Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Candi Sambisari, Mengintip Pesona Candi Hindu yang Megah di Sleman

Avatar photo
67
×

Candi Sambisari, Mengintip Pesona Candi Hindu yang Megah di Sleman

Share this article
Candi Sambisari, Mengintip Pesona Candi Hindu yang Megah di Sleman

Candi Sambisari menghadirkan keindahan megah Candi Hindu di Sleman yang mempesona, mengajak Anda menjelajahi pesona sejarah dan keagungan arsitektur kuno.

Candi Sambisari adalah sebuah permata arkeologis yang tersembunyi di Sleman, Yogyakarta. Dibangun pada abad ke-9 selama periode kerajaan Mataram Kuno, candi ini merupakan manifestasi keagungan seni dan arsitektur Hindu.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Terletak di bawah permukaan tanah sekitar empat meter, Candi Sambisari menawarkan sebuah pengalaman yang unik bagi para pengunjungnya.

Dengan latar belakang sawah hijau yang membingkai strukturnya, candi ini berdiri megah dengan relief dan ornamen khas Hindu yang menawan.

Keunikan dan keindahan Candi Sambisari tidak hanya mencerminkan kecerdikan arsitektural masa lalu, tetapi juga mengajak kita untuk menyelami lebih dalam kekayaan budaya dan sejarah Indonesia.

Daya Tarik yang Dimiliki Candi Sambisari

Daya Tarik yang Dimiliki Candi Sambisari
Foto: Google Maps/Ira Guci

Candi Sambisari, yang terletak di Sleman, Yogyakarta, adalah lebih dari sekadar situs bersejarah; ia merupakan sebuah destinasi yang memadukan keajaiban arsitektur, keindahan alam, dan pengalaman budaya yang memikat.

Mari jelajahi berbagai aspek menarik dari Candi Sambisari yang menjadikannya tujuan yang tak terlupakan:

1. Oase Ketenangan di Taman Hijau

Di Candi Sambisari, Anda akan menemukan sebuah taman yang meskipun tidak terlalu luas, namun terasa sangat istimewa. Taman ini dihiasi dengan rumput hijau yang terawat rapi dan tanaman hias yang menambah keindahan.

Di sini, pengunjung dapat bersantai di gazebo-gazebo yang telah disiapkan, sambil menikmati panorama candi yang memukau dari sudut yang berbeda.

2. Spot Foto yang Mengagumkan

Candi Sambisari juga menjadi surga bagi para pencinta fotografi. Dengan latar belakang bangunan candi yang eksotis, ada banyak sudut menarik yang bisa dijadikan tempat untuk mengabadikan momen.

Baca Juga:  Hutan Pinus Asri, Pesona Alam Indah Nan Eksotis di Bantul Jogja

Anda dapat berpose di tangga menuju candi utama, atau memilih spot di taman hijau sekitar candi. Tak ketinggalan, candi pendamping juga menawarkan pemandangan yang tak kalah menarik untuk dijepret.

3. Destinasi Olahraga di Alam Terbuka

Kesegaran pagi hari di Candi Sambisari sering kali dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berolahraga. Baik itu bersepeda atau jogging, suasana tenang dan udara yang segar menjadikan candi ini lokasi yang ideal untuk mengawali hari dengan aktivitas fisik.

4. Nikmati Kuliner Khas Jogja

Petualangan Anda tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner khas Jogja yang terkenal. Hanya beberapa langkah dari Candi Sambisari, Anda bisa menikmati soto batok yang hangat dan lezat.

Dengan harga yang terjangkau, hidangan ini menjadi pilihan sempurna untuk mengisi energi sebelum atau sesudah menjelajah candi. Selain soto, ada juga hidangan tempe dan minuman segar yang bisa Anda nikmati.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Menuju Candi Sambisari, terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, di Kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta, merupakan sebuah perjalanan yang menggoda sekaligus memanjakan mata.

Berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Kota Yogyakarta, rute ini menawarkan pemandangan yang memukau sepanjang jalan. Dengan infrastruktur jalan yang sudah baik, perjalanan Anda, baik menggunakan motor, mobil, maupun mini bus, akan terasa nyaman dan mudah.

Perjalanan dimulai dengan menyusuri Jalan Raya Jogja-Solo Km 10, di mana Anda akan menemukan petunjuk arah yang jelas menuju Candi Sambisari. Mengikuti petunjuk ini, Anda akan dibawa ke arah utara sejauh kira-kira 2 kilometer.

Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi panorama area persawahan yang menenangkan, dengan jalan yang terawat dengan baik, menambah keasyikan dalam perjalanan Anda menuju situs bersejarah ini.

Baca Juga:  Kebun Teh Nglinggo, Wisata Alam di Kulon Progo yang Mempesona

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Bagi mereka yang menghadapi kendala transportasi, tak perlu khawatir. Di Yogyakarta, tersedia layanan sewa mobil seperti Nagantour, yang menawarkan berbagai jenis kendaraan sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Dengan opsi ini, perjalanan menuju Candi Sambisari bisa menjadi lebih mudah dan nyaman, baik untuk individu maupun rombongan. Saat tiba di Candi Sambisari, Anda akan disambut dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau.

Berdasarkan informasi terkini, tiket masuk berkisar antara 3.000 hingga 6.000 rupiah saja, membuatnya dapat diakses oleh berbagai kalangan. Untuk anak-anak, tarif tiket bahkan lebih murah, menjadikan Candi Sambisari sebagai destinasi yang ramah keluarga.

Dengan harga tiket yang bersahabat ini, setiap pengunjung dapat menikmati keindahan arsitektur dan kisah sejarah dari Candi Sambisari tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam, menjadikannya destinasi yang populer dan dicintai banyak orang.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan
Foto: Google Maps/NY Rita

Candi Sambisari, sebuah mahakarya sejarah yang terletak di Sleman, Yogyakarta, menawarkan serangkaian aktivitas seru yang dapat memperkaya pengalaman setiap wisatawan. Berikut adalah beberapa kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke sana:

1. Sesi Fotografi di Candi yang Megah

Salah satu daya tarik utama Candi Sambisari adalah kesempatan untuk berfoto di tengah keindahan arsitektur kuno yang memesona. Latar belakang candi dengan hamparan rumput hijau di sekitarnya menciptakan pemandangan yang sempurna untuk foto.

Bagi pasangan yang akan menikah, mengambil foto prewedding di sini juga menjadi pilihan populer, menggabungkan kecintaan pada sejarah dengan estetika yang tak lekang oleh waktu.

2. Menyelami Sejarah Lewat Bangunan Candi dan Museum

Jangan lewatkan kesempatan untuk belajar tentang sejarah dan arsitektur Candi Sambisari. Anda bisa mengamati detail arsitektur, mulai dari bagian dasar hingga puncak candi, serta mempelajari berbagai arca seperti Agastya, Ganesha, dan Dewi Durga.

Baca Juga:  Pulau Burung, Menikmati Pesona Bawah Laut di Kepulauan Seribu

Museum kecil di lokasi ini juga menawarkan informasi mendalam tentang penemuan, penggalian, dan pemugaran candi, membuat kunjungan Anda semakin berarti.

3. Menikmati Senja di Candi

Setelah lelah berkeliling, Anda bisa bersantai sambil menikmati keindahan senja di Candi Sambisari. Duduk atau merebahkan diri di atas rumput hijau sambil menikmati panorama candi dan langit yang berubah warna adalah cara sempurna untuk menutup hari.

4. Pengalaman Tak Terlupakan

Candi Sambisari tidak hanya menyuguhkan keindahan arsitektur dan alam, tetapi juga menawarkan pengalaman mendalam bagi siapa saja yang tertarik dengan sejarah, arsitektur, atau agama Hindu.

Dengan struktur batu yang mengagumkan dan artefak bersejarah, candi ini menjanjikan pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan.

Candi Sambisari adalah lebih dari sekadar tempat wisata adalah sebuah kapsul waktu yang membawa Anda menyelami kedalaman sejarah dan kebudayaan Indonesia.

Jadi, pastikan Anda menyempatkan waktu untuk mengunjungi situs bersejarah ini dan menikmati setiap aspek yang ditawarkannya.