Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Taman Situ Lembang, Mengenal Wisata Alam dengan Sejuta Pesona di Jakarta

Avatar photo
47
×

Taman Situ Lembang, Mengenal Wisata Alam dengan Sejuta Pesona di Jakarta

Share this article
Taman Situ Lembang, Mengenal Wisata Alam dengan Sejuta Pesona di Jakarta

Taman Situ Lembang Jakarta, destinasi wisata alam di tengah kota, menampilkan danau cantik yang dikelilingi air mancur indah sebagai pusat keindahan taman.

Kawasan Jakarta Pusat yang sudah padat ternyata masih memiliki area hijau untuk rekreasi. Bahkan terletak di kawasan yang tak jauh dari pusat keramaian, terdapat taman taman indah yang menarik dan memberi sentuhan berbeda di tengah hiruk pikuk Jakarta.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Salah satu lokasi yang cukup digemari adalah Taman Situ Lembang dengan situ cantiknya. Apa saja tawaran serunya?

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Situ Lembang

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Situ Lembang
Foto: Google Maps/Stephanus Budi

1. Danau Cantik Pemberi Kesegaran

Namanya juga Taman Situ, sudah jelas kalau taman ini punya area danau sebagai daya tarik tempat wisata. Ruang terbuka untuk publik ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1918, yang dibangun sebagai bagian dari penataan Waduk Kali Cideng.

Setelah menjadi area publik di kawasan pemukiman elit Menteng, taman ini pun semakin dikenal.  Hal ini tak terlepas dari keindahan dan fungsi dari danau atau situ.

Danau yang ada di tengah kota ini bisa dikatakan langka dan unik, alhasil menarik banyak sekali warga untuk mampir.

Belum lagi danau ini menjadi ekosistem alami binatang serta menjadi pusat hiburan dari taman tersebut, yakni untuk memancing.

2. Air Mancur Pusat Taman

Situ Lembang ini juga sudah dilengkapi dengan air mancur yang menyala setiap dua jam sekali setiap hari. Letaknya tepat di tengah dan memiliki semburan yang cukup besar. Namun air mancur ini pun tak hanya satu saja.

Masih ada deretan air mancur lain yang lebih kecil dan siap memberi atraksi pancuran dengan intensitas, ketinggian, dan pola yang unik.

Baca Juga:  Pulau Burung, Menikmati Pesona Bawah Laut di Kepulauan Seribu

3. Hamparan Rumput Dan Area Hijau Taman

Belum lengkap dengan danau dan air mancurnya, area ini dikenal akan lahan hijau cantik dan menarik. Hamparan rumput hijau di sekitar taman menjadi kontras bangunan beton kota.

Pohon beringin besar hijau membentang memberi atap alami yang segar. Ditambah dengan kebersihan dan perawatan maksimal, tak heran jika taman ini bisa buat hati tenang.

4. Area Olahraga Dan Bermain Murah Meriah

Seperti banyak area taman dan ruang publik lainnya, Taman dengan pusat danau ini pun jadi tujuan para warga yang ingin berolahraga.

Sudah terdapat area dan rute jogging berkeliling taman. Terdapat pula alat olahraga atau fitness outdoor, yang bisa dipakai tanpa harus bayar. Semuanya cocok untuk para warga sekitar.

Tak hanya untuk para orang dewasa yang ingin berolahraga, para anak kecil pun dimanjakan oleh area bermain outdoor.

Tak perlu khawatir soal keamanan atau biayanya, Anda dan si kecil bebas menikmati fasilitas permainan tersebut. Daya tarik ini didukung dengan banyak keindahan alamnya lah yang membuat taman ini area publik menarik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Dari namanya, taman ini terletak di Jl lembang terusan. Jika dibanding dengan beberapa taman lainnya, lokasinya termasuk di area elit dan cukup masuk ke dalam.

Alhasil, jangkau transportasi umumnya cukup terbatas. Namun jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka bisa langsung ke taman dan menikmati keheningan di area.

Untuk Anda yang menggunakan kendaraan umum, opsinya adalah menggunakan kereta rel listrik. Bisa juga menggunakan Transjakarta menuju lembang.

Kurang lebih halte dan stasiun terdekat masih ada di jarak 1 Km sebelum menyusuri jalan Sultan Syahrir hingga ke lokasi taman. Untuk kopaja, pilih angkot jurusan menuju lebak Bulus dan turun di taman Menteng.

Baca Juga:  Pesona “Private Beach” di Bali

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan
Foto: Google Maps/Gabreil Arganata

1. Berolahraga Dan Bermain

Dari area dan rute jogging berkeliling area, Anda bisa berolahraga dan menikmati hawa tenang dan segarnya. Menariknya, waktu yang ditempuh untuk memutari taman ini dengan berjalan kaki hanya 10 menit saja.

Jadi tidak terlalu lelah. Beberapa peralatan juga siap digunakan untuk semua pengunjung, seperti fitness otot atau sepeda.

Si kecil juga bisa bebas bermain di area anak. Beberapa fasilitasnya mencakup ayunan, seluncuran, dan lain lain.

Si kecil bisa bermain seru sambil mengasah kemampuan motoriknya. Terdapat pula banyak patung hewan lucu yang membuat Taman ini ramah anak, sehingga buat anak betah.

2. Area Piknik Tengah Kota

Keindahan alam dan area hijau Jakarta bisa dikatakan cukup langka. Jika Anda sempat mampir ke taman ini, siapkan diri untuk piknik seru.

Bawa saja makanan dan minum dari rumah, kemudian gelar tikar di tengah taman. Selain hemat, Anda juga bisa bebas menikmati kesegaran area dengan mengobrol dan bermain.

3. Area Memancing Di Tengah Hiruk Pikuk Jakarta

Yang paling jadi favorit adalah memancing di situ. Berbeda dengan banyak danau kota yang tertutup, Taman ini justru memperbolehkan pengunjung untuk memancing.

Apa saja yang bisa ditangkap? Siapkan keahlian Anda, karena ada banyak ikan di danau ini. Mulai dari mujair, lele, hingga kan kecil lainnya.

4. Menghilangkan Penat Dan Refleksi

Ada pula area khusus untuk refleksi, yang hadir dalam bentuk jalan khusus dengan bebatuan lancip berwarna putih. Untuk para orang jadul, jalanan ini jadi fasilitas refleksi yang menyehatkan. Anda hanya perlu berjalan di atasnya.

Tapi siap siap rasa sakit refleksinya menusuk. Setelah capai refleksi, Anda bisa bersantai di taman Situ Lembang.

Baca Juga:  Saung Manglid, Mengenal Destinasi Wisata Edukasi Pertanian di Purwakarta

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas yang diberikan bisa dikatakan cukup mumpuni. Tempat duduk, tong sampah, area olahraga, bermain, dan bersantai sudah tersedia. Fasilitas umum seperti toilet dan mushola pun sudah tersedia, bahkan ada di setiap sudutnya.

Untuk sebuah taman danau buatan, pengunjung hanya perlu membayar uang retribusi parkir saja. Yang sudah aman tersedia di lahan parkir luas.

Menjadi sebuah ruang publik di tengah kota Jakarta membuat taman ini cukup digemari dan dicari. Lokasinya cukup strategis, tidak terlalu jauh dan tidak terlalu padat.

Daya tarik danau hingga area hijau tawarkan hiburan ramah kantong. Belum lagi banyaknya fasilitas dan aktivitas seru yang tersedia, tak heran Taman Danau Lembang ini jadi idola.