Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Tebing Breksi, Mengenal Destinasi Wisata di Sleman yang Lagi Hits

Avatar photo
103
×

Tebing Breksi, Mengenal Destinasi Wisata di Sleman yang Lagi Hits

Share this article
Tebing Breksi, Mengenal Destinasi Wisata di Sleman yang Lagi Hits

Jelajahi Tebing Breksi di Sleman, destinasi wisata yang sedang naik daun, menampilkan formasi batuan vulkanik yang mempesona dengan panorama alam yang menakjubkan dan seni ukir batu yang unik.

Tersembunyi dari mata dunia, tempat ini tidak lebih dari sekedar buaian alam yang tenang, dimana abu vulkanik beristirahat setelah perjalanannya yang panjang melintasi angkasa.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Namun, dalam sebuah kisah metamorfosis yang memukau, abu ini, seiring berlalunya ratusan tahun, perlahan-lahan bertransformasi, bagaikan kupu-kupu yang keluar dari kepompongnya.

Dari materi yang lembut dan ringan, abu vulkanik ini berubah menjadi lumpur keras, yang kemudian dengan sabar dan tekun membentuk bebatuan yang kokoh dan megah.

Transformasi ini tidak hanya mengubah bentuk fisiknya, tetapi juga mengubah nasib dan identitas Tebing Breksi itu sendiri, menjadikannya sebagai salah satu destinasi alam yang paling menakjubkan dan unik, sebuah mahakarya alam yang berdiri megah menyambut siapapun yang ingin menyaksikan keajaibannya.

Sejarah Menarik di Balik Tebing Breksi

Sejarah Menarik di Balik Tebing Breksi
Foto: Google Maps/Suryo Purnomo Edi

Dahulu, Tebing Breksi merupakan kompleks pertambangan batu putih yang dioperasikan oleh warga setempat. Tempat ini tidak terbentuk secara alami, melainkan sebagai hasil dari aktivitas penambangan.

Namun, kisah Tebing Breksi berubah ketika para peneliti geologis memulai penelitian mereka di sini. Penelitian tersebut mengungkap fakta menakjubkan bahwa batuan di Tebing Breksi adalah endapan dari abu vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran.

Temuan ini merubah nasib Tebing Breksi, yang kemudian diakui sebagai cagar budaya alam yang harus dilindungi. Dengan penemuan penting ini, aktivitas penambangan yang sebelumnya ramai, terpaksa dihentikan.

Kini, Tebing Breksi tidak hanya dikenal sebagai saksi bisu perubahan alam, tetapi juga sebagai simbol keharmonisan antara warisan geologi dan kearifan lokal.

Tebing ini berdiri sebagai destinasi wisata yang unik, menawarkan cerita, keindahan, dan pengalaman tak terlupakan bagi setiap pengunjung yang datang ke Jogja.

Baca Juga:  4 Wisata Air Terjun Terbaik di Lampung

Daya Tarik yang Dimiliki

Yogyakarta, kota yang terkenal dengan Malioboro-nya, juga menyembunyikan permata lain yang wajib dikunjungi: Taman Tebing Breksi.

Pesona tempat ini bukan hanya sekadar pemandangan, tetapi juga pengalaman yang tak terlupakan. Mari kita jelajahi apa saja yang membuat Tebing Breksi ini begitu menarik.

1. Panorama Jogja dari Atas Awan

Di puncak Tebing Breksi, pengunjung akan disambut dengan panorama Yogyakarta yang memukau. Bayangkan berdiri di atas, dengan pandangan meliputi Candi Prambanan, Candi Barong, Candi Sojiwan, Gunung Merapi, hingga ke seluk-beluk Kota Yogyakarta.

Dan tentunya, suguhan matahari terbenam yang begitu mempesona. Ini adalah tempat di mana Anda bisa merasakan keajaiban Jogja dari ketinggian.

2. Tlatar Seneng: Panggung Seni yang Memikat

Tlatar Seneng bukan sekadar panggung, tetapi sebuah karya seni di tengah alam. Dengan diameter 15 meter dan dikelilingi kursi-kursi yang teratur, panggung ini menjadi lokasi berbagai acara, dari konser musik hingga resepsi pernikahan.

Menikmati seni dan budaya di tengah keindahan alam Tebing Breksi adalah sebuah pengalaman yang tak ternilai.

3. Jeep Adventure: Menjelajahi Keindahan Sekitar Tebing Breksi

Jika ingin menjelajahi lebih dalam, Tebing Breksi menawarkan petualangan seru dengan jeep. Beberapa pilihan paket menunggu, masing-masing mengunjungi tempat menarik seperti Arca Gupolo, Candi Ijo, Watu Payung/Selo Langit, Obelix Hills, dan Bukit Teletubbies.

Bayangkan sensasi mengelilingi keindahan alam dan sejarah Tebing Breksi dengan jeep, petualangan yang menjanjikan keseruan dan kenangan indah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Bersembunyi di balik lekukan bukit yang eksotis dan penuh misteri, Tebing Breksi, sebuah permata tersembunyi di Jalan Desa Lengkong, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menantikan pengunjungnya dengan sejuta pesona.

Tempat ini, yang lahir dari bekas endapan abu gunung api, telah mengukir namanya dalam hati para pencinta alam dan fotografi dari seluruh penjuru dunia. Perjalanan menuju Tebing Breksi serupa dengan petualangan epik yang tak terlupakan.

Baca Juga:  Candi Sambisari, Mengintip Pesona Candi Hindu yang Megah di Sleman

Rutenya yang cukup menantang, melintasi jalan berliku dan terjal yang membelah desa-desa, menjanjikan pengalaman yang unik dan penuh tantangan.

Dari jantung kota Yogyakarta, Tebing Breksi hanya berjarak sekitar 18 km. Perjalanan dimulai dengan mengarah ke rute Jogja-Solo, kemudian bertemu dengan pertigaan Candi Prambanan.

Petualangan berlanjut dengan belok kanan menuju Jalan Prambanan-Piyungan, dimana papan penunjuk arah akan memandu Anda menuju destinasi yang menakjubkan ini.

Dengan kendaraan bermotor, perjalanan kira-kira memakan waktu antara 45 menit hingga 1 jam, bergantung pada ritme perjalanan Anda. Namun, ingatlah untuk berhati-hati, karena kondisi geografis yang beragam di sekitar Tebing Breksi memerlukan perhatian ekstra.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Menyambut pengunjung dengan biaya tiket masuk yang sangat terjangkau, Tebing Breksi adalah pilihan sempurna bagi mereka yang mencari petualangan dengan budget minim.

Hanya dengan Rp5.000 per orang, Rp3.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat, Anda sudah dapat menikmati keajaiban alam yang menakjubkan ini.

Tak heran jika tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi, memberikan keindahan alam yang tak ternilai dengan harga yang sangat bersahabat.

Tebing Breksi buka dari pukul 6 pagi hingga 9 malam, memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan alam dari matahari terbit hingga terbenam.

Di sini, Anda akan menemukan berbagai spot foto yang mengagumkan, mulai dari tempat penangkaran burung hantu yang unik, kolam-kolam yang menenangkan, hingga spot-spot lain yang tak kalah menarik.

Namun, ingatlah, jika Anda ingin menyewa beberapa fasilitas tambahan, biaya tambahan mungkin akan dikenakan.

Tips Liburan ke Tebing Breksi

Tips Liburan ke Tebing Breksi
Foto: Google Maps/Ernevi Putri

Mengunjungi Tebing Breksi bukan hanya sekedar liburan biasa, melainkan sebuah ekspedisi menakjubkan ke jantung keindahan alam Yogyakarta. Untuk memastikan pengalamanmu di sana tak hanya menyenangkan tapi juga nyaman, berikut adalah beberapa tips esensial:

  1. Pakaian yang Tepat untuk Petualangan: Kenakanlah pakaian yang tidak hanya nyaman tapi juga sesuai dengan cuaca di Tebing Breksi. Pilihlah baju yang mudah menyerap keringat dan celana yang nyaman untuk bergerak. Jangan lupakan alas kaki yang kuat dan nyaman, sangat penting untuk mendukung petualanganmu menjelajahi medan Tebing Breksi yang menantang.
  2. Perlindungan dari Matahari: Sinar matahari yang terik bisa menjadi penghalang dalam petualanganmu. Jadi, jangan lupa membawa kacamata hitam, topi lebar, dan sunscreen. Perlengkapan ini akan melindungi kulit dan mata kamu dari paparan sinar UV yang berlebihan.
  3. Dokumentasikan Momen-Momen Indah: Tebing Breksi adalah surga bagi para pencinta fotografi. Jadi, pastikan kamu membawa kamera atau smartphone dengan baterai penuh untuk mengabadikan setiap momen indah dan pemandangan spektakuler yang ditawarkan oleh Tebing Breksi.
  4. Jaga Kebersihan dan Keindahan Alam: Ingat, keindahan alam Tebing Breksi adalah warisan yang berharga. Jaga kelestarian alam ini dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selalu bawa kembali sampahmu dan buanglah pada tempatnya.
  5. Manfaatkan Fasilitas yang Tersedia: Untuk kenyamananmu, manfaatkan fasilitas yang disediakan seperti toilet umum dan area parkir. Fasilitas ini disediakan untuk menunjang kenyamanan dan keamanan pengunjung selama berada di Tebing Breksi.
  6. Siapkan Fisik dan Mental: Ingatlah, menjelajahi Tebing Breksi membutuhkan stamina dan keberanian. Siapkan fisik dan mentalmu untuk menghadapi tantangan trekking dan menikmati pemandangan dari ketinggian.
Baca Juga:  10 Tempat Wisata Jogja Dekat Malioboro yang Paling Hits

Dengan persiapan yang matang, liburan anda ke Tebing Breksi tidak hanya akan menjadi sebuah petualangan yang menegangkan, tapi juga pengalaman yang akan terpatri dalam memori indahmu. Jadi, siapkan dirimu untuk mengeksplorasi keajaiban Tebing Breksi dan nikmati setiap detik petualanganmu di sana.