Pantai Karang Bolong Sejuta Pesona

Pantai Karang Bolong Sejuta Pesona

Lokasi: Desa Karang Suraga, Kec. Cinangka, Kab. Serang, Banten.
Map: Cek Lokasi

Pantai Karang Bolong memiliki keunikan tersendiri yaitu salah satu tebing berlubang di tengahnya. Penunjung yang berkunjung k tebing ini dapat naik ke lubang melalui tangga yang terdapat di kanan lubang. Dari atas tebing ini pengunjung dapat memandang hamparan laut lepas dan indahnya Pantai Carita.

Selain itu, Pantai Karang Bolong menyuguhkan deburan ombak yang menghantam batu karang. Dahsyatnya hempasan ombak yang menerjang batu karang biasanya terjadi pada sore hari. Tidak hanya pantai di lokasi ini, pengunjung kan melihat pepohonan hijau nan sejuk. Sebagian pohon-pohon disini telah berumur ratusan tahun dengan akar-akar yang sangat besar dan terlihat tua.

Pantai Karang Bolong Ini terletak di Desa Karang Suraga, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang Propinsi Banten. Bagi pengunjung yang datang ke Pantai Karang Bolong ini dapat menikmati spot-spot menarik untuk dikunjungi. Berikut beberapa obyek yang terdapat di Pantai Karang Bolong:

1. Goa Karang Bolong

Photo by Twitter.com @anakbisa_id

Goa Karang Bolong menjadi cukup populer bagi wisatwan karena keunikannya. Goa yang memiliki lubang di tengahnya ini sungguh membuat pengunjung terkesima. Panjang goa kurang lebih 30 meter dengan lebar sekitar 10 meter serta memiliki ketinggian kurang lebih 5 meter. Goa Karang Bolong tersusun dari batuan breksi. Selanjutnya pengunjung dapat mendaki ke dalam goa dengan jalur yang cukup menantang. Jalu mendaki ini berupa anak tangga yang dapat membantu pengunjung untuk mendaki atau naik. Selain goa tersebut deburan ombak yang menghantam batu karang menjadi pemandangan yang menakjubkan.

2. Gardu Pemandangan

Photo by Google Maps (Bams Gunawan)

Di Pantai Karang Bolong ini terdapat sebuah gardu pandang yang dapat membantu pengunjung memandang jauh ke laut dan sekitarnya. Memandang laut dan sekitarnya dari atas ketinggian sungguh sesuatu yang luar bisa. Dari ketinggian kita bisa memandang pantai, laut, dburan ombak, hempasan ombak menerjang karang dan pepohonan yang hijau. Gardu pandang ini berada di pinggir pantai dan jika ingin menaikinya maka tinggal menaiki anak tangga yang sudah disediakan pengelola.

3. Memancing

Photo by Facebook.com @linkaja.indonesia

Di Pantai Karang Bolong ini bagi pengunjung memiliki hobi memancing maka di sini ada spot memancing. Di pantai ini banyak sekali ikan besar dan kecil yang berada disekitar karang-karang. Selain ikan ada beberapa jenis hewan laut seperti siput, udang dan lain-lain. Banyak spot memancing di sekitar pantai ini terutama di sekitar karang-karang karena menjadi tempat tinggal berbagai jenis ikan. Para pengunjung sebelumnya biasanya sudah menyiapkan alat pancing dan umpan dari rumah. Nah, bagi anda yang ingin juga memancing di pantai ini maka siapkan peralatan lengkap dan umpan dari rumah.

4. Menikmati Sunset

Photo by Google Maps (Himawan)

Bagi pengunjung yang berada di Pantai Karang Bolong ini hingga sore maka dapat menikmati suasan senja yang sunguh indah. Langit memerah di ujung barat dapat menjadi latar kita berfoto ria bersama keluarga atau kerabat.

Demikian sedikit ulasan Pantai arang Bolong yang masih berada dalam barisan Pantai Anyer. Sebenarnya jika ingin menjelajah di sekitar Pantai Anyer masih banyak pantai di sekitar Karang Bolong ini. Selain itu kira-kira 5 kilometer ke arah utara dari Pantai Karang Bolong terdapat Pantai Florida dengan pantainya yang berpasir putih. Jika masih akan diterskan menjelajah,mmaka kira-kira 5 km lagi ke arah utara, terdapat Pantai Sambolo. Pantai ini sangat terkenal karena memiliki fasilitas wisata yang lengkap nseperti, banan boat, jet sky, ATV, snorkling dan lain-lain.