licin memerlukan langkah kaki yang pasti dan hati-hati.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Siung, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

6. Goa Pindul

Goa Pindul
Foto: Twitter/Bambang’s

Bukan hanya sebuah goa, Goa Pindul adalah kanvas alam yang mengejutkan dari wisata Wonosari. Dahulu tempat sehari-hari masyarakat untuk beraktivitas, kini ia menjadi daya tarik wisatawan dengan sensasi cave tubing di antara stalaktit dan stalagmit. Sambil terapung, susuri misteri sungai bawah tanah dengan standar keamanan internasional, menjadikan petualanganmu tak hanya menarik tapi juga aman.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Goa Pindul Gelaran Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

7. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran
Foto: Google Maps/Fajar Setiawan

Pantai Ngobaran terletak jauh di Kecamatan Saptosari, sekitar 65 km dari pusat Yogyakarta, namun misteri dan pesonanya selalu memikat pengunjung. Mengapa ‘Ngobaran’? Sebuah kisah legendaris bercerita tentang Prabu Brawijaya V dari Kerajaan Demak yang berlindung di pantai ini dan akhirnya terbakar dalam kobaran api.

Nama pantai itu sendiri merupakan cerminan dari peristiwa tragis tersebut. Namun, tak hanya legenda, pantai ini juga menawarkan kelezatan khas: landak laut yang rasanya mengingatkan pada daging ayam.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ngobaran, Ngrenehan, Sapto Sari, Gebang, Kec. Kanigoro, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta..

8. Taman Bunga Nawari

Taman Bunga Nawari
Foto: Google Maps/Nur Riskawati

Jika kamu seorang pencinta keindahan alam, maka Taman Bunga Nawari menanti dengan taman bunga matahari yang memukau. Bayangkan, berjalan di tengah lautan bunga matahari yang berbaris sejauh mata memandang.

Kunjungi di pagi hari, sebelum matahari benar-benar menyinari, dan saksikan atraksi bunga matahari yang menari mengikuti arah matahari. Sebuah spot sempurna untuk pencinta fotografi!

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Grogol I, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.
Baca Juga:  The Lost World Castle, Destinasi Wisata Hits di Jogja Mirip Benteng Takeshi

9. Goa Tanding

Goa Tanding
Foto: Google Maps/Brittany Jay

Tak jauh dari Goa Pindul, Goa Tanding menawarkan petualangan bawah tanah yang berbeda. Ditemukan saat penggalian tanah kapur, goa ini masih sangat alami dengan kegelapan yang mempesona.

Bersiaplah menyusuri goa dengan perahu karet, menyinari setiap sudut dengan senter, dan menemukan keajaiban alam di dalamnya. Meski lebih sepi dibandingkan Goa Pindul, Goa Tanding menawarkan paket wisata yang lengkap dengan pemandu, terapi ikan, hingga nikmatnya bakso dan teh.

Jangan lewatkan momen ketika sinar matahari menembus ke dalam goa saat siang hari, menambah keajaiban dari Goa Tanding. Dan tentunya, pelayanan ramah yang siap memanjakanmu.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gelaran 2, Seropan, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

10. Desa Wisata Klayar

Desa Wisata Klayar
Foto: Google Maps/Lestifany Zahrah

Ketika mendengar “Klayar”, banyak yang berpikir tentang Pantai Klayar di Pacitan. Namun, siapa sangka Yogyakarta menyimpan kejutan Desa Wisata Klayar di Gunung Kidul!

Berada di lintasan yang sama dengan Goa Pindul, desa ini mengajakmu merasakan petualangan menyusuri Sungai Oyo dengan perahu karet atau kano. Keindahan alam yang tidak terbatas, menjadikan Desa Wisata Klayar wajib dikunjungi saat berada di Yogyakarta.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gojo, Kedungpoh, Kec. Nglipar, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

11. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran
Foto: Twitter/Jogja / Yogyakarta

Yogyakarta tidak hanya menawarkan budaya dan pantai, tetapi juga keajaiban seperti Embung Nglanggeran. Sebuah telaga buatan yang memiliki fungsi esensial bagi masyarakat setempat, menjadi destinasi wisata sejak 2013.

Dikelilingi oleh gunung api purba dan perkebunan buah, Embung Nglanggeran menjanjikan panorama matahari terbenam yang tak terlupakan di Yogyakarta.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

12. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan
Foto: Twitter/Graham Batchelor

Pantai Ngrenehan bukan sekedar pantai biasa. Di sini, selain dapat memandangi keindahan alam, Anda juga akan menemui pelabuhan nelayan tradisional yang hidup dan beraktivitas. Ingin sensasi belanja ikan segar langsung dari nelayannya?

Pasar ikan di Pantai Ngrenehan menyediakannya! Ditambah dengan suasana pantai yang sejuk, birunya air laut, dan keramaian yang selalu hadir, menjadikan Pantai Ngrenehan sebagai magnet yang selalu menarik para pengunjung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Bantul, DI Yogyakarta..
Baca Juga:  50 Tempat Wisata di Jogja yang Terkenal dan Favorit Wisatawan

13. Kebun Amarilis

Kebun Amarilis
Foto: Google Maps/Joko Widayanto

Wonosari memiliki rahasia lain selain bunga matahari Kebun Bunga Amarilis yang berdiri lebih dahulu dan menyuguhkan pemandangan yang tak kalah memesona. Oranye yang memikat dari Amarilis membuat setiap sudut kebun ini begitu fotogenik.

Namun, kecantikan Amarilis adalah hal yang efemeral. Untuk menyaksikan puncak kemegahan mereka, datanglah antara Juli hingga Oktober. Dan jika beruntung, keindahannya akan bertahan hingga akhir tahun.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngasemayu, Salam, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

14. Geosite Ngingrong

Geosite Ngingrong
Foto: Twitter/Dvfirmansyah94

Geosite Ngingrong bukan sekedar tempat biasa. Sebuah gerbang menuju proses alami luar biasa akibat pelapukan bentuklahan solusional yang menciptakan sungai bawah tanah.

Selain menawarkan udara segar, Geosite Ngingrong mengajak pengunjung untuk merasakan adrenalin dengan Flying di atas Lembah Ngingrong yang menakjubkan dengan ketinggian hingga 80 meter. Tak lupa, spot-spot foto yang akan memperkaya galeri ponsel Anda.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Baron km 6 Mulo, Wonosari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

15. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk
Foto: Facebook/Pegipegi

Bayangkan suara gemericik air terjun mengalun, dipadu dengan suasana alami yang begitu mempesona di tepi Sungai Oyo. Inilah Air Terjun Sri Gethuk, permata Gunung Kidul yang akan memikat siapa pun yang datang.

Berenang di perairan hijau yang jernih atau sekadar menikmati keindahan alam, semua bisa Anda lakukan di sini. Namun, ingatlah untuk selalu memprioritaskan keselamatan dengan baju pelampung.

Untuk melengkapi petualangan Anda, berbagai fasilitas telah tersedia mulai dari warung makan hingga wahana bermain yang menantang adrenalin. Selamat berpetualang!

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mungguran II, Bleberan, Kec. Playen, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Dari keindahan pantai yang masih perawan hingga gua-gua megah yang menyimpan misteri, Wonosari menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Tempat-tempat wisata di Wonosari yang kini sedang hits menegaskan bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang tiada habisnya untuk dijelajahi.

Bagi Anda yang mencari destinasi baru yang menantang dan penuh kejutan, Wonosari tentunya harus masuk dalam daftar kunjungan Anda berikutnya. Jadi, siapkan diri Anda untuk petualangan wisata seru di Wonosari, dan rasakan sendiri kenikmatan wisata di tanah yang masih asri ini. Selamat menjelajah dan menikmati setiap sudut keindahan Wonosari!