9 Pesona Wisata Ubud

9 Pesona Wisata Ubud

Wisata ke Pulau Bali tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi kawasan Ubud. Berikut 9 tempat wisata di Ubud:

1. Pura Taman Saraswati

Photo by Google Maps (Saraswati Temple)

Pura Taman Saraswati merupakan sebuah Pura yang dkhususkan untuk memuja Dewi Saraswati. Pura ini memiliki desain interior dan eksterior yang sangat menarik sehingga layak kita menikmatinya. Pura ini dibangun oleh I Gusti Nyoman Lempad yang merupakan salah seorang seniman handal dari Ubud. Pura Taman Saraswati ini dapat dicapai sekitar 40 menit dari Bandara Ngurah Rai. Di Pura ini juga selalu diselenggarakan pementasan Tari Kecak setiap Selasa dan Kamis.

Lokasi: Jl. Kajeng, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar, Bali.

2. Terasering Sawah Tegalalang

Photo by Google Maps (Jarda Bičík)

Lokasi yang juga dikenal sebagai Ceking Rice Terrace ini terletak di Ceking Kecamatan Tegalalang Gianyar Bali. Keindahan bentuk persawahan nan elok yang merupakan sebuah kearifan lokal masyarakat Bali. Setiap saat kita bisa menikmati keelokan persawahan dan aktifitas para petani saat menanam. Jika anda beruntung saat padi menguning adalah sebuah pemandangan yang sungguh cantik.

Lokasi: Jl. Raya Tegallalang, Kec. Tegallalang, Kab. Gianyar, Bali.

3. Monkey Forest Ubud

Photo by Google Maps (Philipp Mauerhofer)

Monkey Forest Ubud atau disebut juga dengan Mandala Suci Wenara Wana merupakan sebuah komplek candi. Selain itu Monkey Forest ini juga merupakan sebuah cagar alam dengan luas kira-kira 12,5 hektar. Hutan ini memiliki sekitar 749 ekor monyet ekor panjang yang berkeliaran bebas di antara pengunjung. Di lokasi ini juga berdiri tiga Pura yaitu Pura Dalem Agung Padangtegal, Pura Prajapati dan Pura Beji.

Baca Juga:  Pesona “Private Beach” di Bali

Lokasi: Jl. Monkey Forest, Kec. Ubud, Kab. Gianyar, Bali.

4. Istana Tampak Siring

Photo by Google Maps (Hawari Al-fath)

Istana yang dibangun atas prakarsa Presiden Soekarno ini dapat menjadi salah satu destinasi anda berikutnya. Istana ini dibangun dengan tujuan sebagai tempat tinggal Presiden dan para tamu negara yang berkunjung. Perpaduan antara arsitektur bangunan dan bukit kecil sebagai lahannya sungguh sebuah karya seni yang luar biasa.

Lokasi: Jl. Dr. Ir. Soekarno, Manukaya, Kec. Tampaksiring, Kab. Gianyar, Bali.

5. Desa Petulu Ubud

Photo by Google Maps (Miguel Costa)

Desa yang selalu dikunjungi burung bangau putih liar ini akan menjadi pemandangan yang mengagumkan. Burung-burung bangau liar tersebut bisa dilihat saat matahari beranjak terbenam, jadi siapkan kameramu. Jika anda berkeinginan menginap di desa ini, ada beberapa penginapan sederhana yang bisa disewa.

Lokasi: Desa Petulu, Kec. Ubud, Kab. Gianyar, Bali.

6. Desa Wisata Nyuh Kuning Ubud

Photo by Google Maps (Johnny Lu)

Desa wisata ini menyajikan suasana pedesaan dengan alam yang indah dan tradisi yang kental. Desa Wisata Nyuh Kuning ini masih minim sentuhan modernisasi sehingga patut menjadi salah satu destinasi kita. Banyak wisatawan mancanegara yang terkesan dengan keindahan dan kedamaian desa ini.

Lokasi: Desa Celuk, Kec. Ubud, Kab. Gianyar, Bali.

7. Art Market Ubud

Photo by Google Maps (Gilda Sagrado)

Baca Juga:  Pantai Terbaik Bagi Pecinta Surfing di Bali

Sebelum pulang perlu kita membeli oleh-oleh berupa cinderamata terutama khas Bali. Lokasi pasar yang terletak di depan Istana Raja Ubud ini merupakan sebuah pasar tradisional yang banyak dikunjungi wisatawan. Jika anda mencari barang-barang seni, pasar seni terletak di blok barat. Sedangkan blok timur merupakan pasar tradisional yang melayani kebutuhan sehari-hari.

Lokasi: Jl. Raya Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar, Bali.

8. Arung Jeram Sungai Ayung

Photo by Google Maps (Tony Loman)

Bagi pencinta susur sungai tidak ada salahnya mencoba wahana arung jeram yang berada di jalur sungai Ayung. Arus sungai Ayung ini tidak terlalu deras sehingga cocok bagi pemula yang ingin mencoba. Kita akan disuguhi pemandangan bantaran sungai yang bersih dan melihat ukiran di dinding sungai.

Lokasi: Jl. Raya Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar, Bali.

9. Istana Kerajaan Ubud

Photo by Google Maps (Grzegorz Jarmocewicz)

Istana dengan nama Puri Saren Agung ini terletak di pusat Ubud, memiliki arsitektur yang menawan. Bangunan yang dipenuhi dengan warna emas ini merupakan kediaman dan menjadi pusat kegiatan bangsawan Ubud. Jika anda datang pada jam 19.30 WITA maka akan mendapatkan suguhan Tari Barong atau Tari Legong Keraton.

Lokasi: Jl. Raya Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar, Bali.