Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Destinasi

Kebun Teh Nglinggo, Wisata Alam di Kulon Progo yang Mempesona

Avatar photo
34
×

Kebun Teh Nglinggo, Wisata Alam di Kulon Progo yang Mempesona

Share this article
Kebun Teh Nglinggo, Wisata Alam di Kulon Progo yang Mempesona

Kebun Teh Nglinggo memukau dengan keindahan alamnya di Kulon Progo, menawarkan pengalaman wisata yang memesona di antara kebun teh yang menyejukkan.

Tersembunyi di lereng pegunungan Menoreh, Kulon Progo, Kebun Teh Nglinggo menawarkan sebuah keajaiban alam yang mempesona, sebuah surga terlupakan yang memikat hati setiap pengunjungnya.

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Di tengah kesegaran udara pegunungan dan panorama hijau yang menenangkan, Kebun Teh Nglinggo bukan hanya sebuah destinasi wisata, tetapi juga sebuah pengalaman indah yang menyatukan alam, ketenangan, dan keindahan tradisi teh yang telah berlangsung turun-temurun.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Teh Nglinggo0

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Teh Nglinggo
Foto: Google Maps/Anom Sabrang

Kebun Teh Nglinggo di Kulon Progo, Yogyakarta, bukan sekadar destinasi wisata, melainkan sebuah persembahan alam yang menakjubkan, menggabungkan keindahan alami dengan kegiatan menarik yang memanjakan setiap pengunjung.

Berikut ini adalah daya tarik yang membuat Kebun Teh Nglinggo menjadi destinasi yang harus dikunjungi:

1. Keindahan Alam yang Memukau

Kebun Teh Nglinggo menawarkan pemandangan alam yang spektakuler. Hamparan tanaman teh yang membentang sejauh mata memandang menciptakan panorama yang mempesona. Ketika kabut turun, kebun teh ini berubah menjadi pemandangan yang magis dan menawan.

2. Trekking Ringan di Bukit

Dikelilingi oleh bukit-bukit di perbukitan Menoreh, Kebun Teh Nglinggo menjadi tempat ideal untuk penggemar trekking. Bukit Kendeng dan Bukit Kukusan, yang berada di wilayah Kabupaten Magelang, menawarkan trek yang menarik bagi para petualang.

Dari puncak bukit-bukit ini, pengunjung bahkan dapat melihat situs Candi Borobudur dan gunung-gunung di sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah.

3. Pengalaman Off Road dengan Jeep

Selain trekking, kebun teh ini juga menawarkan petualangan off road dengan Jeep. Dengan jalur ekstrem dan pendampingan driver profesional, pengalaman off road ini menjanjikan keseruan dan tantangan yang tak terlupakan.

Baca Juga:  Pulau Burung, Menikmati Pesona Bawah Laut di Kepulauan Seribu

4. Staycation di Alam

Kebun Teh Nglinggo menyediakan sekitar 23 unit penginapan, menawarkan pengalaman staycation yang unik, langsung di tengah alam. Ini adalah cara sempurna untuk menyatu dengan alam dan menikmati ketenangan yang ditawarkan.

5. Ngopi & Nge-Teh di Kedai

Setelah seharian beraktivitas, Anda bisa bersantai di kedai yang ada di area wisata. Dengan struktur bangunan yang berbahan bambu, menyatu dengan alam, menikmati secangkir teh atau kopi hangat di kedai ini pasti akan terasa menyegarkan.

6. Berbelanja Produk Teh Lokal

Jangan lupa untuk membeli produk teh yang dijual oleh warga lokal. Produk teh ini tidak hanya terjangkau tetapi juga menjadi oleh-oleh khas Jogja yang unik dan istimewa.

Alamat dan Rute Menuju Pantai

Terletak di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Kebun Teh Nglinggo berdiri megah di puncak Perbukitan Menoreh, sebuah lokasi yang menyimpan pesona alam yang luar biasa.

Meskipun terletak cukup jauh, jalan menuju kebun teh ini dapat ditempuh dengan mudah, menawarkan perjalanan yang menyenangkan dan penuh pemandangan indah.

Salah satu rute yang disarankan adalah melalui Jalan Godean dan Tugu Jogja, membawa Anda melewati lanskap Yogyakarta yang memukau.

Kebun Teh Nglinggo buka setiap hari, dari pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB. Pengelola telah melakukan beberapa penyesuaian terkait harga dan jam operasional, semua demi memastikan pengalaman terbaik bagi para pengunjung dan menjaga kelestarian wisata Kebun Teh Nglinggo.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Berbicara soal harga tiket, pada Juni 2022, biaya masuk ke Kebun Teh Nglinggo ditetapkan sebesar Rp 6.000. Meskipun mengalami kenaikan dari harga sebelumnya yang hanya Rp 3.000, harga tiket ini masih terbilang terjangkau, memberikan kesempatan kepada lebih banyak orang untuk menikmati keindahan kebun teh dari ketinggian.

Baca Juga:  Rumah Pohon Jatiasih, Wisata Alam Dilengkapi Beragam Wahana Ourbond di Bekasi

Kenaikan harga ini tidak mengurangi minat para wisatawan, yang tetap datang berbondong-bondong untuk merasakan udara sejuk pegunungan dan aroma tanaman teh yang khas.

Kebun Teh Nglinggo menjanjikan sebuah pengalaman yang tak terlupakan, menggabungkan keindahan alam yang memukau dengan suasana tenang dan menyegarkan.

Ini adalah tempat wisata yang sempurna bagi mereka yang ingin melarikan diri dari kesibukan kota dan menikmati keindahan alam yang asli dan mempesona.

Jadi, apabila Anda berencana berkunjung ke Yogyakarta, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Kebun Teh Nglinggo dan menyaksikan keajaiban alam yang ditawarkannya.

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan

 

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan
Foto: Google Maps/Tri Rasyid

Kebun Teh Nglinggo di Kulon Progo, Yogyakarta, bukan hanya sebuah kebun teh biasa, tetapi juga sebuah destinasi wisata yang menawarkan berbagai aktivitas menarik yang dapat memikat hati setiap pengunjung.

Di tengah hamparan hijau tanaman teh dan udara sejuk pegunungan, pengunjung dapat menikmati serangkaian kegiatan yang menantang dan memuaskan.

1. Trekking di Bukit

Bagi penggemar trekking, Kebun Teh Nglinggo adalah surga yang tak tergantikan. Lokasinya yang berada di ketinggian membuatnya sempurna untuk petualangan naik turun bukit.

Sembari menapaki jalur trekking, Anda dapat mengagumi dan menghitung puncak gunung yang tampak memesona. Saat cuaca cerah, pemandangan delapan puncak gunung dengan lanskapnya yang menakjubkan akan menjadi hadiah tak ternilai bagi setiap pengunjung.

2. Petualangan Jeep

Untuk pengalaman yang lebih berkesan, jelajahi area kebun teh dengan jeep yang disediakan pengelola. Dengan rentang harga dari Rp 200.000 hingga Rp 700.000, pengalaman off-road ini akan membawa Anda menjelajahi kebun dengan cara yang unik dan penuh tantangan.

3. Spot Foto Instagramable

Kebun Teh Nglinggo juga menyediakan berbagai spot foto yang instagramable, memungkinkan Anda untuk mengabadikan kenangan indah saat berkunjung.

Baca Juga:  Embung Potorono, Wisata Alternatif untuk Liburan Keluarga di Bantul

Saat matahari mulai terbenam, keindahan kebun teh ini semakin terasa magis, memberikan latar yang sempurna untuk foto-foto yang tak akan Anda lupakan.

Dengan kombinasi trekking, petualangan jeep, dan spot-spot foto yang menakjubkan, Kebun Teh Nglinggo tidak hanya menjadi tempat untuk menikmati keindahan alam, tetapi juga sebuah tempat di mana Anda dapat menciptakan kenangan yang akan bertahan seumur hidup.

Jadi, saat Anda merencanakan kunjungan ke Yogyakarta, pastikan untuk menyempatkan diri ke Kebun Teh Nglinggo dan merasakan sendiri semua kegiatan seru yang ditawarkan di sana.